Rekomendasi Kuliner Khas Brunei Darusalam

 

Brunei Darusalam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang menarik untuk dijelajahi. Negara yang kaya akan minyak  bumi ini menyimpan sejuta pesona menarik, yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Letaknya yang berada di daratan Kalimantan, membuat negara yang juga anggota ASEAN ini selalu ramai dikunjungi oleh pelancong dari Indonesia dan negara di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Salah satu pesona dari negara dengan julukan Petro Dollar ini adalah kulinernya. Dengan masyarakat yang mayoritasnya beragama Islam membuat masyarakat Indonesia yang juga mayoritasnya beragama sama tidak perlua khawatir tentang makanan yang dapat dikonsumsi di negara ini, karena pastinya sajian-sajiannya adalah halal.

Sebagai referensi yang dapat Anda gunakan saat berkunjung, berikut ini adalah daftar makanan khas Brunei Darussalam paling populer dan wajib dicoba.

Nasi Katok


Bagi masyarakat Indonesia ada ungkapan yang cukup populer, yaitu makan tanpa nasi itu belum disebut sebagau makan.

Nah, saat ke Brunei Darusalam Anda tak perlu khawatir akan kesulitan untuk mencari nasi. Sebab negara ini sama dengan Indonesia yang menjadikan nasi sebagai bahan makanan pokok. Sehingga ada banyak kuliner yang disajikan dengan nasi di negara ini.

Salah satu kuliner Brunei lengkap dengan nasi adalah Nasi Katok. Jika dilihat sekilas, panganan yang satu ini mirip dengan nasi kucing yang ada di Indonesia.

Porsinya kecil dan dibungkus menggunakan kertas nasi biasa. Biasanya setiap porsi nasi katok ini akan dilengkap dengan sepotong ayam goreng dengan bumbu khas Brunei yang lezat.

Daya tarik lainnya dari kuliner ini adalah harganya yang murah, sehingga para pelancong dengan budget minim juga dapat menikmatinya.

Pulut Panggang


Makanan khas Brunei selanjutnya adalah pulut panggang yang kaya rasa dan aroma yang menggugah selera.

Bahan utama dalam membuat kuliner yang satu ini adalah beras ketan, santan, gula dan garam yang dimasak kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Bungkusan tersebut kemudian dipanggang di atas bara api hingga harum. Untuk menambah cita rasanya, biasanya ditambahkan isian daging atau ikan.

Pulut panggang sangat populer di Brunei sebagai jajanan pasar. Sehingga sangat mudah untuk menemukan makanan ini.

Ambuyat


Rekomendasi kuliner popuker Brunei Darusalam adalah Ambuyat. Makanan ini terbuat dari tepung sagu, mirip dengan papeda khas Maluku atau Papua.

Tepung sagu tersebut dimasak hingga mengental, teksurnya mirip dengan bubur dan lengket, sekilas ambuyat ini terlihat mirip dengan lem.

Makanan yang satu ini biasa disajikan bersama lauk seperti sup ikan, ikan asap, ikan goreng, sambal belacan, cak kangkung, jeruk bambangan, ikan bilis, saus tempoyak ataupun hidangan berkuah lainnya.

Cara menikmati ambuyat biasanya menggunakan sumpit kayu lalu digulung dan dicelup kedalam kuah sup ikan dan sambal.

Belutak

Belutak adalah sejenis makanan tradisional masyarakat Bruine Darusalam yang dibuat dengan bahan utama sosis sapi dan dibumbui menggunakan beragam rempah-rempah dan asam.

Meski warnanya cokelat kehitaman, Anda tak perlu meragukan rasa dari kuliner yang satu ini.  Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi biasa atau nasi goreng.

Hati Buyah


Makanan khas Brunei Darusalam selanjutnya adalah hati buyah. Kuliner ini cukup unik karena terbuat dari paru-paru sapi yang diasinkan dan digoreng. Namun karena teksturnya yang kenyal dan penuh rasa membuat makanan ini cukup populer dan jadi buruan para wisatawan.

Tertarik untuk mencicipi makanan-makanan khas Brunei Darusalam yang sudah disebutkan di atas? Segera siapkan budget dan berkunjung ke negara terkaya kedua di Asia Tenggara ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya