Fakta Negara India yang Jarang Diketahui

 

India adalah salah satu negara yang berada di kawasan Asia Selatan. Negara demokrasi terbesar di dunia ini bersebelahan dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, Laut Arab, dan Teluk Benggala.

Negara yang beribukota di New Delhi ini menjadi negara terbesar ke-7 di dunia, yang memiliki luas mencapai 3.287.263 km persegi. India memiliki 28 negara bagian yang terdiri dari 8 wilayah persatuan.

Fakta bahwa negara India tidak memiliki agama resmi, namun lebih dari 80% waga India beragama Hindia dan sisanya beragama Islam, Buddhisme, Sikhisme dan Jainisme. Selain fakta-fakta di atas, India memiliki beberapa fakta unik lainnya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Negara Terpadat Kedua Di Dunia

Negara India adalah salah satu negara terpadat yang ada di dunia. India menjadi negara terpadat kedua di dunia setelah Tiongkok dengan jumlah penduduk sekitar 1.2 miliar jiwa.

Menariknya lagi, India memiliki keluarga terbesar di dunia dimana sejarah pernah mencatat seorang pria bernama Ziona Chana memiliki sekitar 39 istri dan 94 anak serta 33 cucu. Keluarga besar di dunia ini juga tinggal dalam sebuah rumah yang memiliki 100 kamar.

2. Memiliki Jaringan Kantor Pos Terbesar di Dunia

Dibandingkan negara lain, India memiliki jaringan kantor pos terbesar di dunia. Terdapat sekitar 150.000 kantor pos di Indoa. Menariknya lagi, ada sebuah kantor pos terapung di India yaitu terletak di Danau Dal Srinagar. Kantor pos ini diresmikan pada tahun 2011 silam.

3. Negara Berbahasa Inggris Terbesar Kedua Di Dunia

Bahasa resmi di India menggunakan bahasa Hindi. Selain bahasa Hindi, Bahasa Inggris juga menjadi bahasa sehari-hari yang digunakan India. Bahkan India menjadi negara pengguna bahasa Inggris terbesa kedua di dunia, setelah negara Amerika Serikat (AS).

4. Produsen Rempah-Rempah Terbesar Di Dunia

Rempah-rempah menjadi bumbu masakan yang wajib ada di India. Menariknya lagi, India menjadi produsen rempah-rempah terbesar di dunia. Komoditas ini menyumbang sekitar 12.98% dari totoal luas wilayah dan sekitar 11.5% dari total produksi tanaman hortikultura di India.

Negara dengan penduduk terbesar di dunia ini memproduksi sekitar 6 juta MT rempah-rempah setiap tahun dan sekaligus mengekspor 180 rempah ke lebih 160 negara dengan 3.700 eksportir yang telah terdaftar, seperti beberapa negara Timur Tengah, salah satunya ke Negara Afghanistan.

5. Terdapat Satu Tujuh Keajaiban Dunia

India adalah salah satu rumah bagi tujuh keajaiban dunia, Tak Mahal. Keajaiban dunai ini dibangun pada tahun 1631 oleh seorang kaisar bernama Mughal Shah Jahan sebegai bentuk penghormatan terhadap istrinya yang meninggal yaitu Mumtaz Mahal pada tahun 1631, yang telah melahirkan anak ke-14.

Pembangunan monument ini sangat megah karena berasal dari sleuruh kekaisaran, Asia Tengah dan Irak, diperkirakan total pekerjanya mencapai 22.000 buruh. Selain itu, pembangunan Taj Mahal dibantu oleh 1.000 tenaga gajah. Lama pembangunannya juga tidak tanggung-tanggung, yaitu selama 22 tahun untuk merampungkannya.

Demikianlah fakta menarik dari negara India yang jarang Diketahui orang. Apakah kamu tertarik melancong ke negara Bollywood ini?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya