Fakta Menarik dari Negara Vietnam

 


Vietnam merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara. Ibukota Vietnam adalah Hanoi. Vietnam merupakan salah satu negara komunis yang tersisa di dunia selain Kuba, Cina, dan Laos. Negara ini memiliki kondisi geografis yang terdiri atas pegunungan, hutan hujan tropis, hutan kering, pantai, sungai, danau, dan hutan bakau. Tak heran jika hampir seperempat flora dan fauna di dunia terdapat di Vietnam. Vietnam memiliki keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang negara Vietnam.

1. 16% flora dan fauna merupakan sumbangan dari Vietnam

Vietnam adalah salah satu negara yang paling beragam secara biologis di dunia. Negara ini menyumbang 16% flora dan fauna dunia. Negara ini memiliki pegunungan, hutan hujan tropis, hutan kering, pantai, sungai, danau, dan hutan bakau. Sayangnya, banyak spesies terancam karena hilangnya habitat, metode pertanian yang tidak berkelanjutan, dan perburuan liar.

2. Vietnam Negara Komunis yang Tersisa di Dunia

Vietnam adalah salah satu negara komunis yang tersisa di dunia, selain Kuba, Cina, dan Laos. Sebenarnya Korea Utara termasuk negara komunis meskipun pemerintahnya tidak menyebut dirinya sebagai komunis.

3. Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Sungai Mekong mengalir melalui Vietnam. Sungai sepanjang 4.350 km ini adalah sungai terpanjang di Asia Tenggara, terpanjang ke-7 di Asia, dan terpanjang ke-12 di dunia.

4. Vietnam adalah Produsen Kopi Terbesar Kedua di Dunia

Produksi kopi telah menjadi sumber pendapatan penting bagi Vietnam sejak awal abad ke-20. Prancis pertama kali memperkenalkannya pada tahun 1857 dan sejak saat itu berkembang menjadi kekuatan ekonomi utama yang hanya berhenti selama Perang Vietnam. Pada Oktober 2019 - September 2020, Vietnam mengekspor 26.537.164 karung (berat 60 kg) kopi, kedua setelah Brazil.

5. Gua Terbesar di Dunia

Gua Sungai Gunung atau Son Doong terletak di Taman Nasional Phong Nha Ke Bang di Quang Binh, Vietnam adalah gua terbesar di dunia. Gua ini ditemukan pada tahun 2009 dan resmi dibuka untuk umum pada tahun 2013.

Itulah tadi beberapa fakta tentang Negara Vietnam, semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya