10 Fakta Menarik Inggris yang Jarang Orang Ketahui


Mustahil jika tidak mengenal Inggris, karena negara ini merupakan salah satu negara favorit untuk berwisata maupun kuliah. Nama lain dari Inggris yaitu United Kingdom (UK) yang merupakan sebuah negara dengan bentuk pemerintahan persemakmuran.

Bukan hanya itu saja, bahasa dari negara ini menjadi bahasa internasional di seluruh dunia. Namun ternyata UK menyimpan banyak sekali fakta yang menarik untuk dibahas lho! Apa saja fakta menarik Inggris yang jarang orang ketahui? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Kereta Api Tertua Di Dunia Terdapat Di Inggris

Kamu tahu enggak, fakta menariknya kereta api pertama di dunia ternyata berasal dari Inggris lho! Kereta api uap tertua di dunia ini ditemukan oleh Richard Trevithick seorang penemu dan insinyur asal Cornwell, Inggris pada tahun 1804.

Kemudian yang lebih uniknya lagi di tahun yang sama juga pertama kalinya kereta tersebut melakukan perjalanan di jalur trem milik sebuah pabrik besi bernama Penydarren.

2. Negara Asal Film Harry Potter

Fakta menarik Inggris selanjutnya datang dari salah satu film yang kedengarannya sudah nggak asing. Harry Potter merupakan salah satu film terkenal bertema penyihir ini merupakan karangan J.K. Rowling yang berasal dari Inggris.

Bukan hanya itu saja uniknya Hogwarts yang merupakan sekolah sihir di film ini juga mengambil tempat di Inggris yaitu tepatnya di University Of Oxford. Kemudian, di London ada Platform 9¾, Stasiun King’s Cross yang merupakan lokasi dari stasiun kereta yang menuju Hogwarts.

Selanjutnya Alnwick Castle yang terletak Northumberland, Inggris Utara merupakan lokasi saat pertama kali Harry Potter belajar terbang dengan sapu ajaib. Bisa dibilang hampir seluruh lokasi syuting dari film Harry Potter merupakan suatu tempat terkenal di UK, unik ya!

3. The Beatles Band Legendaris Yang Berasal Dari Inggris

Apakah kamu penggemar musik era lawas? Karena fakta menarik Inggris yang berikutnya ini akan membahas mengenai salah satu satu band legendaris yang pastinya kamu ketahui, yaitu The Beatles.

Band rock ini dibentuk di kota Liverpool, Inggris pada 1960 dengan 4 personil yaitu John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr. Uniknya sebelum memiliki nama The Beatles, band ini dulunya bernama The Quarrymen. Fakta menariknya, walaupun hebat dalam menciptakan lagu yang keren, ternyata para personil The Beatles tidak ada yang bisa membaca not balok.

4. Box Telepon Berwarna Merah Yang Ikonik

Bagi kamu yang senang menonton film barat, pasti beberapa kali pernah melihat sebuah telepon umum dalam box berwarna merah bukan? Beberapa film yang memunculkan bilik telepon merah yaitu harry potter, V For Vendetta, Yesterday, Paddington Bear, Mr. Bean dan masih banyak lagi.

Fakta menarik inggris yang berikutnya ini, ternyata box telepon merah yang sangat ikonik ini berasal dari inggris lho! Saat ini red phone box setinggi 2,4 meter ini seringkali menjadi objek wisata di United Kingdom untuk wisatawan yang ingin selfie.

5. Programmer Pertama Di Dunia Dari Inggris

Buat kamu mahasiswa IT ataupun pelajar yang berkutat di dunia programming fakta menarik inggris yang selanjutny ini sangat berhubungan denganmu. Tahu enggak, kalau programmer pertama di dunia bernama Ada Lovelace, beliau adalah seorang matematikawan dan penulis asal UK yang lahir 10 Desember 1815.

Kenapa Ada Lovelace bisa disebut sebagai programmer pertama di dunia? Jawabannya adalah karena kontribusinya yang revolusioner dalam mengembangkan konsep pemrograman komputer.

Pada tahun 1843, Lovelace menerbitkan sebuah terjemahan dan catatan ekstensif tentang mesin analitik Babbage. Dalam catatannya, ia memperkenalkan ide yang menggambarkan bagaimana mesin tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan hasil yang lebih dari sekadar perhitungan matematika, termasuk pemrograman simbolik dan penggunaan algoritma untuk menghasilkan pola musik dan gambar.

6. Tempat Awal Revolusi Industri

Saat ini dunia sudah dalam tahap industri 4.0 yaitu dunia digital dan internet, namun tahukah kamu bahwa revolusi industri 1.0 berawal dari inggris. Apa sih yang dimaksud Revolusi Industri? Yaitu suatu periode perubahan besar dalam produksi, manufaktur, dan teknologi yang terjadi pada abad ke-18 dan ke-19 di beberapa negara, terutama di UK.

Perubahan ini terjadi pertama kali pada tahun 1760 dimana industri tekstil beralih tenaga produksi yang tadinya hewan menjadi uap. Nah fakta menariknya mesin uap ini ditemukan oleh seorang ilmuwan inggris yaitu James Watt. Dan dimulai dari sanalah revolusi industri menyebar ke seluruh dunia.

7. Bukan Pengkonsumsi Teh Terbanyak Di Dunia

Seperti yang kita ketahui, kalau Inggris terkenal dengan tradisi tea time mereka. Teh tetap merupakan minuman yang sangat populer di Inggris, dengan tradisi teh sore yang terkenal dan banyaknya pilihan teh yang tersedia di pasar-pasar UK.

Makanya Inggris memiliki budaya meminum teh yang kaya dan masih menjadi bagian penting dari tradisi dan kehidupan sehari-hari bagi banyak orang di negara tersebut.

Namun fakta menariknya, Inggris ternyata bukanlah pengkonsumsi teh terbanyak di dunia. Menurut data statistika, negara Britania Raya ini menempati urutan ke 7 dalam daftar negara yang paling banyak mengkonsumsi teh, dan turki yang menempati urutan pertama.

8. Penemu World Wide Web (WWW)

Apakah kamu pernah mengunjungi sebuah website? Pastinya kamu pernah menulis alamat website tersebut dengan kata www terlebih dahulu kan? Fakta menarik inggris selanjutnya ini berhubungan dengan hal tersebut.

Karena penemu alamat WWW atau World Wide Web adalah Tim Berners yang merupakan “Bapak Internet” di dunia. WWW pertama kali ditemukan pada tahun 1989.

Awal mula diciptakan website pertama di dunia yaitu http://info.cern.ch/ adalah karena Tim Berners ingin mempermudah pelacakan proyek dan sistem komputer dari ribuan peneliti yang ada di tempat kerjanya yaitu Conseil européen pour la recherche nucléaire atau Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir.

9. Big Ben Bukanlah Sebuah Jam

Salah satu landmark terkenal di dunia yaitu Big Ben yang terletak di Inggris mempunyai sebuah fakta menarik. Bahwa ternyata Big Ben BUKAN sebuah jam, lalu apa?

Big Ben bukanlah sebuah jam, tetapi sebenarnya merupakan nama lonceng besar yang terletak di dalam menara yang terhubung dengan Palace of Westminster (Istana Westminster) di London, Inggris.

Menara yang mengandung lonceng ini sering kali disebut sebagai “Menara Big Ben”. Namun, seiring berjalannya waktu, istilah “Big Ben” sering digunakan secara tidak resmi untuk merujuk pada menara itu sendiri maupun lonceng yang ada di dalamnya.

10. Tidak Memiliki Gunung Berapi Aktif

Kalau Indonesia terkenal dengan banyak gunung berapi aktif, lain hal dengan United Kingdom. Fakta menarik inggris yang berikutnya ini cukup mencengangkan, karena negara ini sama sekali tidak memiliki gunung berapi aktif lho!

Terakhir kali terdapat gunung berapi aktif di UK yaitu pada 50 Juta tahun yang lalu. Walaupun tidak ada yang aktif, tetapi Inggris juga tetap mempunyai gunung berapi yang mati, beberapa  adalah Helvellyn, Haweswater caldera, The Cheviot dan masih banyak lagi.

Posting Komentar

0 Komentar