Fakta Menarik Negara Singapura yang Jarang Diketahui


Singapura merupakan salah satu negara kecil yang berada di ujung Semenanjung Malaysia. Walau hanya berukuran 682,7 km2 dan tidak berbeda jauh dengan luas DKI Jakarta, namun kemajuan teknologinya tak bisa dipandang sebelah mata.

Hal ini dikarenakan letak Singapura yang sangat strategis. Kapal kargo yang keluar atau masuk dari negara-negara seperti Cina, Korea, Jepang, yang akan ke negara-negara Eropa, Afrika, maupun Timur Tengah banyak yang melewati Singapura.

Selain dikenal sebagai negara yang kaya, terdapat begitu banyak fakta menarik seputar negara Singapura yang jarang diketahui. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Hanya 1 Pulau yang Dihuni

Negara ini memiliki 64 pulau. Namun uniknya hanya ada 1 pulau saja yang dihuni. Sebab 63 pulau lainnya berada di lepas pantai. Sebagian pulau dimanfaatkan sebagai tempat latihan militer. Namun sebagian besar, pulau-pulau kecul di Singapura tak berpenghuni.

2. Bahasa Melayu Merupakan Bahasa Nasional Singapura

Banyak orang yang mengetahui bahwa Singapura merupakan negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional. Akan tetapi, anggapan tersebut kuranglah tepat. Sebab, bahasa Melayu lah yang menjadi bahasa nasional negara Singapura.

Terdapat istilah Singlish untuk menyebutkan bahasa Inggris dengan aksen Singapura. Singlish kerap digunakan dengan mencampurkan berbagai kata dengan dialek dalam bahasa Mandarin dan Melayu.

3. Lagu Kebangsaan Singapura Ditulis Oleh Orang Bukittinggi

Tak banyak yang mengetahui bahwa ternyata pencipta lagu nasional Singapura yang bejudul Majulah Singapura diciptakan oleh seorang musisi asal Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) yang bernama Zubir Said.

Lagu Majulah Singapura diciptakan Zubir Said pada 1958 dan diserahkan kepada Dewan Kota Singapura untuk merayakan Victoria Theatre of Commerce Ensemble. Lagu ini kemudian diputar ulang sebagai lagu kebangsaan Singapura pada tanggal 3 Desember 1959.

4. Menjadi Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia

Memiliki jumlah penduduk sekitar 5,89 juta jiwa, negara ini mendapatkan predikat sebagai negara dengan Intelligence quotient (IQ) tertinggi di dunia. Singapura juga menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang masuk ke dalam daftar top 10 negara dengan IQ tertinggi.

Seperti yang dikutip dari laman World Population Riview, penduduk Singapura memiliki rata-rata IQ sebesar 107,1.

5. Membeli Mobil di Singapura Wajib Memiliki Sertifikat Khusus

Jika kamu ingin membeli mobil di Indonesia, tentunya hanya bermodalkan uang saja. Namun berbeda dengan Singapura, seseorang yang ingin memiliki mobil harus memiliki sertifikat khusus.

Untuk memilikinya, sertifikat mobil dihargai dengan nominal harga paling rendah S$ 50.000 atau sekitar Rp. 530an juta. Selain itu, sertifikat ini hanya berlaku selama 10 tahun saja dan tidak bisa digunakan untuk membeli mobil lain.

Itulah tadi penjelasan tentang fakta menarik negara Singapura yang jarang diketahui. Negara ini juga kerap dijadikan sebagai destinasi wisata oleh kalangan artis tanah air seperti Erika Carlina, Vita Alvia, dan Randy Pangalila loh.

Posting Komentar

0 Komentar