Fakta Mengenai Negara Arab Saudi

 


Negara Arab Saudi telah lama menjadi salah satu negara yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya karena Arab Saudi menjadi tujuan perjalanan haji sebagai bagian rukun Islam yang ke-lima, tetapi juga karena banyak kerja sama dalam berbagai bidang seperti ekonomi, budaya, dan pendidikan dilakukan dengan negara ini.

Sejak lama negara  di kawasan Timur Tengah ini memiliki hubungan yang erat dengan Indonesia dalam bidang keagamaan dan pengiriman tenaga kerja. Kerajaan Arab Saudi dipimpin oleh seorang raja yang bernama Raja Salman Bin Abdulaziz.

Berikut beberapa fakta tentang Arab Saudi yang mungkin belum kamu tahu:

1.       Nama Arab Saudi dalam bahasa Arab-nya adalah Al-Mamlakah al-'Arabiyah as-Sa’udiyah.

Raja Abdul Aziz bin Rahman Al Saud, atau Ibnu Saud, dianggap sebagai Bapak Negara Arab Saudi. Ibnu Saud adalah salah satu dari sedikit orang dalam sejarah yang namanya dijadikan nama negaranya. Al-Mamlakah al-'Arabiyah as-Sa’udiyah berarti Kerajaan Arab Saudi.

2.       Negara Arab Saudi terletak di Benua Asia.

Arab Saudi sering disebut sebagai bagian negara Timur Tengah. Secara geografis Arab Saudi sebenarnya terletak di Benua Asia, tepatnya Asia Barat dan merupakan negara terbesar ke-lima di Asia.

3.       Membangun Gedung Tertinggi di Dunia

Arab Saudi saat ini sedang mengerjakan proyek pembangunan gedung tertinggi di dunia, Jeddah Tower. Diperkirakan bangunan tersebut mencapai tinggi satu kilometer.

4.       Penjual unta terbanyak

Di Arab Saudi terdapat salah satu pasar penjualan unta terbesar di dunia yang dikenal dengan sebutan Riyadh's Camel Market. Pasar ini dalam sehari mampu menjual 100 ekor unta.

5.       Negara yang melaksanakan hukuman pancung

Negara Arab Saudi merencanakan untuk menggantinya dengan hukuman tembak mati karena kurangnya sumber daya manusia yang mau jadi algojo hukuman pancung tersebut.

6.       Ibu Kota Negara Arab Saudi bukan Mekkah.

Bisa jadi saking familiarnya sebagai tujuan perjalanan haji, Kota Mekkah dianggap sebagai ibu kota Arab Saudi. Tetapi ibu kota Negara Arab Saudi adalah Kota Riyadh. Kota Riyadh juga menjadi kota terbesar di negara ini.

7.       Negara penghasil tingkat kecelakaan tertinggi

Menurut laporan Bank Dunia tahun 2000 Arab Saudi termasuk negara paling berbahaya untuk berkendara. Banyak kecelakaan lalu lintas terjadi di sini.

8.       Arab Saudi memiliki bandar udara terbesar di dunia.

Bandar Udara Internasional Raja Fahd berdiri di atas lahan seluas 780 km² atau sekitar 77.600 hektar. Bandara ini  terletak 20 km ke arah barat laut dari Kota Dammam di Arab Saudi.

Ini adalah bandara terbesar di dunia yang dioperasikan oleh General Authority of Civil Aviation. Bandara ini diresmikan pada tahun 1999.

9.       Banyak kata dalam Bahasa Inggris yang merupakan serapan dari Bahasa Arab.

Bahasa Negara Arab Saudi banyak diserap kedalam kata Bahasa Inggris contohnya alcohol (al-kohl), alchemy (al-kimiya), algebra (al-jabr), arsenal (dar as-sina'a), candy (qandi), coffee (qahwa), lemon (limun), sofa (shaffa), dan lain-lain.

10.   Perempuan memiliki kebebasan yang lebih sedikit dibandingkan laki-laki.

Di Arab Saudi wanita yang sudah menikah tidak boleh bepergian tanpa ijin dari suaminya, tidak boleh mengikuti pertandingan olahraga, bahkan tidak memiliki wakil dalam lingkungan pemerintahan. Mereka juga dilarang untuk mengemudi dan harus didampingi oleh laki-laki yang merupakan muhrimnya.

Itu lah fakta-fakta mengenai  negara Arab Saudi. Apa kah kamu tertarik berwisata ke Negara Arab Saudi?

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya