Fakta Negara Myanmar yang Dikudeta Militer

Sejak penangkapan Aung San Suu Kyi, pada Senin (1/2/2021), nama Myanmar mendadak mencuri perhatian. Tak hanya di negaranya, Myanmar juga ramai dibicarakan di dunia.

Terlepas dari konflik politik, Myanmar merupakan sebuah negara republik persatuan yang berdaulat di Asia Tenggara. Myamar, dulunya di kenal dengan bernama Burma pada masa penjajahan militer yang memerintah mengubahnya menjadi Myanmar. Negara ini dapat disebut dengan Zamrud atau Mutiara Asia.

Saat ini Myanmar  sedang menyambut era baru pariwisata yang seiring kedatangan para pengunjung dari penjuru dunia untuk menemukan keindahnya.  Tak hanya itu, tetapi juga ada fakta-fakta menarik Myanmar yang mungkin belum diketahui. Berikut beberapa fakta tentang Myanmar:

1. Myanmar Berkali-kali Dikudeta Junta Militer

Melansir Forbes, pada tahun 1962, empat belas tahun setelah negara itu merdeka dari pemerintahan kolonial Inggris, Tatmadaw (sebutan untuk angkatan bersenjata Myanmar), yang berada di bawah Jenderal Ne Win menggulingkan pemerintahan sipil dan memasang rezim otoriter. Pada Agustus 1988, Myanmar kembali diguncang oleh protes massal yang menyebabkan penggulingan Jenderal Ne Win dan posisinya kembali digantikan oleh junta militer yang baru. Peralihan kekuasaan ini telah menyebabkan kerusuhan di mana ribuan orang dilaporkan terbunuh. Setelah serangkaian protes yang dikenal sebagai Pemberontakan 8888 itu, Myanmar kembali dipimpin junta militer, dan mereka kembali berkuasa selama 22 tahun.

2. Presiden Myanmar Win Myint

Presiden Myanmar, Win Myint ikut ditangkap dalam sebuah penggerebekan Senin dini hari. Ia ditangkap bersama Kanselir Aung San Suu Kyi dan beberapa tokoh senior Partai Liga Demokrasi. Win Myint terpilih sebagai presiden baru Myanmar pada 28 Maret 2018. Namun, seperti diwartakan BBC, perannya hanya seremonial saja karena Suu Kyi bertindak sebagai presiden de facto. Win Myint adalah anggota senior dari Liga Nasional untuk Demokrasi dan ia dipandang sebagai loyalis Suu Kyi. Dia berasal dari kelompok etnis mayoritas Myanmar, Bamar. Pada tahun 1988, ia pernah menjadi bagian dari pemberontakan oposisi melawan diktator Jenderal Ne Win dan ditahan sebentar oleh junta militer.

3. Mata Uang Myanmar

Sebelum merdeka dari Inggris, Myanmar adalah salah satu negara bagian India. Saat itu, mata uang Myanmar adalah rupee. Baik rupee Burma maupun India dikaitkan dengan Sterling dan bernilai satu shilling dan enam pence. Namun, saat ini, mata uang resmi Myanmar adalah Kyat (MMK). Satu kyat dibagi menjadi 100 pya. Namun, pya hanya mewakili sejumlah kecil uang sehingga jarang digunakan. Pada Januari 2021, satu dolar AS (USD) sama dengan 1.329.00 MMK.

4. Ibu Kota Myanmar

Ibu kota Myanmar adalah Nay Pyi Taw atau Naypyidaw. Tempat itu dibangun di tengah Myanmar pada awal abad ke-21 untuk dijadikan pusat administrasi baru di negara itu. Pada tahun 2004, pembangunan Nay Pyi Taw dimulai di sebuah situs terpencil di dekat kota Pyinmana, letaknya sekitar 320 kilometer di utara ibu kota Yangon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya