Fakta Unik dan Menarik Tentang Negara Chili



Sebelum membahas tentang fakta-fakta negara Chili, Apakah kamu sudah mengenal negara yang satu ini? Jika belum, marilah kita bahas secara singkat tentang negara ini.

Negara Chili adalah sebuah negara berdaulat di Benua Amerika.Ibu kota Negara Chili berada di Kota Santiago.

Nama negara Chile berasal dari kata bahasa Mapuche, “Chilli” yang artinya, di mana daratan berakhir. Luas Negara Chili sebesar 756.950 km2.

Secara geografis, Negara Chili berbatasan dengan Peru di sebelah utaranya dan berbatasan dengan Bolivia di sebelah timur laut.

Negara disebelah timur Chili adalah Negara Argentina. Disebelah barat dan selatan adalah Samudera Pasifik. Negara yang memiliki nama resmi Republik Chili ini secara astronomisnya berada diantara 17°LS – 56°LS dan 56°BB – 66°BB.

Nama resmi negara ini adalah Republik Chili, namun sering dieja sebagai Cile, Chile, Cili, ataupun Chili. Penduduk Negara Chili menggunakan bahasa resmi yakni bahasa Spanyol, dan menggunakan mata uang Peso.

Itulah penjelasan singkat mengenai Negara Chili. Berikut, mari kita bahas tentang fakta-fakta unik dan menarik tentang negara Chili.

1.       Memiliki Gunung Vulkanik Terbesar dan Masi aktif

Dengan jumlah lebih dari 1.300 gunung, Chile menjadi satu negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia.

Tiga dari gunung berapi di Chile yang paling diawasi adalah Cerro Arul, Cerro Hudson, dan Villarrica. Ketiganya adalah gunung berapi stratovulkanik.

2.    Memiliki Mumi Tertua

Mumi tertua di dunia yang pernah dikenal adalah mumi anak kecil Chinchorro, yang ditemukan di Lembah Camarones di Chile. Diperkirakan, mumi tersebut berasal dari tahun 5050 SM.

Sejauh ini, ada total 282 mumi Chinchorro yang telah dipindahkan dari situs pekuburan dekat garis pantai dari Ilo di selatan Peru hingga Antofagasta di utara Chile, 149 di antaranya dibuat oleh artisan Chnchorro dan sisanya terawetkan oleh alam.

3.       Menajadi rumah bagi lima situs warisan Dunia UNESCO.

Situs Warisan Dunia UNESCO di Chile dikategorikan sebagai situs budaya, yang memberikan gambaran kisah sejarah manusia yang terjalin di lanskap wilayah Chile.

Lima situs warisan dunia tersebut adalah Gereja Chiloé, Kota Pelabuhan Valparaíso, Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works, Taman Nasional Rapa Nui, dan Sewell Mining Town atau Kota Pertambangan Sewell.

4.       Merupakan Negara Terpanjang

Negara Chili merupakan negara terpanjang yang membentang dari utara ke selatan. Dari utara ke selatan, Chili memiliki panjang lebih dari 4.630 kilometer. Tetapi hanya 430 kilometer dari timur ke barat.

5.       Negara yang memiliki spesies jamur terbanyak

Chili memiliki lebih dari 3.000 spesies jamur yang merupakan 7% dari semua spesies jamur di seluruh dunia yang telah ditemukan.

6.      Memiliki tempat terkering di dunia

Gurun Atacama adalah tempat terkering di Bumi, ditemukan di sebelah utara Chili. Gurun ini memiliki curah hujan rata-rata kurang dari 0,05 mm per tahun dan jenis tanahnya mirip dengan tanah Planet Mars

7.    Memliki danau tertinggi di dunia

Kawah danau Ojos del Salado di Andes di perbatasan Chili-Argentina adalah danau tertinggi di dunia, yakni 6.390 meter. 

8.       Merupakan negara penyair

Chili menyebut negara mereka: País de poetas, artinya negara penyair. Dua sastrawan Chili pernah memenangkan Hadiah Nobel Sastra: Gabriela Mistral pada tahun 1945, dan penyair paling terkenal di negara itu, Pablo Neruda pada tahun 1971. 

9.       Negara yang memiliki tambang tembaga dan lithium terbesar

Chili memiliki tambang tembaga terbesar di dunia. Lebih dari sepertiga produksi tembaga dunia berasal dari Chili.

Chili juga mempunyai sumber Lithium terbesar kedua di dunia dan mempunyai tambang besi, perak, garam, zinc, magnesium, molybdenum, emas, bvatubara, dan Iodin.

10.   Memiliki  pertunjukan kembang api terbesar

Di Chili ada pertunjukan kembang api terbesar setiap tahunnya di seluruh Amerika Selatan di kota Valparaiso selama Festival Pyrotechnic Tahun Baru yang terkenal. Pada tahun 2007, Valparaiso memenangkan Guinness Book of World Record dengan jumlah kembang api terbesar di malam hari, yaitu 16.000 kembang api yang ditembakkan ke angkasa.

11.   Memiliki penelitian tentang UFO.

Negara Chili merupakan satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki organisasi penelitian UFO yang didukung oleh pemerintahnya.

Kota Chili dari San Clemente dikenal sebagai tujuan untuk penampakan UFO, dengan wilayah sepanjang 19 kilometer yang dikenal sebagai “UFO Trail”. 

12.   Disebut sebagai negara tiga benua

Negara Chili disebut sebagai negara tiga benua karena terletak di Benua Amerika, Oseania, dan Antartika.

13.   Memiki kolam renang terbesar dan terdalam di dunia.

Chili mempunyai kolam renang terbuka terbesar di dunia di San Alfonso del Mar Resort. Kolam renang ini terletak di pantai, dan lebih besar dibandingkan 20 kolam renang ukuran Olimpiade dan berisi 66 juta galon air. Kolam renang ini juga masuk dalam Guinness Book of World Records karena kedalamannya yang mencapai 115 kaki dan pembuatannya menghabiskan £2 juta pounds (US$3,25 juta).

14.   Memiliki daerah yang menjadi tempat tinggal koloni penguin

Koloni penguin terbesar di selatan Chili, Monumen Alam Los Pingüinos adalah tempat bagi 120.000 penguin Magellanik. Terlatak di Pulau Magdalena yang kecil, hanya seluas satu kilometer persegi dan dilengkapi dengan mercusuar merah yang indah, terletak 35 km sebelah utara Punta Arenas.

Pada bulan September atau Oktober setiap tahunnya, burung-burung bermigrasi kembali ke sini dan menemukan pasangannya. Pada akhir bulan Maret penguin-penguin akan kembali lagi ke laut.

15.   Terdapat tempat destinasi wisata yang langka

Moon Valley (Lembah Bulan) yang berlokasi di antara Salam dan San Pedro de Atacama, adalah salah satu dari tempat langka di dunia yang permukaannya sangat mirip dengan bulan.

Nah, sudah tahu kan? Apakah kamu ingin ke sana suatu saat nanti? Saatnya nabung dari sekarang yuk!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya