Inilah 6 Bangsa Yang Pernah Menjajah Negara Indonesia

Negara Indonesia merupakan salah satu Negara yang ada di kawasan Asia Tenggara yang pernah di jajah oleh bangsa lain.

Menurut fakta sejarah, tercatat bahwa beberapa Negara, khususnya Negara bagian Eropa dan juga Asia berlomba-lomba untuk menakhlukan Nusantara pada jaman dahulu kala.

Hal ini dipicu karena di Indonesia terdapat begitu banyak jenis rempah-rempah yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, dimana hal tersebut menimbulkan hasrat bagi mereka untuk menaklukkan Negara Nusantara ini.

Berdasarkan sumber sejarah, ternyata ada 6 Negara yang pernah menjajah Indonesia, penasaran apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Portugis (1509 – 1595)

Inilah 6 Bangsa Yang Pernah Menjajah Negara Indonesia

Negera yang pertama sekali melakukan penjajahan ke Negara indonesia adalah Negara Portugis dan orang portugis yang pertama kali datang ke Indonesia adalah Alfonso de Albuquerque.

Alfonso de Albuquerque pertama kali datang ke wilayah Maluku dan pada saat ini sangat disambut baik oleh masyarakat lokal.

Namun, hubungan baik antara rakyat Maluku dengan Portugis kala ini mulai merenggang ketika bangsa Portugis melanggar sebuah kesepakatan yang sudah disepakati bersama dan malah menerapkan sistem monopoli yang merugikan.

Setelah berhasil menguasai wilayah Maluku, Portugis kembali melebarkan wilayah jajahannya sampai ke pulau Jawa dan akhirnya digantikan oleh pemerintahan Belanda di tahun 1602.

2. Spanyol (1521 – 1529)

Inilah 6 Bangsa Yang Pernah Menjajah Negara Indonesia

Bangsa berikutnya yang ternyata juga sempat menjajah Nusantara adalah bangsa Spanyol. Kala ini mereka berusaha untuk menguasahi kembalu wilayah Maluku.

Akan tetapi, pada saat itu mereka harus bersaing secara sengit dengan bangsa Portugis karena Portugis menganggap bahwa Spanyol melanggar hak monopolinya.

Dan pada akhirnya, bangsa Portugis melakukan sebuah kerja sama dengan kerjaan yang ada di wilayah tersebut, seperti kerjaan Ternate dan Spanyol bekerja sama dengan Kerajaan Tidore.

Namun, persekutuan yang terjadi tersebut tidak berlangsung secara lama karena ternyata bangsa Spanyol kalah dengan Portugis dan harus meninggalkan kawasan Maluku.

3. Belanda (1602 – 1942)

Inilah 6 Bangsa Yang Pernah Menjajah Negara Indonesia

Bangsa berikutnya yang pernah menjajah bangsa Indonesia adalah Belanda, dimana menurut fakta sejarah, bangsa inilah yang menjajah Indonesia dengan kurun waktu yang paling lama jika dibandingkan dengan penjajah yang lainnya.

Selain diketahui sebagai bangsa yang paling lama dalam menjajah bangsa Indonesia, Belanda juga dikenal sebagai Negara yang memiliki pengaruh yang besar dalam membentuk tatanan Negara Indonesia.

Munculnya bangsa Belanda ke Indonesia diawali dengan sebua aktivitas Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada tahun 1602 yang tujuannya adalah untuk berdagang.

 Namun setelah bubarnya aktivitas VOC pada 1799, pemerintah Belanda mengambil alih kekuasaan di Nusantara dan membentuk sistem tanam paksa (cultuur stelsel).

Wilayah yang berhasil dikuasai oleh bangsa Belanda dijaman kekuasaannya yakni mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Papua.

4. Perancis (1806 – 1811)

Inilah 6 Bangsa Yang Pernah Menjajah Negara Indonesia

Bangsa berikutnya yang sempat menjajah Nusantara adalah bangsa Perancis yang dibawa oleh pimpinan yang bernama daendels.

Mungkin kalian tidak menyangka bahwa ternyata bangsa Prancis sempat menguasai Indonesia, namun ternyata disaat Belanda sudah kalah, Perancis lah yang mengambil alih wilayah Indonesia.

Nah, pada saat itulah Raja Perancis, Louis Napoleon, menunjuk Marsekal Willem Daendels ke Batavia (Jakarta) untuk menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Akan tetapi kekuasaan Perancis dikala itu tidak berlangsung lama karena di tanggal 18 September 1811, Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu, Jan Willem Janssens, menyatakan kekalahannya dari Inggris. Hal tersebut menyebabkan Nusantara jatuh kek tangan Inggris.

5. Inggris (1811 – 1816)

Inilah 6 Bangsa Yang Pernah Menjajah Negara Indonesia

Bangsa berikutnya yang pernah menjajah bangsa Indonesia adalah Inggris, dengan orang pertama yang yang tiba di Nusantara adalah Stamford Raffles.

Pada masa itu, Indonesia telah mengalami sejumlah perubahan, seperti dihapuskannya sitem monopoli dan juga aktivitas perbudakan. Kemudian, secara administrasi, Pulau Jawa dibagi ke dalam 16 karesidenan.

Akan tetapi, pada saat ini Inggris kembali menuai konflik dengan Belanda yang membuat sebuah perjanjian dimana Nusantara diserahkan kembali ke Belanda.

6. Jepang (1941 – 1945)

Inilah 6 Bangsa Yang Pernah Menjajah Negara Indonesia

Bangsa berikutnya yang pernah menjajah bangsa Indonesia adalah Jepang, dimana awal mulainya Negara menjajah Indonesia adalah dengan iming-iming kemerdekaan pada Indonesia.

Akan tetapi, seiring bertambahnya waktu, Jepang malah memiliki sebuah niatan terselubung untuk menguasi Nusantara.

Jepang malah menerapkan sebuah sistem kerja paksa yang lebih dikenal dengan sebutan Romusha. Selain itu, mereka juga membentuk sebuah organisasi militer yang dikenal dengan Seinendan, Keibodan, Fujinkai, Jibakutai, Heiho, Kempeitai, dan PETA.

Bangsa Jepang baru saja melepaskan kekuasaanya pada wilayah Nusantara ketika Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki.

Dan pada akhirnya, Jepang menyerah kepada sekutu dan meninggalkan kolonialisme Jepang di Indonesia pada tanggal 15 Agustus 1945.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya