Fakta Menarik Negara Sakura, Jepang

Fakta Menarik Negara Sakura, Jepang

Jepang merupakan salah satu Negara bagian Asia Timur yang dikenal sebagai Negara yang maju, baik secara teknologi maupun perekonomiannya.

Negara ini di pimpin oleh Fumio Kishida, yang merupakan seorang politisi Jepang yang menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang sejak 4 Oktober 2021 lalu.

Negara Jepang menjadi salah satu Negara yang banyak dikunjungi oleh para turis dari berbagai belahan di seluruh dunia karena banyak hal menarik yang dapat dijumpai di negri sakura ini.

Nah, hal menarik apa saja sih yang ada di Negara Jepang? Mari kita bahas satu per satu.

Fakta Menarik Negara Sakura, Jepang

1. Jepang dikenal sebagai negara yang tangguh dalam menghadapi berbagai bencana

Fakta menarik Jepang yang pertama yaitu merek dikenal sebagai Negara yang tangguh dalam menghadapi berbagai bencana.

Berdasarkan data yang diperoleh, tercatat sekitar 1.500 bencana gempa bumi terjadi disetiap tahunnya.

Jepang sendiri memiliki sekitar 111 gunung yang masih berstatus aktif dan sebanyak 15 peristiwa vulkanik disertai letusan terjadi disetiap tahunnya.

Hal ini disebabkan karena letak Negara Jepang yang berada tepat di daerah Ring of Fire, di mana lempeng benua dan samudera bertemu, sehingga membuat Jepang menjadi target dari bencana alam terburuk disepanjang tahun.

Walaupun sering dilanda oleh bencana alam, Negara yang satu ini dikenal dengan Negara yang sangat tangguh dalam mengatasi dampak pasca bencana alam.

Bahkan, sering dilanda bencana alam tidak menjatuhkan perekomonian Negara yang satu ini.

2. Lebih dari 68,55 persen Jepang tertutup hutan

Fakta menarik Jepang  berikut nya adalah Negara yang masih menjaga keasrian lingkungan nya, hal ini ditandai dengan tercacat 68,55% wilayahnya masih tertutup oleh hutan.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya salah satu kebijakan untuk mengelola hutan sejak 4 abad yang lalu, ketika Jepang sempat dilanda oleh penebangan hutan secara besar-besaran untuk membuka area permukiman sebagai salah satu dampak dari pertumbuhan penduduk yang meleda saat itu.

Kemudian, penanaman hutan kembali atau reboisasi kembali dilakukan pasca perang dunia ke-2 yakni setelah kota Hiroshima dan Nagashaki di bom oleh sekutu yang menyebabkan banyak pohon yang mati serta menurunnya kadar oksigen pada udara.

3. Di sekolah-sekolah Jepang, bersih-bersih adalah bagian dari kurikulum

Fakta menarik Jepang  yang lainnya adalah Negara ini dikenal sebagai Negara yang mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi terhadap kebersihan.

Bahkan, pemerintah juga membuat kebersihan menjadi salah satu dari kurikulum yang diterapkan di semua jenjang sekolah.

4. Jepang memiliki salah satu kereta api paling tepat waktu di dunia

Fakta menarik Jepang berikutnya adalah Jepang dikenbal dengan produksi kreta apinya yang canggih, yang menempati salah satu predikat kreta api tercepat di dunia.

Kreta yang satu ini beroperasi sejak tahun 2018 yang lalu, dimana penundaan rata-rata dari kreta api ini mencapai kurang dari satu menit Jepang pada jalur Shinkansen berkecepatan tinggi antara Tokyo dan Shin-akasaka.

5. Jepang memiliki tingkat obesitas terendah di antara negara-negara maju di dunia

Fakta menarik Jepang  yang lainnya adalah dikenal sebagai Negara yang rata-rata warganya memilik tingkat obesitas lebih rendah dibandingkan dengan warga Negara lain.

Hal ini disebabkan oleh adanya peraturan “metabo”, dimana warga yang telah menginjak umur 40-75 tahun wajib mengukur lingkar pinggang mereka sebanyak setahun sekali.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran penyakit metabolik seperti diabetes dan stroke. Jika terdapat warga dengan berat badan yang berlebihan, maka mereka diwajibkan untuk menghadiri kelas diet atau membayar denda jika menolak.

6. Ada lebih dari 5 juta mesin penjual otomatis di Jepang

Fakta menarik Jepang yang lainnya adalah terdapat banyak mesin penjual otomatis di Jepang.

Teknologi Jepang memang telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, sehingga mesin penjualan tidak dilakukan secara manual lagi, melainkan sudah menggunakan jasa mesin yang canggih.

Tercatat sudah ada lebih dari 5 juta mesin penjual otomatis di Jepang, mulai dari mesin penjual minuman panas dan dingin, hot dog, buku komik, kertas toilet, payung, ramen instan, beras, pisang, hingga telur.

7. Anak-anak di Jepang dilatih mandiri sejak kecil

Fakta menarik Jepang yang lainnya adalah kemandirian sudah dilatih sejak dini di Negara yang satu ini.

Hal ini dibuktikan dengan membiarkan anak usia 5-6 tahun belajaran menggunakan transportasi umum atau sekedar berjalan sendiri kesekolah nya.

Penerapan sistem ini didukung oleh lingkungan yang aman dan dapat dipercaya, sehingga para orangtua tidak perlu cemas untuk membiarkan anaknya menggunakan transportasi umum atau berjalan sendiri kesekolah.

8. Harapan hidup rata-rata di Jepang adalah salah satu yang tertinggi di dunia

Fakta menarik Jepang  yaitu memiliki tingkat harapan yang cukup tinggi dibandingkan dengan Negara lainnya.

Menurut Program Pembangunan PBB, harapan hidup rata-rata di Jepang adalah salah satu yang tertinggi di dunia pada 84,5 tahun, sedangkan Amerika Serikat pada 78,9 tahun. Siapa pun  yang mencapai usia 100 tahun di Jepang akan dihormati oleh Perdana Menteri dengan hadiah piala perak, sebuah tradisi yang dimulai pada tahun 2009.

Nah, itulah beberpa fakta menarik mengenai Negara Jepang, sangat banyak bukan?. Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjoungi blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya