Fakta Negara Brunei Darussalam, Auto Ingin Jadi Warganya

 

Fakta negara Brunei Darussalam sebagai salah satu negara terkaya di Asia Tenggara membuat warganya hidup sejahtera. Cadangan minyak dan gas alam sebagai penggerak sumber kekayaan mereka.

Selain fakta di atas, negeri Sultan Hassanal Bolkiah ini juga memiliki fakta menarik lainnya. Apa saja kira-kira ya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Arti Brunei Darussalam

Nama Brunei Darussalam artinya “tempat tinggal yang damai” sebagian besar benar mengingat standard hidup di negara ini lebih tinggi dan harapan hidupnya lebih lama (rata-rata 75.93 tahun pada 2020) dan fakta ini lebih banyak dari negara tetangga di Asia Tenggara.

2. Monarki Mutlak dan Memiliki Keputusan Akhir

Sultan Brunei merupakan raja mutlak negara tersebut. Ia memegang jabatan penting, seperti Perdana Menteri, Menteri Pertahanan dan Menteri Keuangan negara ini. Dia juga memiliki otoritas eksekutif penuh sebagai kepala negara.

Brunei Darussalam juga memiliki parlemen, tidak ada pemilihan umum yang diadakan dalam beberapa dekade terakhir. Sistem hukum negara ini berdasarkan pada hukum umum Inggris dan hukum Syariah Islam.

3. Tempat Tinggal yang Damai

Fakta Brunei Darussalam selanjutnya adalah menempati peringkat lebih tinggi tentang Indeks Pembangunan Manusia (43 secara keseluruhan dalam indeks) daripada semua negara lain yang berada dalam kawasan Asia Tenggara.

4. Negara Paling Taat Se Asia Tenggara

Negara Brunei Darussalam dinobatkan sebagai negara Islam paling taat di Asia Tenggara. Masjid-masjid indah menghiasi negari ini. pengunjung masuk ke dalam masjid di luar waktu sholat dan memakai pakaian yang pantas.

5. Memiliki Monumen Rayakan Keuntungan Minyak yang Diproduksi

Minyak berperan penting bagi perekonomian Brunei. Produksi minyak mentah dan gas alam menyumbang 90% dari penggerak ekonomi negara tersebut. Ladang mintak darat di Seia Brunei merupakan salah satu ladang minyak yang paling penting.

Pada tahun 1991, sebuah monument disebut sebagai Monumen Miliar Barel dibangun untuk merayakanproduksi barel minyak miliaran ladang minyak Seria.

6. Negara Brunei Ramah Spesies Satwa Liar

Negara Brunei Darussalam berhasil melestarikan 70% hutan hujan meskipun terdapat tekanan pembangunan. Hutan ini ramah terhadap spesies flora dan fauna yang paling terancam. Macam dahan Sunda, bekantan, rangkong, kadal terbang dan buaya air asin dan beberapa spesies satwa liar paling terkenal.

7. Sultan Adalah Raja Terlama Kedua di Dunia

Raja Brunei ini berkuasa saat ini Hassanal Bolkiah, naik tahta pada tanggal 5 Oktober 1967. Lebih dari 50 tahun pemerintahan, ia menjadi raja terlama kedua di dunia setelah rekor terlama dipegang oleh Ratu Elizabeth II dari Inggris.

8. Masjid paling Sempurna Di Dunia

Masjid-masjid di Brunei Darussalam dikenal begitu indah, sangat mempesona dan masjid terbesar di dunia. Unsur tradisonal dan futuristic terpadu begitu sempurna dalam arsitektur masjid tersebut. Misalnya saja, Masjid Omar Ali Saifuddien yang memakai campuran unsure Mughal dan Melayu dalam setiap desain bangunannya.

Tak hanya itu, karpet Arab Saudi dan lampu gantung dari Inggris. Masjid Ash-Shaliheen di Brunei telihat sangat sempurna dengan masjid di Marrakesh, Maroko. Negara ini memiliki masjid yang berdiri di atas sungai.

Bagaimana? Setelah membaca fakta menarik dari negara Brunei Darussalam, auto ingin jadi warganya gak? Sejahtera banget ya penduduknya, mari kita doakan supaya Indonesia bisa mensejahterakan seluruh rakyatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya