Fakta Menarik Bhutan, Negara Kerajaan di Asia yang Paling Bahagia

 

Bhutan dikenal sebagai negara yang cukup tertutup. Berikut beberapa fakta menarik mengenai kehidupan di Bhutan. Bhutan adalah negara di kawasan Asia Selatan yang berbentuk kerajaan. Negara mungil ini terletak di kawasan yang sama dengan India dan Maladewa.

Kendati kecil, nyatanya Bhutan merupakan salah satu negara terpadat di Asia Selatan. Rasanya wajar, sebab, jumlah penduduk tak sebanding dengan luas wilayah. Hingga 1974, Bhutan masih benar-benar menutup diri untuk dunia luar. Masyarakatnya hidup harmoni dan berdampingan dengan alam.

Setelah fase tersebut. Negara ini perlahan-lahan mulai mengakrabkan diri dengan masyarakat dunia. Untuk bisa masuk ke wilayahnya, Raja Bhutan menerapkan beberapa persyaratan yang harus dipatuhi wisatawan.

Tetapi, pengunjung tak perlu menyesal dengan proses tersebut. Sebab, ada banyak hal menarik yang bisa diulik dari negara tersebut.

Fakta Menarik Bhutan

Dikenal sebagai negara yang tertutup di masa lampau, kini Bhutan mulai membuka diri dengan mempersilakan wisatawan masuk ke kawasan mereka. Beberapa orang yang telah singgah di sana berhasil mengungkap hal-hal menarik di sana.

Berikut fakta menarik negara Bhutan yang akan membuatmu takjub.

1. Tanpa Televisi dan Internet

Sampai dengan tahun 1999, secara resmi Bhutan masih melarang penggunaan televisi dan internet.

Tetapi, karena banyak pertimbangan, salah satunya ketidakmungkinan membiarkan masyarakat buta teknologi, raja menghapus kebijakan ini.

Periode ini bisa disebut titik balik yang cukup besar bagi penduduk Bhutan. Pasalnya, kini mereka bisa mengakses informasi seperti masyarakat di negara lain.

Kebijakan yang mulai diterapkan pada akhir tahun ’99 menjadikan Bhutan sebagai negara terakhir di dunia yang mulai menggunakan televisi.

2. Kementerian Kebahagiaan

Di negara ini, Anda akan menemukan Kementerian Kebahagiaan yang bertugas mengukur kepuasan seseorang terhadap hidup mereka saat ini.

Berdampingan dengan Komite Kebahagiaan Nasional Bruto, keduanya mengukur kualitas hidup warga berdasarkan nilai finansial dan mental.

3. Akses Kesehatan Bebas Biaya

Alih-alih memberikan harga murah, Kerajaan Bhutan membebaskan warganya dari pembayaran jasa medis.

Setiap orang berhak mendapat layanan kesehatan terbaik secara gratis, baik menggunakan pengobatan tradisional maupun umum. Mereka juga punya kebebasan memilih metode pengobatan yang paling sesuai.

4. Larangan Merokok

Fakta satu ini sangat membanggakan. Pasalnya, Raja Bhutan secara resmi telah melarang penanaman, pemanenan, dan penjualan tembakau dan produk turunannya di kawasannya.

Turis atau pelancong yang ketahuan membawa rokok harus berhadapan dengan otoritas setempat dan dikenakan denda.

5. Tanpa Lampu Lalu Lintas

Karena semua tanda-tanda digambar dengan tangan, ibukota Bhutan tak membutuhkan lampu lalu lintas seperti di negara lain. Kendati tanda utama ini absen, tak lantas membuat penduduknya bermasalah.

6. Tidak Diperkenankan Menikah dengan Orang Asing

Masyarakat Bhutan diharuskan menikah dengan orang dari negara tersebut. Tujuannya, raja ingin menjaga keunikan mereka dibanding masyarakat dunia pada umumnya.

Prosesi pernikahan diwarnai dengan rapalan mantra oleh biksu. Dalam kepercayaan mereka, hal itu diklaim mampu menguatkan hubungan mental pengantin. Masih dalam ritual pernikahan, dikenal prosesi unik bernama Changpoed.

Prosesi ini berlangsung dengan memberikan persembahan minuman lokal kepada para dewa. Sesuai prosesi, sisa minuman disajikan dan dibagikan oleh pengantin.

7. Menjaga Alam dengan Sepenuh Hati

Boleh jadi, masyarakat Bhutan terasing dengan warga dunia lain. Tetapi, mereka lebih akrab dengan alam dibanding lainnya. Dengan bentang alamnya, warga Bhutan termasuk salah satu komunitas yang sangat memerhatikan dan ekologi.

Penduduk di negara ini sempat memecahkan rekor pada 2015, yakni menanam 50 ribu pohon dalam waktu satu jam. Selama kurun waktu yang lama, masyarakat Bhutan berhasil menjaga kebudayaan dan ciri khas mereka dengan baik.

Hal ini berdampak baik terhadap reputasinya yang mulai dikenal sebagai negara berkarakter. Itulah beberapa fakta unik dan manerik seputar negara Bhutan yang cocok untuk berlibur bersama keluarga.Semoga bermanfaat!


Posting Komentar

0 Komentar