Fakta Mengerikan Korea Utara Yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

ketahui Fakta Mengerikan Korea Utara Yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

Korea Utara merupakan salah satu Negara yang dikenal dengan sisi misterius nya yang kerap menimbulkan rasa penasaran bagi semua orang.

Hal itu disebabkan karena Negara yang satu tergolong Negara yang sangat tertutup, bahkan kepada tetangganya sendiri seperti Korea Selatan, China, dan Negara lainnya.

Korea Utara dikuasai oleh rezim Kim Jong-un dan beribu kota di Pyongyang. Sistem pemerintahannya menganut sistem komunis, dimana kekuasaan tertinggi berada ditangan pemimpin.

Namun, meskipun dikenal dengan sifat nya yang tertutup, Negara ini sudah mulai membuka diri untuk dikunjungi oleh turis dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari visa.

Pada tahun 2014 hingga 2020 lalu, tercatat sekitar  2 juta orang telah mengunjungi Negara yang satu ini.

Belakangan, terkuak beberapa fakta mengerikan tentang Negara misterius ini. Penasaran apa saja itu? Mari kita bahas.

Fakta Mengerikan Korea Utara

1. Punya Kalender Sendiri

Fakta mengerikan Negara Korea Utara yang pertama adalah mereka ternyata memiliki kelender yang berbeda dengan kelender pada umumnya.

Jika  berdasarkan kelender Masehi, saat ini kita memasuki tahun 2022. Namun berbeda jika di Korea Utara.

Menurut rezim Pyongyang, sekarang masih tahun 111, tahun yang dihitung dari tahun kelahiran sang pendiri negara Kim Il-sung, yakni pada tahun 1912.

2. Larangan Merayakan Ulang Tahun

Untuk fakta mengerikan Negara Korea Utara yang berikut nya adalah mereka tidak dapat merayakan ulang tahun khususnya pada mereka yang lahir ditanggal yang sama dengan kematian pemimpin Negara ini, yaitu  pada 17 Desember dan 8 Juli.

3. Tak Bebas Mengakses Internet

Fakta mengerikan Negara Korea Utara yang lainnya adalah warganya tidak bebas untuk mengakses internet.

Hanya situs tertentu saja yang dapat diakses di Negara ini, seperti tentang asuransi, pendidikan, perawatan manula, berita, dan tips memasak.

Selain itu, tidak mudah masuk ke internet di rumah karena komputer bukan barang terjangkau dan harus dibeli dengan izin di Korea Utara.

4. Gaya Rambut Meniru Kim Jong-un

Fakta pelik Korea Utara yang lainnya adalah gaya rambut pria di Negara ini harus mengikuti gaya rambut sang pemimpin, Kim Jong-un.

Pemerintah Korut memang dikenal sebagai pemimpin yang mengatur kehidupan warganya dengan ketat, bahkan hingga gaya rambut.

5. Desa Propaganda

Tak hanya itu, salah satu fakta mengerikan Korea Utara yang lainnya adalah terdapat sebuah desa propaganda yang letak nya tidak jauh dari zona demiliterisasi, perbatasan antara Korea Utara dan Selatan.

Dari jauh, kota itu punya fasilitas lengkap: sekolah, rumah sakit, dan toko-toko di antara rumah-rumah dari beton yang kokoh.

Namun yang menjadi fakta yang mencengangkan adalah tidak ada seorangpun yang tinggal di sana. Berdasarkan sejumlah laporan, ternyata desa itu hanya dibuat agar Korea Utara tampak seperti Negara yang maju dan makmur dimata Negara yang lain.

6. Suporter Bola Sewaan

Yang menjadi hal yang mencengangkan lainnya dari Korea Utara adalah Negara yang satu ini juga menyewa supporter untuk mendukung kesebelasan mereka dalam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan beberapa tahun yang lalu.

Di duga para supporter tersebut merupakan warga Cina yang dibayar untuk menjadi team pendukung sepak bola dari Korea Utara.

7. Tak Semua Jalan Beraspal

Fakta pelik Korea Utara yang lainnya adalah ternyata jalan beraspal belum merata di Negara yang satu ini.

Pembangunan aspal hanya dilakukan dijalan-jalan besar dan tertentu saja. Bayangkan, dari keseluruhan wilayah di Korea Utara, hanya 3 persen jalan-jalan raya di kota itu yang rata dilapis aspal.

8. Pemilu Abal-Abal

Pada dasarnya Negara yang satu ini hampir sama dengan Negara yang lain, yakni rutin menggelar pemilu sebanyak 5 tahun sekali.

Namun yang membedakannya adalah satu-satu nya calon yang harus kalian pilih adalah Kim Jong-un dan jika kalian tidak boleh tidak ikut serta dalam pemilihan ini.

9. Vonis untuk Tiga Generasi

Nah, hal ini mungkin menjadi fakta mengerikan Korea Utara yang dapat membuat kalian geleng-geleng kepala, bukan?

Di Negara ini, jika seseorang melanggar hukum dan divonis penjara, maka seluruh kerabat terkait nya juga bisa mengalami nasib serupa.

Menurut pandangan penguasa Pyongyang Kim Jong-un, jika ada orang yang melanggar hokum (terutama tahanan politik) maka seluruh keluarganya (termasuk kakek-nenek, orangtua, dan anak-anak) terdakwa tersebut akan ditahan atau dikirim ke kamp kerja paksa.

Nah, itulah beberapa fakta mengerikan Negara Korea Utara yang belum diketahui oleh banyak orang. Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat untuk kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya