4 Danau Indah yang Berada di Asia Tengah

 

Asia Tengah memiliki sejumlah danau yang begitu mempesona. Untuk kalian yang suka jalan-jalan, danau ini bisa dijadikan pilihan untuk berlibur.

Di Asia Tengah sendiri terdapat banyak danau yang bisa kamu kunjungi. Namun terdapat 4 danau yang akan sangat disayangkan kalau kamu melewatkannya.

Berikut deretan Danau indah yang berada di Asia Tengah

1. Danau Issyk Kul, Kyrgyzstan

Bicara keindahan alam, Kyrgyzstan memang jagonya. Tak hanya pegunungan yang memesona, danau yang cantik juga ada. Salah satunya adalah Danau Issyk Kul di Pegunungan Tian Shan.

Dengan lebar hingga 60 km, panjang 182 km dan luas 6.332 km2, Issyk Kul disebut-sebut sebagai danau di pegunungan yang terbesar kedua di dunia.

Danau ini berada di ketinggian 1.620 m. Sekelilingnya pun tampak asri dengan pepohonan dan Pegunungan Tian Shan. Tak mengherankan jika Issyk Kul menjadi danau favorit bagi kamu  yang liburan di Kyrgyzstan.

2. Danau Charvak, Uzbekistan

Liburan ke Tashkent di Uzbekistan, kamu akan terhipnosis keindahan Danau Charvak. Ini merupakan danau buatan dengan kapasitas air mencapai 2 km kubik. Pemandangannya tak kalah cantik dari Danau Issyk Kul di Kyrgyzstan dengan perbukitan hijau di sekelilingnya.

Danau Charvak sendiri begitu populer baik di dalam maupun luar Uzbekistan. Tak jauh dari danau juga banyak penginapan untuk turis. Yang tak kalah asyik, kamu juga bisa mencoba paralayang dari operator tur di desa dekat danau.

3. Danau Balkhash, Kazakhstan

Jika ingin bertamasya ke salah satu danau terbesar di Asia Tengah, mampir saja ke Danau Balkash. Danau ini berada di dekat Kota Balkash, Kazakhstan.

Sungai Ili menjadi sungai utama yang airnya mengalir ke danau yang luasnya mencapai 16.400 km2.

Selain luas, Danau Balkash juga menyimpan keunikan. Pada bagian baratnya, air danau masih tawar. Namun bergeser ke bagian timur, airnya akan terasa asin.

4. Danau Kayrakkum, Tajikistan

Satu lagi danau yang keren adalah Kayrakkum di Tajikistan. Kayrakkum atau Qayroqqum ini merupakan danau buatan di Distrik Ghafurov, Provinsi Sughd.

Lokasinya di sebelah barat Lembah Fergana yang cantik.Danau Kayrakkum luas areanya mencapai 523 km2 dan kedalamannya 25 m.

Sudah bertahun-tahun sejak dibuat, danau untuk pembangkit listrik ini juga menjadi tempat rekreasi populer buat bersantai sambil berenang dan memancing di Tajikistan. Di sekitar danau juga dibangun taman bermain untuk anak-anak.

Sebenarnya masih banyak danau-danau besar dan indah yang terdapat di Asia Tengah. Danau-danau yang disebutkan diatas merupakan danau yang menjadi tempat favorit orang-orang yang berkunjung kesana.

Jika kamu punya keinginan untuk traveling ke Asia Tengah, sangat disarankan untuk mengunjungi danau-danau indah ini.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya