Fakta Kota Istanbul Turki yang Jarang Disorot Media

 


Istanbul mendapat julukan sebagai kota dari segala kota yang merupakan kota terbesar pusat ekonomi budaya dan sejarah Negara Turki. Kota Istanbul pernah menjadi tempat liburan Steffi Zamora, yang memiliki luas sekitar 5,343 Km2, terletak di dua benua Asia dan benua Eropa.

Istanbul oleh laman the telegraph disebut sebagai Jembatan antara Timur dan Barat dimana tidak ada kota lain di dunia yang seperti ini. Secara geografis kota ini melintasi selat Bosphorus diantara benua biru dan kuning dengan populasi saat ini lebih dari 15 juta penduduk.

Istanbul menjadi kota terpadat di Eropa dan kota terbesar ke 15 di dunia. Pada tahun 2018 lebih dari 13.4 juta pengunjung asing datang ke Istanbul. 28 tahun Istanbul menjadi ibu kota kebudayan Eropa jumlah ini menjadikan kota Istanbul sebagai kota ke-8 yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Istanbul sebagai rumah bagi situs warisan dunia UNESCO, serta menjadi Markas terbanyak perusahaan Turki yang menyumbang lebih dari 30 % ekonomi ke Negara Turki.

Setiap tahun kota Istanbul akan menawarkan berbagai festival dan acara indah untuk pengunjung diseluruh dunia. Festival ini sangat populer di Negara Turki, mulai dari Spring Festivals, Summers Festival dan Lake festivals.

Pada musim semi ada dua festivals yang paling populer seperti Intanbul International Film Festivals dan Istanbul Tulip Festivals. Pada musim panas Istanbul akan mengadakan Istanbul International Music Festivals dan sevel festivals. Sedangkan untuk musim gugur ada Istanbul International By Neal Coffe festivals dan Act Band Jazz Festivals.

Tempat Wista yang ada di Instanbul

  • Salah satu tempat wisata yang paling viral di Istanbul adalah Cappadocia di Anatolia Timur. Pengunjung akan diajak melihat keindahan Cappadocia dari udara terutama saat matahari terbit.
  • Bluesky, bangunan megah dan cantik yang didominasi warna biru atap kubah raksasa
  • Hagia Sophia, menjadi tempat bersejarah yang wajib dikunjungi ketika melancong ke Istanbul.

Istanbul Sebagai Metropolis Terbesar

Banyak orang mengira bahwa Istanbul sebagai ibu kota Negara Turki, namun faktanya berlawanan dengan anggapan populer Istanbul. Anggapan itu mengingat karena Istanbul menjadi ibu kota kerajaan seperti kekaisaran Bizantium dan kesultanan Ustmani.

Istanbul menjadi ibu kota kebudayaan Eropa

Ibu kota kebudayaan Eropa adalah kota yang ditunjuk oleh Uni-Eropa selama 1 tahun dan memperoleh kesempatan untuk menunjukkan kehidupan dan perkembangan budaya dihadapan dunia.

Beberapa kota yang pernah di tunjuk sebagai ibu kota kebudayaan Eropa sampai merombak basis budaya mereka agar diakui secara Internasional. Dari berbagai bangunan dan peninggalan sejarah maka tidak heran kota Istanbul menyandang status sebagai ibu kota kebudayaan Eropa.

Karena kota Istanbul terletak di antara dua benua, kota ini pun terkenal menjadi contoh paling unik bagaimana zaman kuno dan modern dapat menyatu dalam harmoni dimana keragaman budaya menjadi fondasi peradaban.

Sepanjang sejarah Istanbul menjadi fokus strategis dan berperan dalam transportasi serta jalur sutra. Kota ini dianggap sebagai kota inspirasi berbagai seniman diseluruh dunia, bagaimana Istanbul menjadi kota antara Barat dan timur menjadi satu kota yang Epik, dan menjadi salah satu tempat bermain Slot yang paling banyak dicari.

Semua keindahan yang ada di Kota Istanbul, menjadikannya kota kebudayaan Eopa pada tahun tahun 2010.

Istanbul Sebagai Kota Seribu Mesjid

Mesjid yang paling terkenal di kota Istanbul adalah Hagia Sophia dan Mesjid Kubah Biru. Akan tetapi Istanbul memiliki nama lain yang dikenal sebagai kota dengan seribu mesjid. Mesjid yang ada di Turki jumlahnya mencapai 3.269 Mesjid.

Beberapa mesjid yang ada di Istanbul merupakan warisan kekuasaan Ottoman, seperti Mesjid Sultan Ahmed, Hagia Sophia dan mesjid Sulainmaniyah.

Kucing sebagai Raja di Istanbul

Keunikan Istanbul diperlihatkan dari kota ini tidak bisa lepas dari hewan yang bersahabat dengan manusia yaitu kucing. Istanbul dianggap sebagai salah satu kota pecinta kucing du dunia. Kucing liat di kota ini terkenal karena kepedulian penduduk setempat.

Jumlah kucing liar yang ada di Istanbul diperkirakan ada sekitar 125.000 ekor pada tahun 2017. Kucing dikota ini dikenal sebagai raja karena kucing liar diberi makan dengan baik dan dirawat dengan ramah oleh penduduk kota.

Akhir Kata

Itulah perjalanan sejarah dan fakta yang ada di Istanbul. Bagaimana menurut kamu tentang keistimewaan kota Istanbul? Apakah ada dari pembaca yang sudah pernah mengunjungi kota ini? Ceritakan hal yang menarik lainnya tentang kota Istanbul pada kolom kementar kami dibawah ini. Semoga pembaca yang belum pernah ke Istanbul bisa menginjakkan kaki di kota dengan beragam sejarah dunia ini.

Posting Komentar

0 Komentar