Gurun Gobi, Gurun Terbesar Di Asia



Sebelum membahas Gurun Gobi, Apakah kamu sudah mengenal apa itu gurun? Jika belum, yuk kita bahas sekilas tentang Gurun.


Gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sangat sedikit. Hampir seperampat daratan di permukaan bumi merupakan daerah gurun dengan temperatur  yang dapat melebihi 55 derajat celcius saat siang hari dan sangat dingin pada malam hari.


Gurun kadang memiliki kandungan cadangan mineral bernilai yang terbentuk  dari lingkungan yang kering atau terpapar oleh erosi. keringnya wilayah gurun menjadikan tempat yang ideal untuk pengawetan benda benda peninggalan sejarah serta fosil fosil.


Bentangan gurun memiliki beberapa cir ciri umum. Sebagian besar gurun terdiri dari permukaan batu karang,bukit pasir dan permukaan berbatu merupakan bagian lain dari gurun. Itulah sekilas tentang pengertian  gurun.


Selanjutnya mari kita mengenal lebih dalam tentang Gurun Gobi, Gurun terbesar di Asia.


Bagi kamu yang suka negara China pasti pernahkan dengar nama Gurun Gobi. Gurun  yang berlokasi di Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia ini merupakan gurun terbesar di Asia dengan luas 500.000 mi2 atau 1.300.000 km 2.


Gurun Gobi berasal dari bahasa Mongolia yang artinya Sangat Besar Dan Kering. Menurut catatan sejarah Gurun Gobi merupakan bagian dari Kekaisaran Mongol dari beberapa kota penting sepanjang jalur sutra.


Ngomong ngomong soal gurun nih, biasanya gurun diartikan sebagai lingkungan berpasir yang sangat luas. Namun, Tahukah kamu? wilayah gurun Gobi ternyata tidak terlalu berpasir.


Sebagian besar wilayah gurun Gobi  daerahnya terdiri dari wilayah berkerikil, dan berbatu. Diwilayah tersebut juga terdapat semak semak di beberapa daerah, seperti di dekat Sungai Kerulen,yang menjadi sumber air digurun tersebut.


Ditengah tengah gurun ini terdapat Danau yang indah, Danau ini berbentuk bulan sabit,oleh karena itulah Danau ini dinamakan Danau Bulan Sabit. Danau ini banyak dikunjungi orang asing dari berbagai penjuru negara.


Gurun ini  juga memiliki  daerah yang bernama Bayanghongor, daerah  ini kaya akan fosil fosil dinosaurus. Hal ini menjadi sumber berharga bagi arkeolog.


Pada bulan Agustus 2016 lalu, para ilmuan menemukan jejak kaki dinosaurus terbesar di gurun tersebut. Jejak ini berusia sekitar 77 tahun dan  memiliki  panjang 106 cm dan lebar 77 cm.


Selain itu,digurun ini terdapat cacing yang sangat berbahaya. Cacing ini bernama Cacing Mongolia. Cacing yang bertubuh gemuk dan berwarna merah cerah ini memiliki panjang 0.6 hingga 1.5 meter.


Cacing ini dikenal sangat berbahaya dan mematikan karena memiliki kemampuan menyebar asam dan mengeluarkan sengatan listirk yang dapat membunuh mangsanya.Sampai saat ini keberadaan cacing tersebut masih diselidiki.


Nah, itulah beberapa informasi seputar Gurun Gobi. Kira kira Sobat bloger ada yang tertarik gak yah mengunjungi Gurun Gobi ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya