Tempat paling Menyeramkan di Kawasan Asia Tenggara

Jika bercerita tentang tempat menyeramkan, kalian mungkin akan langsung terbayang dengan suatu tempat yang sepi, gelap, dingin dan memiliki aura yang dapat membuat bulu kuduk berdiri.

Tempat menyeramkan ini sering juga disebut dengan dark tourism. Istilah ini merupakan konsep tak biasa dari wisatawan yang menginginkan objek wisata dengan tema mistis, aktivitas paranormal atau sejarah yang diwarnai pembantaian dan kekejaman.

Di wilayah Asia Tenggara banyak ditemui tempat-tempat dengan reputasi menyeramkan yang layak dijadikan tempat wisata bagi para pecinta misteri. Hampir setiap negara yang tergabung dalam wilayah Asia Tenggara memiliki tempat-tempat yang ditengarai berhantu.

Penasaran bukan? Berikut ini beberapa tempat paling menyeramkan di kawasan Asia Tenggara yang cocok kalian pecinta misteri untuk kunjungi.

Baguio, Filipina

Baguio adalah sebuah kota di Filipina yang memiliki rentetan sejarah tragis. Menurut Aseantourism.travel, kota ini pernah dibom oleh pasukan sekutu pada Perang Dunia II. Kemudian pada tahun 1990 kota ini kembali dilanda bencana.

Gempa bumi dahsyat menerjang kota tersebut dan merenggut 1.600 korban jiwa. Kerena dua kejadian tersebut penduduk setempat percaya kalau Baguio dihuni arwah-arwah penasaran.

Ada banyak tempat di Baguio yang ditengarai berhantu. Salah satunya Baguio Cathedral yang konon dihuni oleh hantu para biarawati dan jemaat yang terjebak di dalam gereja saat peristiwa pemboman terjadi.

Bangunan angker yang paling terkenal di Baguio adalah The Diplomat Hotel. Menurut Filipiknow.net, bangunan ini merupakan tempat favorit para pecinta misteri untuk berburu hantu.

Sejumlah saksi mengaku sering melihat penampakan hantu pendeta tanpa kepala dan suara tangisan bayi di sekitar bangunan Diplomat Hotel.

Pulau Ko Lipe, Thailand

Ko Lipe adalah nama sebuah pulau kecil yang terletak di Kepulauan Adang-Rawi, Provinsi Satun , Thailand. Ko Lipe merupakan objek wisata yang populer untuk olah raga snorkeling dan scuba diving.

Pulau yang dikelilingi perairan Laut Andaman ini menurut Wikipedia dihuni oleh suku Chao Le, suku pengembara asal Malaysia yang dikenal sebagai gipsy laut.

Suku Chao-Le menganut kepercayaan animisme. Mereka percaya kalau Pulau Ko Lipe dipenuhi oleh sekumpulan roh yang mereka sebut ha-too. Ha-too adalah roh yang kasar dan suka menjahili manusia.

Karena itu tak jarang wisatawan yang mengalami kejadian aneh saat berkunjung ke pulau ini. Beberapa turis mengaku merasakan keberadaan makhluk lain di Ko Lipe.

Jika sudah begitu biasanya penduduk setempat menyarankan mereka memberikan sesaji berupa makanan, agar roh-roh usil tersebut tidak mengganggu mereka lagi.

Penjara Pudu Jail, Malaysia

Pudu Jail dulunya adalah lokasi penjara militer yang sangat terkenal karena reputasi seramnya. Penjara itu didirikan di atas tanah bekas pemakaman etnis Tionghoa pada tahun 1895.

Ketika penjara Pudu Jail baru beroperasi, penjara itu diserang wabah kolera. Akibatnya banyak narapidana yang meninggal.

Selain itu beredar selentingan mengenai hukuman kejam yang diberikan oleh para pengurus Pudu Jail, antara lain pemukulan dengan tongkat hingga pembunuhan dengan cara digantung. Rumor ini berkembang di tengah masyarakat hingga puluhan tahun.

Dan penduduk setempat mulai sering mengalami kejadian aneh yang mereka percayai sebagai ulah hantu-hantu para narapidana di Pudu Jail.

Plain of Jars, Laos

Plain of Jars yang berarti dataran guci atau kendi, adalah situs prasejarah misterius di Laos. Situs yang terletak di Dataran Xieng Khouang ini dipenuhi ribuan guci batu dalam berbagai ukuran yang setengah tertimbun dalam tanah.

Dataran Plain of Jars pernah menjadi medan pertempuran ketika berlangsungnya Perang Indochina. Tempat itu pernah dibom berkali-kali. Tetapi anehnya guci-guci batu di Plain of Jars tak ada yang rusak. Banyak yang percaya kalau situs itu dilindungi oleh pasukan jin.

Lawang Sewu, Indonesia

Lawang Sewu merupakan gedung bersejarah yang menjadi salah satu ikon wisata Kota Semarang. Gedung yang letaknya berseberangan dengan Tugu Muda Semarang ini dulunya adalah kantor perusahaan kereta api pada zaman penjajahan Belanda.

Gedung tua ini sempat diduduki oleh pasukan Jepang pada Perang Dunia II. Menurut Wikipedia, di sana pernah terjadi pertempuran antara para anggota Angkatan Muda Kereta Api dan pasukan militer Jepang, yaitu Kenpetai dan Kidobutai.

Lawang Sewu dikenal sebagai salah satu tempat paling berhantu di Indonesia. Saking terkenalnya, tempat ini sering dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk sejumlah reality show yang bertema paranormal. Bahkan ada beberapa film horor Indonesia yang menjadikan Lawang Sewu sebagai setting.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar