Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Association of Southeast Asia Nations (ASEAN)  merupakan sebuah organisasi yang anggotanya terdiri dari Negara-negara yang melakukan hubungan kerjasama di Asia Tenggara.

Organisasi ASEAN terdiri dari 10 negara. Pertama kali organisasi yang satu ini dibentuk pada 8 Agustus tahun 1967 di Negara Thailand, Bangkok.

Pada awalnya ASEAN dibentuk oleh 5 Negara yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok.

Berdasarkan info yang diperoleh dari sebuah laman resmi Sekretariat Nasional ASEAN, negara-negara ASEAN, berdasarkan tanggal menjadi anggota, adalah Indonesia (8 Agustus 1967), Malaysia (8 Agustus 1967), Singapura (8 Agustus 1967), Thailand (8 Agustus 1967), Filipina (8 Agustus 1967), Brunei Darussalam (8 Januari 1984), Vietnam (28 Juli 1995), Laos (23 Juli 1997), Myanmar (23 Juli 1997), dan Kamboja (30 April 1999).

Nah, berikut ini masing-masing profil singkat dari Negara yang menjadi anggota dari ASEAN.

1. Brunei Darussalam 

Negara anggota ASEAN yang pertama adalah Brunei Darussalam yang dipimpin oleh seorang Sultan. Negara ini secara resmi memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 23 Februari.

Ibu kota Brunei Darussalam bertempat di Bandar Seri Begawan, dengan bahasa utama adalah Bahasa Melayu, Inggris, dan Mandarin. 

Dilansir dari beberapa info, jumlah penduduk dari Negara yang satu ini mencapai 423.196 jiwa dengan mata uang yang berlaku adalah uang Dollar Brunei.

Sementara jumlah PDB per kapitanya mencapai US$ 27.561 pada 2017 dan memiliki luas wilayah 5.765 km persegi. 

2. Kamboja

Negara berikutnya yang menjadi anggota dari Negara ASEAN adalah Kamboja yang di pimpin oleh seorang Raja, sedangkan kepala pemerintahannya yakni Perdana Menteri. 

Negara kamboja memiliki luas kawasan mencapai 181.035 km persegi dan beribu kota di Phnom Penh. Sedangkan untuk jumlah penduduknya, Negara yang satu ini terdiri dari 15,76 juta jiwa.

Adapun tanggal kemerdekaan Negara kamboja adalah diperingati disetiap tanggal 9 November. Selain itu, negara ini memiliki PDB sebanyak US$ 20,9 miliar pada 2017 dan menggunakan Riel (KHR) sebagai mata uang resmi. 

3. Indonesia

Negara berikutnya yang menjadi anggota dari ASEAN adalah Indonesia, yang dipimpin oleh seorang kepala Negara yang disebut presiden.

Ibu kota Negara Indonesia bertempat di Jakarta dan tanggal kemerdekaannya dirayakan disetiap tanggal 17 Agustus.

Sedangkan untuk bahasa, di Indonesia bahasa resminya adalah bahasa Indonesia dan mata uang yang digunakan adalah Rupiah.

Indonesia merupakan negara terbesar di ASEAN dengan luas wilayah 1,9 juta meter persegi dan 261,1 juta penduduk. Total PDB Indonesia mencapai US$ 1.015 pada 2017. 

4. Laos

Negara berikutnya yang menjadi anggota dari Negara ASEAN adalah Laos, dengan luas wilayah mencapai angka 237.955 km persegi.

Sedangkan untuk kepala Negara, Laos dipimpin oleh seorang kepala pemerintah yang disebut dengan perdana menteri.

Ibu kota Negara Laos berada di Vientiane dan kemerdekaannya dirayakan disetiap tanggal 2 Desember. Sedangkan untuk bahasa, di Negara yang satu ini sering menggunakan bahasa Lao, Perancis, dan Inggris.

Laos merupakan Negara yang memiliki jumlah penduduk sekitar 6,76 juta jiwa. Sementara GPD Laos mencapai 14,8 miliar dollar AS pada 2017.  Baca Juga: Linde Indonesia Bangun Pabrik Oksigen Baru Senilai US$ 15 Juta di Jawa Timur

5. Malaysia

Negara berikutnya yang menjadi anggota dari ASEAN adalah Malaysia, yang dipimpin oleh seorang raja dan juga kepala pemerintahan yang disebut dengan perdana menteri.

Ibu kota Negara Malaysia berada di Kuala Lumpur dan hari kemerdekaannya dirayakan setiap tanggal 30 Agustus.

Bahasa resmi yang sering digunakan di Negara yang satu ini adalah adalah Melayu, Inggris, China, dan Tamil.

Sedangkan mata uang yang berlaku adalah Ringgit Malaysia. Negara Malaysia juga terdiri dari penduduk sebanyak  31,19 juta serta luas wilayah mencapai 329.847 km persegi dan PDB US$ 336,3 miliar pada 2017. 

6. Myanmar

Negara berikutnya yang menjadi bagian dari Negara ASEAN adalah Myanmar, dengan kepala Negara dipimpin oleh seorang presiden.

Ibu kota Negara Malaysia berada di Nay Pyi Taw dan biasanya merayakan kemerdekaannya setiap tanggal 4 Januari. 

Sedangkan untuk bahasa, penduduk Negara yang satu ini sering menggunakan bahasa Burma dan menggunakan Kyat sebagai mata uang.

Negara berpenduduk 52,89 juta jiwa ini memiliki luas wilayah 676.578 km persegi. Total GDP Myanmar mencapai US$ 75,7 miliar pada 2017.

7. Filipina

Negara berikutnya yang menjadi bagian dari Negara ASEAN adalah Filipina, yang dipimpin oleh seorang kepala pemerintahan yang disebut dengan presiden.

Ibu kota Negara Filipina berada di Manila dan biasanya mereka akan memperingati hari kemerdekaannya di setiap tanggal 12 Juni. 

Sedangkan untuk bahasa, penduduknya sering menggunakan bahasa Tagalog dan Inggris. Sedangkan mata uang yang berlaku adalah  Kyat.

Total PDB Filipina mencapai US$ 348,6 miliar pada 2017. Filipina memiliki 103,3 juta jiwa penduduk dengan luas wilayah mencapai 343.448 km persegi. 

8. Singapura

Negara berikutnya yang menjadi anggota dari ASEAN adalah Singapura, yang dipimpin oleh seorang presiden dan dibantu oleh seorang perdana menteri.

Singapura terdiri dari penduduk yang berjumlah 5,61 juta jiwa dan luas wilayah 721,5 km persegi  dan bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk yang ada disana adalah Bahasa Inggris, China Mandarin, Melayu, dan Tamil sebagai bahasa resmi.

Biasanya, penduduk Negara Singapura akan memperingati hari kemerdekaannya disetiap tanggal 9 Agustus.

9. Thailand

Negara berikutnya yang menjadi bagian dari Negara ASEAN adalah Thailand, yang dipimpin oleh seorang raja dan kepala pemerintahan yang disebut dengan perdana menteri.

Ibu kota dari Negara Thailand berada di Bangkok dan biasanya penduduknya akan merayakan hari kemerdekaan disetiap tanggal 5 Desember.

Sedangkan untuk bahasanya, para penduduk Negara Thailand bahasa Thai dan mata uang yang berlaku adalah Baht.

Negara Thailand terdiri dari jumlah penduduk kurang lebih  68,86 juta jiwa, serta luas wilayah 513.120 km persegi dan PDB US$ 403,6 miliar pada 2017. 

10. Vietnam

Negara berikutnya yang menjadi anggota dari Negara ASEAN adalah Vietnam, yang dipimpin oleh seorang presiden dan dibantu oleh kepala pemerintahan yang disebut dengan perdana menteri.

Ibu kota Negara Vietnam berada di Ho Chi Minh dan semua penduduknya akan merayakan hari kemerdekaan nya disetiap tanggal  5 September.

Sedangkan untuk bahasa resmi yang sering digunakan oleh kebanyakan penduduknya adalah bahasa Vietnam dan mata uang yang berlaku di sana adalah Dong.

Posting Komentar

0 Komentar