Fakta Menarik Arab Saudi yang Jarang Diketahui


Arab Saudi adalah negara terbesar di Asia yang menempati urutan kelima secara geografis. Negara dengan luas 2,15 juta km2 ini menjadi destinasi impian seluruh umat Islam untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji setiap tahunnya.

Negara yang berada dalam pimpinan Raja Salman ini menjadi negara pewaris sejarah yang membentang di Semenanjung Arab Utara dan tengah. Di dataran baratnya, Arab Saudi berada di sepanjang Laut Merah.

Negara ini merupakan tempat lahirnya agama Islam dan rumah bagi situs kota-kota paling suci agama tersebut, yakni Mekah dan Madinah. Di sebelah Timur, di sepanjang Teluk Persia, terdapat lading minyak melimpah yang membuat Arab Saudi identic dengan kekayaan minyak bumi sejak 1960-an.

Ketiga elemen, yakni agama, kesukuan, dan kekayaan tak terhingga mengobarkan sejarah negara tersebut. Selain itu, terdapat juga beberapa fakta menarik seputar Arab Saudi yang jarang diketahui orang. Apa saja itu? Berikut penjelasannya!

1. Negara yang Menerapkan Hukum Islam

Arab Saudi menjadi satu-satunya negara di dunia yang menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai konstitusinya. Di luar hukum syariah, maklumat kerajaan (nizam) juga dikeluarkan, namun harus tetap sejalan dengan syari’at Islam.

Hukum Islam yang diterapkan di negara ini salah satunya adalah hudud. Hudud ialah hukum Islam tentang pengadilan dan hukuman kejahatan paling serius, seperti perzinahan, pembnuhan, dan pencurian.

Hukuman tersebut berupa pencambukan, amputasi, pancung atau pemenggalan. Negara Arab Saudi juga melarang keras adanya tindakan homoseksual.

2. Tempat Berkumpulnya Jutaan Umat Islam

Pada pertengahan abad ke-20, sebagian besar Arab Saudi masih meganut gaya hidup tradisional yang sudah berubah sedikit selama ribuan tahun. Sajak saat itu, laju kehidupan di sana semakin cepat.

Terdapat arus konstan peziarah yang dating ke Mekah dan Madinah di mana kerumunan besar tiba untuk melangsungkan haji tahunan. Lebih banyak lagi, peziarah berkunjung ke sana untuk umrah seperti Naufal Samudra dan Dinda Kirana.

Sekitar dua juta orang melaksanakan ibadah haji setiap tahun dan ritual tersebut berfungsi sebagai kekuatan pemersatu dalam Islam dengan mengumpulkan pengikut dari berbagai negara dan latar belakang.

3. Memiliki Gedung Tertinggi di Dunia

Negara ini memiliki gedung pencakar langit tertinggi di dunia, yang tak lain adalah Jeddah Tower (3.280 kaki). Menara Jeddah mengalahkan tingginya Burj Khalifah di Dubai yang dulunya merupakan gedung tertinggi di dunia.

Komplek negara ini adalah proyek komersil dan perumahan seluas 5,3 juta meter2, yang akan menampilkan rumah, kantor, hotel, dan tempat-tempat wisata di pusat kota Jeddah.

4. Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Arab Saudi merupakan negara kaya raya dan merupakan penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan jumlah 10.95 juta barel per hari. Minyak bumi yang dihasilkan berkontribusi terhadap 12.2 % produksi minyak dunia dan menyumbang 87% pendapatan negara pada 2021.

5. Aturan Ketat Larangan Merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika Arab Saudi mengharamkan rokok dan mengatur ketat penjualan rokok. Larangan merokok diterapkan di tempat umum, seperti perkantoran, masjid, rumah sakit, stadion, sekolah, transportasi umum, dan lain-lain.

Pelaku usaha yang ingin memperdagangkan rokok juga harus memiliki izin kota setempat. Menurut peraturan Kementerian Kota, Pedesaan, dan Perumahan Arab Saudi, remaja di bawah usia 18 tahun tak diperbolehkan membeli rokok. Bahkan, ketika membeli rokok wajib menunjukkan bukti usia.

Negara ini juga memiliki komite khusus pengendalian tembakau. Jika ketahuan merokok, akan didenda sekitar 18 juta rupiah. Untuk jamaah haji yang ketahuan merokok di wilayah Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan hotel-hotel terdekat juga akan didenda sekitar Rp 800 ribu.

Itulah tadi 5 fakta menarik seputar Arab Saudi yang jarang diketahui. Selamat membaca dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!

Posting Komentar

0 Komentar