Fakta Menarik Negara Bahrain yang Disebut Sebagai Negara Paling Bebas

 

Membahas tentang negara Bahrain, yang terlintas di ingat kita mungkin soal negara yang pernah bertanding sepak bola dengan Indonesia. Atau jika Anda pernah membaca dan mendengar sebuah pemberiaan tentang pembalas nasional Indonesia yang berlaga di Formula 1 Bahrain pada tahun 2016.

Untuk mengenal lebih dalam tentang negara yang berada di kawasan Timur Tengah atau Teluk Persia ini, kami akan membagikan informasi seputar fakta menarik negara Bahrain yang disebut sebagai negara paling bebas. Langsung saja yuk, sikat ulasan di bawah ini.

1. Negara Penghasil Mutiara Laut

Negara Bahrain terkenal sebagai salah satu negara penghasil mutiara terbaik di dunia. Sampai-sampai budidaya mutiara yang dilakukan secara tradisional masuk dalam stius warisan dunia UNESCO  World Heritage List pada tahun 2012 silam.

2. Penghasil Minyak Terbesar

Tak hanya penghasil mutiara laut terbaik, ternyata negara Bahrain juga menyimpan kandungan minyak Bumi terbesar. Bahkan minyak Bumi menjadi ekspor negara ini sekaligus penggerak pertama perekonomiannya. Dalam satu hari, Bahrain mampu memproduksi minyak Bumi hingga 50.000 barrels/hari.

3. Menjamin Hak Perempuan

Selain menganut kebebasan dalam beragama, Bahrain juga menhargai kedudukan perempuan dalam hal politik serta mendorong pengarustutamaan gender. Pada tahun 2002, Undang-undang Dasar baru Negara Bahrain mengizinkan perempuan untuk memilih. Tidak hanya itu, sekarang posisi Menteri juga diduduki oleh seorang perempuan.

4. Penduduk Pendatang Lebih Banyak

Pada tahun 2018, jumlah penduduk negara Bahrain mencapai 1.569 juta jiwa. Jumlah ini 54% merupakan warga pendatang. Jadi jumlah penduduk asli negara Bahrain hanya sekitar 46% saja. penduduk pendatang itu banyak berasal dari India, Bangladesh, Pakistan, Filipina, Indonesia, Afrika, Amerika, Eropa dan negara lainnya.

5. Pantai untuk Orang Kaya

Bagi Anda yang baru mengetahui ini, sebaiknya jangan terkejut ya. Bahwa pantai indah di negara ini tidak bisa dinikmati sembarangan orang. Karena, pantai-pantai indah ini sepenuhnya dikuasai oleh keluarga kerajaan, dan sisanya untuk para orang kaya di negara Bahrain.

Hanya sekitar 5% saja yang boleh dikunjungi untuk umumn, hal ini dapat diartikan bahwa pantai di Bahrain hanya bisa dinikmati orang kaya saja.

6. Negara Arab Pertama yang Menjadi Tuan Rumah Gulf Air Gran Prix

Pada tanggal 17 Maret 2004, Negara Bahrain membangun sebuah sirkuit berkelas Internasional yang tujuan digunakannya untuk pergelaran even balap motor lokal. Pada tahun yang sama, Bahrain dipercaya untuk menjadi tuan rumah Gulf Air Gran Prix. Ini membuat negara Bahrain menjadi tuan rumah pertama menjadi tuan rumah even akbar tersebut.

Even lainnya yang pernah digelar antara lain adalah Drag Racing, Grand Prix, V8 Super Cars dan Desert 400.

Demikianlah 6 fakta menarik negara Bahrain yang mendapat julukan sebagai negara paling bebas di kawasan Timur Tengah. dari deretan fakta itu, mana yang baru Anda ketahui sekarang?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya