Profil Negara Arab Saudi


Berbicara tentang Negara Arab Saudi, tentu yang terlintas di pikiran kita adalah Makkah, yakni tempat di mana umat muslim menjalankan ibadah rukun Islam yang ke-5. seperti halnya yang dilakukan oleh Raffi Ahmad, Naufal Samudra, Naomi Zaskia, dan masih banyak lagi.

Arab Saudi atau Saudi Arabia merupakan salah satu Negara penghasil dan pengekpor minyak terbesar di Dunia yang terletak di kawasan Asia Barat Daya atau kawasan Timur Tengah.

Negara yang memiliki nama lengkap Kingdom of Saudi Arabia atau Kerajaan Arab Saudi ini mencakup hampir keseluruhan semenanjung Arabia dan memiliki luas wilayah 2.149.690 km2 dengan jumlah penduduk 28.517.770 jiwa pada tahun 2017. 

Profil Negara Arab Saudi

Nama Lengkap : Kerajaan Arab Saudi (Kingdom of Saudi Arabia)

Nama Lokal : Al Mamlakah al Arabiyah as Suudiyah/ المملكة العربية السعودية

Bentuk Pemerintahan : Monarki Absolut (Kerajaan)

Kepala Negara : Raja SALMAN bin Abd al-Aziz Al Saud

Kepala Pemerintahan : Raja SALMAN bin Abd al-Aziz Al Saud

Badan Legislatif : مجلس الشورى / Majlis asy-Syura

Ibukota          : Riyadh

Semboyan : لا إله إلا الله محمد رسول الله Lā ʾilāha ʾillā-llāh, Muḥammadur rasūlu-llāh (Arab: "Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah")

Luas Wilayah : 2.149.690 km2

Jumlah Penduduk : 28.571.770 jiwa (data 2017)

Pertumbuhan Penduduk : 1,45% (data 2017)

Bahasa          : Arab

Suku Bangsa : Arab (90%), Afro-Asian (10%)

Agama : Islam

Mata Uang : Saudi Riyal/ (ر.س) (SAR)

Hari Nasional : 23 September 1932 (Hari Bersatunya Kerajaan Arab Saudi)

Lagu Kebangsaan : Aash Al Maleek (Long Live Our Beloved King)/ سارعي

Kode Domain Internet :  .sa dan السعودية.

Kode Telepon : +966

Zona Waktu : Waktu Standar Arab (AST) (UTC+3)

Situs Resmi Kepresidenan : https://www.my.gov.sa/ 

Pendapatan Domestik Bruto (PDB) : US$1.789 triliun (data 2017)

Pendapatan Per Kapita : USD. 55.300,- (data 2017)

Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

Batas-batas wilayah Arab Saudi adalah:

- Bagian Utara : berbatasan dengan Yordania dan Irak

- Selatan         : Oman dan Yaman

- Bagian Barat : Mesir, Israel dan Laut merah

- Timur : Kuwait, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Teluk Persia

Pembagian Administratif

Negara Arab Saudi terdiri atas 13 region yatiu: (Arab: مناطق إدارية; manatiq idāriyya, sing. منطقة إدارية; mintaqah idariyya). Region dibagi lagi menjadi 118 kegubernuran (bahasa Arab: محافظات; muhafazat, sing. محافظة; muhafazah).

Jumlah ini termasuk ke dalam 13 ibu kota daerah, yang memiliki status yang berbeda sebagai kotamadya (Arab: أمانة; amanah) yang dipimpin oleh walikota (Arab: أمين; amin). Di bawahnya terdapat sub-gubernur (bahasa Arab: مراكز; marakiz, sing. مركز; markaz).

Berikut adalah daftar region yang ada di Negara Arab Saudi: 

1.Bahah

2. Hududusy Syamaliyah

3. Jauf

4. Madinah

5. Qasim 

6. Riyadh

7. Syarqiyah (Provinsi Timur)

8. ‘Asir

9. Ha’il 

10. Jizan

11. Makkah

12. Najran

13. Tabuk

Bendera Arab Saudi



Geografi

Letak astronomis negara Arab Saudi berada pada 15°LU hingga 32°LU dan 34°BT hingga 57°BT. Letak geografis Arab Saudi berada di antara Laut Merah dan Teluk Persia.

Luas wilayah negara Arab Saudi secara keseluruhan adalah 2.240.000 km². Secara geografis, Arab Saudi menempati empat per lima daratan Semenanjung Arab dan merupakan negara terluas di Asia Barat. 

Permukaan terendah dari Negara ini berada di Teluk Persia dan Jabal Sauda’ pada ketinggian 3.133 meter adalah titik tertingginya. Gurun yang terkenal berada di bagian selatan Arab Saudi yang dijuluki “Daerah Kosong”.

Demografis

Populasi penduduk Arab Saudi pada bulan Juli 2013 diperkirakan mencapai angka 26.8 Juta termasuk di dalamnya 5.5 juta dan 10 juta imigran non-nasional, walaupun sulit untuk mendapatkan data akurat secara kecenderungan historis pemerintah Saudi yang suka meningkatkan hasil sensus.

Agama

Hampir seluruh penduduk Arab Saudi beragama Islam. perkiraan populasi Sunni Arab Saudi berkisar antara 75% dan 90% dengan sisa 10-25% adalah menganut aliran Syiah.

Bahasa

Bahasa resmi Negara Arab Saudi menggunakan bahasa Arab. Untuk Isyarat menggunakan bahasa utama bagi komunitas tuna rungu di kerajaan. 

Ekonomi

Dalam bidang perekonomian, Negara Arab Saudi memiliki sekitar 16% cadangan minyak bumi dunia dan menduduki peringkat sebagai Negara dengan ekspor terbesar di dunia. Sektor minyak menyumbang sekitar 87% anggaran belanja dan 47% pendapatan domestic bruto (PDB) Arab Saudi.

Itulah tadi penjelasan tentang profil Negara Arab Saudi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Posting Komentar

0 Komentar