Fakta Menarik Negara Malaysia yang Jarang Terpublis

 

Siapa yang tidak tahu dengan negara Malaysia? Negara yang menjadi jiran dari negeri kita tercinta. Negara ini juga dikenal karena tempat kartun tersohor seperti Upin-Ipin diproduksi. Negara ini juga menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Asia Tenggara.

Bahasa yang digunakan negeri jiran ini merupakan bahasa melayu yang menjadi cikal bakal dari bahasa Indonesia. Buat kamu yang tertarik mengetahui fakta menarik negara ini, yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Bendera Dibuat oleh Seorang Arsitek

Bendera Malaysia dibuat oleh seorang arsitek bernama Mohammad Hamzah, ia bekerja di Departemen Pekerjaan Umum berusia 29 tahun pada 1963. Mohammad memenangkan sayembara yang diadaikan untuk merancang bendera baru setelah Federasi Malaya menggantikan Persatuan Malaya.

2. Nama Tua Malaysia

Seorang ahli geografi Yunani-Romawi Ptelemy memberikan nama kepada Malaysia dengan nama Aurea Chersonesus yang artinya “Semenanjung Emas”. Nama ini ditemukan di dalam buku berjudul Ptolemy Geographia yang ditulis sekitar tahun 150 M.

3. Kesultanan Tertua di Dunia

Malaysia sendiri bersama 9 kesultanan atau diperintahkan oleh seorang sultan serta 4 negara bagian yang diperintahkan oleh Yang di Petuan Negeri (gubernur jika di Indonesia). Sembilan kesultanan Malaysia ini adalah: Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, perlis dan Trengganu.

Kesultanan Kedah menjadi kesultanan yang paling awal berdiri di Semenjanjung Malaya dan merupakan kesultanan tertua di dunia, berdiri sekitar tahun 1136 M. Awal kesultanan Kedah ini masih berkaitan dengan Hindu dan menjadi kesultanan Islam.

4. Zona Waktu Berubah 8 Kali

Penyesuaian zona waktu pertama kali dilakukan oleh negara Malaysia pada tahun 1932 dan waktu ini dimajukan selama 20 menit untuk memperpanjang siang hari. Pada tahun 1941, waktu kemudian dipercepat lagi menjadi 10 menit.

Kemudian berubah lagi pada tahun 1942 dipercepat dengan mengikuti waktu Tokto, pada tahun 1945 Malaysia kembali ke waktu awal yang ditetapkan pada tahun 1941.

Akhirnya tanggal 1 Januari 1982, seorang tokoh bernama Tun Dr. Mahathir membuat penyesuaian waktu terakhir dengan mendorong waktu maju 30 menit, maksudnya adalah untuk menyelaraskan dengan wailayah Sabah dan Sarawak.

5. Memiliki Program Wajib Militer

Wajib militer pertama kali dimulai pada tahun 60-an. Di era sekarang wajib militer dilakukan selama tiga bulan yang dimulai sejak tahun 2003. Tetapi percobaan pertama Malaysia ini diberlakukan wajib militer pada tahun 1962, konfrontasi Indonesia membuat pemerintah Malaysia mendorong pemuda berusia 21-28 tahun untuk mengikuti pelatihan militer selama dua tahun.

6. Bundaran Jalan terbesar di Dunia

Negara Malaysia memiliki bundaran jalan terbesar di dunia. Bundaran ini bernama Sultan Salahudin Abdul Aziz Shah Perisa yang berada di Putra Jaya dengan diameter 3.5 km.

7. Memiliki Gua Bawah Tanah Terbesar

Negara Malaysia juga memiliki gua bawah tanah terbesar di dunia yang berada di Taman Nasional Gunung Mulu di wilayah Sarawak. Gua bawah tanah ini memuat dua puluh pesawat jet Boeing 747 yang terparkir memenuhi gua.

Menarik ya seputar Fakta dari negara jiran Indonesia ini. Ayo koment di bawah kamu mau tahu soal negara apalagi. Terimakasih sudah membaca sampai habis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya