6 Fakta Tentang Palestina, Memiliki Gereja yang Tak Kalah Cantik

 


Palestina adalah sebuah negara di Timur Tengah yang berbentuk Republik Parlementer. Terletak di antara Laut Tengah dan Sungai Yordan dengan luas wilayah 6.020 km persegi. Negara ini berdiri pada 15 November 1988 dan diumumkan di Kota Aljiria, Aljazair. 

Saat ini terdapat dua entitas politik di Palestina, meliputi Otoritas Nasional Palestina dan Wilayah Pendudukan Israel. Dilansir WG Blogs dan United Nations, berikut beberapa fakta negara Palestina yang sayang untuk dilewatkan!

1. Palestina Mempunyai Beberapa Kota Tua

Tentu setiap negara mempunyai kota yang menjadi khas dari negara itu sendiri ya kan ? Nah kalau di Palestina, ada beberapa kota tua nih yang menjadi icon negara Palestina sendiri.

Kota Tua Jenin, Kota Dheir Ghassana, dan Kota Tua Akka adala kota-kota tua yang menjadi ciri khas Palestina. Karena jika Kamu berkunjung ke salah satu kota tersebut, Kamu akan mendengar berbagai macam lagu lokal negara Palestina sendiri. Tapi sayang nih, Kota Tua Jenin sekarang udah masuk ke dalam garis hitam sejak mendapat serangan dari Israel pada tahun 2012 lalu.

Tapi tenang aja, di Kota Akka kamu nggak akan menyesal kok, karena di sini kamu akan menemukan  salah satu situs kota tertua yang dihuni manusia loh guys dengan pemandangan laut Mediterania yang pasti sangat menyejukkan mata.

2. Pasar Tradisionalnya Gak Kalah Keren

Tiap daerah tentu mempunyai pasar-pasar tradisionalnya masing-masing. Tak ketinggalan Palestina, juga mempunyai pasar tradisional di wilayah Hebron. Kamu dapat membeli berbagai macam pernak pernik dan kerajinan tangan asli penduduk Palestina di pasar ini. 

3. Masjid Kubah Emasnya Mirip Punya Indonesia

Setelah berkeliling Palestina untuk bersenang-senang, tentu jangan lupakan ibadah ya guys! Kalau kamu (khususnya bagi yang muslim) ingin mencari tempat ibadah yang sedikit Palestina-banget, kamu harus mampir ke Masjid al-Aqsa di Yerussalem. Masjid ini mempunyai kubah emas mirip dengan Masjid Agung Dian Al-Mahri di Depok lho!

4. Palestina Juga Punya Gereja Tak Kalah Istimewah


Di Palestina, selain mempunyai Masjidil Aqsa untuk beribadah umat muslim, mereka juga punya lho tempat ibadah untuk kamu yang beragama Kristen, namanya Bethlehem. Church of The Navity, kata lain untuk gereja ini. Gereja ini juga terkenal karena merupakan tempat kelahiran Isa Al-Masih.

Kalo kamu ada waktu luang, berkunjunglah ke gereja ini. Semua orang bisa masuk nih, karena pemegang kunci gereja adalah seorang muslim yang bernama Wajih Nusseibeh

5. Jerusalem Punya Nama Lain

Siapa yang nggak tahu ibukota Palestina? Ibukota Palestina itu berada di Jerussalem. Tapi ada yang kamu nggak ketahui lagi nih guys. Bahwa ibukota Palestina ini punya nama lain lhooo!

Nama lain dari Jerussalem adalah al-Quds atau Baitul Maqdis. Jadi kalo kamu berlibur ke sini dan orang-orang Palestina ngmong al-Quds atau Baitul Maqdis, jangan bingung ya!

6. Palestina Memiliki Bir Tanpa Alkohol

Baru dengar kan bir tanpa alkohol ? Hanya ada di Palestina, namanya Taybeh Beer. Nama itu diambil dari sebuah tempat di wilayah Barat Palestina. Taybeh Beer ini udah dipasarkan dan punya 3 jenis lho, Taybeh Golden, Taybeh Dark, dan Taybeh Light.

Nah untuk Kamu yang penasaran ingin merasakan sensasi bir tanpa alkohol, kamu harus segera kesini secepatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

7 Fakta Unik dari Negara Jepang