Deretan Sungai Terpanjang Di Asia dan Perannya Bagi Kehidupan

 

Asia merupakan benua besar yang memiliki sungai-sungai yang saling berhubungan di seluruh daratannya.

Sungai di Asia berperan penting untuk menyediakan air untuk kota, pertanian, transportasi, dan pembangkit listrik.  Sungai ini juga berperan sebagai habitat hewan air serta dijadikan tempat rekreasi.

Berikut deretan sungai terpanjang di Asia yang perlu kamu ketahui, simak selengkapnya.

1. Sungai Yangtze

Sungai ini resmi dijadikan sebagai salah satu sungai terpanjang ketiga di dunia dan menjadi sungai terpanjang di Asia. Sungai ini terletak di Cina dan memiliki panjang kira-kira 6300 kilometer.

Hulunya berasal dari dataran tinggi Tibet lalu bermuara di Laut Cina Timur dekat Shanghai. Selama ribuan tahun sungai ini memainkan peran penting dalam sejarah, budaya dan ekonomi Cina. Digunakan untuk sumber air, irigasi, transportasi, industri, penandaan batas dan perang.

2. Sungai Huang He

Sungai Huang He merupakan sungai terpanjang kedua di Asia dan terpanjang keenam di Dunia. Masih di Cina, dengan panjang mencapai 5464 kilometer.

Sungai ini memiliki hulu di Cina Barat di Provinsi Qinghai, mengalir ke dataran tinggi Tibet lalu bermuara di Mongolia.

Sering disebut sebagai sungai kuning karena airnya membawa lumbur yang memberikan tekstur warna kuning kecoklatan.

3. Sungai Mekong

Sungai ini berada di Asia Tenggara dan mengalir melewati Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Sungai Mekong memiliki panjang 4909 kilometer dan merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara.

Sungai ini memiliki beragam sebutan di beberapa negara yang dilewatinya seperti, Mékôngk (Kamboja), Mènam Khong (Laos), Mae Nam Khong (Thailand), Sông Tiên Giang (Vietnam), serta Lancang Jiang atau Lan-ts'ang Chiang (Cina).

Sungai ini berperan penting sebagai area perikanan darat terbesar di Dunia dan menyumbangkan 25 % dari hasil air tawar global dan menyediakan mata pencaharian bagi puluhan juta orang.

4. Sungai Irtysh

Sungai Irtysh adalah sungai utama yang berada di tengah Asia dan barat Asia. Sungai ini muncul dari gletser di lereng barat daya Pegunungan Altai di Daerah Otonomi Uygru Xinjiang di barat laut Cina.

Sungai ini melintasi perbatasan Cina melalui Danau Zaysan dan melintasi Kazakhstan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan industri, pertanian, perikanan dan konsumsi air.

Di Kazakhstan dan Rusia, sungai inni berfungsi sebagai rute transportasi yang signifikan untuk mesin perang maritim, kapal penumpang dan kapal kargo selama musim bebas es.

5. Sungai Brahmaputra

Sungai Brahmaputra merupakan sungai yang mengalir mulai dari daerah Otonomi Tibet, China, India dan Bangladesh. Sungai ini berasal dari Danau Manasarovar dekat Gunung Kailash, kemudian mengalir sepanjang 2969 kilometer dan pada akhirnya bermuara di teluk Benggala.

Sungai ini berfungsi sebagai pasokan air yang penting untuk pembangkit tenaga listrik dan pertumbuhan ekonomi.

Sungai Brahmaputra sering disebut sebagai sungai merah di Tiber karena tanah di wilayah ini secara alami kaya akan kandungan besi yang akan menimbulkan warna merah.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya