Fakta Menarik Negara Singapura yang Jarang Diketahui

  


Negara Singapura atau Republik Singapura merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, memiliki jarak 137 km bagian utara khatulistiwa di bagian Asia Tenggara.

Negara ini dipisahkan oleh negara Malaysia melalui Selat Johor di utara dari Kepulauan Riau Indonesia melalui selat Singapura di selatan. Negara ini menjadi pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia dan menjadi kota metropolitan internasional yang memainkan peran penting dalam perdagangan ekonomi internasional.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai apa saja fakta menarik yang ada di negara Singapura. Penasaran apa saja fakta menariknya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Makna Dibalik Bendera Singapura

Bendera Singapura sendiri terdiri dari dua bagian mendatar yang terbagi menjadi dua warna, warna merah dan putih. Sepintas, bendera Singapura memiliki bulan sabit putih dan lima bintang putih pada bagian sisi merah di kiri atas bendera.

Warna merah bendera Singapura melambangkan persaudaraan universal dan kesetaraan manusia. Warna putih melambangkan kemurnian dan kebajikan abadi. Bulan sabit menggambarkan negara yang berkembang, dan lima bintang menjadi gambaran cita-cita demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan dan keteraan di negara ini.

2. Bahasa Resmi Singapura adalah Bahasa Inggris

Warisan yang menonjol dari pemerintahan colonial Inggris saat ini adalah penggunaan bahasa Inggris yang menjadi bahasa resminya. Banyaknya layar belakang budaya yang berbeda, negara ini menjadikan bahasa Inggris dengan bahasa Singlish.

Adapun bahasa Singlish ini adalah suatu kombinasi menarik dari bahasa Inggris, Hokkien, Melayu, Kantonis dan Tamil. Penggunaan bahasa ini sangat informal dan dapat didengar dalam bahasa sehari-hari, ada 27 kata Singlish dalam Oxford English Dictionary.

3. Fakta Dibalik Pencipta Lagu Kebangsaan Singapura

Lagu kebangsaan Singapura bertajul “Majulah Singapura” yang diciptakan oleh Zubir Said. Beliau adalah seseorang musisi asal Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Pria kelahiran tahun 1928 ini memutuskan pindah ke Singapura demi mewujudkan mimpinya menjadi musisi.

Lagu yang diciptakannya diserahkan kepada Dewan Kota Singapura demi merayakan Victoria Theatre yang baru direnovasi. Lagu ini dinyanyikan pertama kali oleh Singapore Chamber of Commerce Ensemble. Kemudian lagu ini diputar ulang pada 3 Desember 1959.

4. Memiliki Pusat Kuliner dan Budaya

Setiap negara memiliki makanan khasnya masing-masing. Singapura menawarkan berbagai hidangan, mulai dari roti kaya, chilu crab, laksa Singapura, Mie Hokien dan nasi ayam Hainan. Menemukan warung makan yang menjual makanan di Singapura tidaklah sulit.

5. Pejalan Kaki Tercepat di Dunia

Negara Singapura merupakan negara dengan tata kota yang sangat baik, terutama dalam hal ruang publiknya. Kebanyakan orang menggunakan transportasi umum untuk kegiatan mobilitas sehari-hari. Dan negara ini memiliki transportasi umum terbaik di dunia.

Selain menggunakan kendaraan umum. Elemen tata kotanya juga ramah bagi pejakan kaki. Tidak heran negara ini terpilih sebagai pejalan kaki tercepat di dunia.

6. Memiliki Banyak Taman Kota

Singapura tidak terlihat seperti kota yang padat akan bangunan saja, namun banyak gedung pencakar langit di dalamnya. Namun, hal ini tak menyurutkan pemerintahnya untuk membangun banyak taman kota di tengah gedung-gedung tersebut.

7. Bianglala Terbesar di Dunia

Bianglala terbesar di dunia berada di Singapura, tepatnya di Singapore Flyer. Lokasi ini sebagai salahs atu penanda kota kebanggaan Singapura yang berada di jantung kota di antara gedung pencakar langit di sekitar Marina Bay.

Demikianlah artikel tentang fakta menarik Singapura yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga artikel ini membantu untuk lebih mengenal negara Singapura melalui fakta-fakta menarik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya