Fakta Menarik Negara Bangladesh yang Banyak Ditutupi

 

Fakta menarik negara Bangladeh yang banyak ditutupi begitu menarik untuk dicari tahu. Sebab, negara yang berada di kawasan Asia Selatan ini dinobatkan sebagi negara terkotor di dunia. Kok bisa ya?

Negara ini berbatasan langsung dengan Myanmar di bagian tenggara, India di barat, utara, timur serta teluk Benggala di bagian selatan. Negara Bangladeh sudah merdeka sejak tanggal 26 Maret 1971.

Selain fakta kemerdekaannya, ternyata Bangladesh juga menyimpan fakta menarik lainnya. Berikut fakta menarik negara Bangladesh yang perlu Anda ketahui.

1. Mayoritas Penduduk Muslim

Fakta pertama negara Bangladesh adalah mayoritas penduduknya beragama Islam. negara ini juga mendapat pengakuan dari PBB sebagai negara Islam yang demokratis dan moderat serta menjadi negara muslim terbesar keempat di dunia.

2. Habitat bagi Harimau Benggala

Harimau benggala adalah salah satu subspecies dari harimau. Diperkirakan terdapat 200 harimau yang termasuk dalam jenis kucing terkemuka dalam jenis kucing terkemuka di dunia yang ada di Bangladesh.

Hewan ini termasuk dalam golongan megafauna kharismatik dunia yang sering digunakan dengan tujuan pecinta lingkungan seperti gajah, orang utan dan lainnya. Negara ini menjadikan harimau benggala sebagai hewan nasional.

3. Perekonomian Bangladesh

Negara ini menjadi salah satu neagra yang memiliki ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan negara penghasil menengah yang tumbuh paling cepat. Selain tiu, Bangladeh juga memiliki cadangan devisa tertinggi kedua di Asia Selatan setelah negara India.

4. Perdagangan Manusia

Hal buruk yang ditutupi negara ini dan menjadi fakta yang mencengangkan adalah negara ini menjadi tempat perdagangan manusia yang marak dilakukan. Bahkan, fenomena ini sudah menjadi rahasia umum dan menjadi pusat perdagangan manusia di dunia.

Korbannya bukan hanya dari kalangan anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa. Harga yang ditawarkan juga tergolong sangat murah, seperti seorang gadis hanya dihargai dengan Rp. 3 juta saja.

5. Negara Industri Garmen

Salah satu yang menjadi penggerak ekonomi Bangladesh dan produk unggalannya adalah garmen. Diperkirakan terdapat lebih dari 4.000 pabrik garmen. Industry yang tengah naik daun juga melibatkan sekitar 80 persen wanita di negara tersebut.

6. Berada di Garis Kemiskinan

Negara Bangladesh tampaknya mengalami masalah yang serius dalam hal ekonomi. Tingkat kemiskinannya pada tahun 2018 silam mencapai 21.8 persen. Sementara itu, penduduk diperkirakan mencapai 150 juta jiwa.

Dengan demikian, ada sekitar 30 juta masyarakat Bangladesh berada di bawah garis kemiskinan. Ditambah lagi massalah ekonomi ini ketimpangan sosial dan pengangguran yang menjadi masalah besar pemerintah setempat.

7. Memiliki Delta Sungai Terluas

Delta Bengal merupakan delta sungai terluas di dunia. Delta ini memiliki luas mencapai 105.000 kilometer persegi dan diapit oleh sungai-sungai yang berada dari pegunungan Himalaya seperti Ganges dan Brahmaputra.

8. Memiliki Pantai Terpanjang Ketika di Dunia

Pantai terpanjang ketiga di dunia juga ada di negara Bangladesh. Nama pantai ini adalah Cox’s Bazar yang berada di Teluk Bangle bagian selatan. Pantai dnegan panjang 120 km ini sangat populer dikalangan peselancar.

Banyak penduduk setempat yang mengumpulkan mutiara, kerang dan ikan di sekiatar pantai sebagai mata pencarian. Bahkkan, pantai ini juga sangat indah untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam.

Demikianlah fakta seputar negara Bangladeh yang banyak ditutupi. Apakah Anda tertarik mencari tahu lebih dalam soal negara ini? ikuti terus informasinya hanya di sini ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya