Fakta Menarik Brunei Darusalam, Salah Satunya Tak Menjual Alkohol

 


Brunei Darussalam merupakan salah satu negara yang ada di Asia Tenggara. Kekayaan minyak dan gas bumi adalah sumber pendapatan utamanya. Wilayahnya tak terlalu luas dan merupakan negara Islam.

Negara berbentuk kerajaan ini ini dipimpin oleh Sultan  Hassanal Bolkiah yang naik takhta pada 5 Oktober 1967. Sultan Brunei juga merangkap jabatan sebagai Menteri Pertahanan, Perdana Menteri, Menteri Keuangan, dan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Brunei.

Selain fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas, berikut ini adalah fakta-fakta menarik Brunei Darusalam lainnya yang wajib kamu ketahui.

Tak Menjual Alkohol


Brunei adalah salah satu negara dengan mayoritas penduduknya adalah beragama Islam. Dalam mengamalkan ajaran agama tersebut, Brunei Darusalam mengharamkan alkohol. Tak hanya alkohol, warga yang tinggal di negara ini juga dilarang merokok.

Namun bagi warga negara asing (WNA) non muslim yang memasuki negara ini diperbolehkan untuk membawa 12 botol alkohol saat berkunjung, dengan catatan minuman tersebut hanya untuk konsumsi pribadi.

Memberlakukan Hukum Syariah


Brunei dikenal sebagai negara dengan tingkat kejahatan yang rendah. Hal ini merupakan hasil dari penerapan hukuman ayng berat bagi para pelaku.

Dimana warga yang ketahuan mabuk akan dikenakan hukum cambuk, potong tangan atau kaki bagi para pelaku kejahatan pencurian, dan hukuman penjara karena berpakaian tidak sesuai dengan gender.

Homoseksualitas juga merupakan kejahatan yang mendapat hukuman berat di negara berbentuk kerajaan ini. Para pelaku bahkan dapat dikenakan hukuman rajam hingga meninggal dunia.

BBM Murah


Warga yang tinggal di Brunei Darusalam rata-rata mempunyai mobil. Namun, mereka tidak perlu pusing memikirkan bahan bakar yang digunakan, sebab di Brunei harga BBM sangatlah murah hanya Rp 3.500 per liter.

Layanan Pendidikan dan Kesehatan Gratis


Kemakmuran dan kesejahtraan menjadi hal wajib yang didapatkan oleh warga negara Brunei Darusalam. Pemerintah setempat memberikan berbagai fasilitas dan layanan yang sangat bermanfaat untuk warganya.

Mulai dari pendidikan gratis, layanan kesehatan gratis, bahkan ada gaji untuk penduduk yang sudah berusia 60 tahun.

Semua rakyat Brunei Darussalam boleh berobat bahkan rawat inap di semua Fasilitas Kesehatan Kerajaan Brunei Darussalam yang ada di setiap wilayah. Hanya dengan membayar

Bahkan mereka memiliki hak untuk melakukan pemeriksaan medis lengkap setiap tiga sampai enam bulan sekali.

Masyarakat yang datang ke fasilitas kesehatan cukup membayar biaya administrasi saja yaitu sebesar satu dolar Brunei atau setara dengan Rp10 ribu saja. Bahkan, tak ada tarif yang dipatok untuk penggunaan jalan tol di negara ini.

Istananya Terbesar di Dunia


Sebagai negara berbentuk kerjaan, Brunei Darusalam tentunya memiliki istana tempat tinggal raja dan keluarganya, yaitu Istana Nurul Iman.

Kemewahan yang ada di istani ini akan membuat Anda tercengang. Kesan mewah yang melekat di istana ini, disebut-sebut menyaingi Buckingham Pallace, istana negara Inggris.

Di Istana Nurul Iman ini ada 1.778 kamar tidur, 257 kamar mandi, kolam renang, garasi mobil mewah, masjid, dan ruang perjamuan besar.

Negara dengan Tingkat Obesitas Tertinggi


Penduduk Brunei memiliki tingkat obesitas yang tinggi. Sekitar tiga dari 10 orang dewasa yang ada di Brunei megalami kelebihan berat badan. Tak hanya orang dewasa, sekitar 17% dari para remaja dengan rentang usia antara 13-17 tahun juga mengalami masalah yang sama.

Wah, menarik sekalinya Brunei Darusalam ini. Tertarik untuk menjadi warga negaranya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya