Rekomendasi Tempat Wisata di Asia Tengah

 


Kawasan Asia Tengah menyimpan berbagai destinasi wisata yang bisa djadikan pilihan saat ingin menikmati liburan, mulai dari daerah pegunungan, dataran tinggi dan gurun. Lokasi tersebut tentunya akan memberikan pengalaman berharga bagi para wisatawan.

Selain itu, Asia Tengah juga terkenal dengan destinasi budayanya yang menjadi lokasi percampuran berbagai budaya di dunia.

Lantas, apa saja destinasi wisata yang populer disana? Berikut dijelaskan beberapa spot di Asia Tengah yang wajib kamu kunjungi.

1. Cholpon Ata


Cholpon Ata dikenal sebagai kawasan wisata yang terkenal di Kazakhstan. Namun sayangnya, kawasan ini masih sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Padahal, kota ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau.

Di kota ini kamu dapat melihat sebuah desa dengan kondisinya yang begitu tenang dan sering dijadikan tempat terapi bagi orang yang mengidap sakit berkepanjangan. Disana kamu juga bisa menyaksikan langsung batu berukir yang konon katanya sudah ada sejak abad ke-8 sebelum masehi.

2. Taman Nasional Burabay


Taman Nasional Burabay berlokasi di 260 kilometer ke arah utara Astana, Republik Kazakhstan. Di daerah ini, para wisatawan bisa menjelajahi hutan-hutan pinus, batu-batu besar dan danau yang sunyi.

Taman nasional ini memiliki beragam flora mencapai 800 jenis, dan ragam fauna lebih dari 300 jenis. Puncak tertinggi di Burabay ini adalah Gunung Biru. Menurut legenda, Burabay tercipta saat penciptaan dunia, Dewa tertinggi juga menciptakan seseorang bernama Kazakh.

Konon katanya, Dewa hanya memberinya sebuah padang rumput luas seakan tidak bertepi, lalu Ia protes agar diberi bagian Bumi yang lebih indah. Saat itulah tas yang dibawa oleh Dewa tersebut robek, dan keluarlah bagian-bagian Bumi yang belum diciptakan, seperti pepohonanm gunung, air, kemudian jatuh ke Burabay.

3. Banteng Nurata Peninggalan Aleksander Agung


Terdapat kota kecil bernama Nurata yang jaraknya 200 kilometer ke arah barat laut dari Kota Samarkand, Republik Uzbekistan. Kota ini dikenal sebagai kota penambangan hasil bumi.

Menurut legenda, kota ini dulunya terbentuk karena jatuhnya meteorit selama berabad-abad di mala lampau. Bekas tubrukan dari meteorit dan Bumi tersebut kini terdapat mata air yang disebut sebagai mata air penyembuhan berbagai penyakit.

Para wisatawan biasanya tidak akan melewatkan momen untuk mengunjungi situs banteng kuno, Benteng Nurata. Banteng ini terbuat dari bahan-bahan alam, seperti pasir dan batu. Aleksander Agung mendirikan banteng ini untuk melindungi Nurata dari serangan musuh.

4. Rumah Tradisional Yurt


Danau Song Kol terletak di selatan Kota Bishkek, ibukota Republik Kirgizstan yang jaraknya mencapai 400 kilometer kea rah selatan. Danau tersebut berada di dataran tinggi sehingga akan tertutup oleh salju ketika musim dingin tiba.

Para wisatawan di rekomendasikan untuk berkunjung ke danau Song Kolo pada musim panas di antara bulan Juni hingga September. Di tepi danau Song Kol, terdapat daerah perkemahan Yurt. Puluhan Yurt didirikan sebagai tempat mengintai para pelancong dari berbagai negara.

Yurt merupakan daerah perkemahan tradisional bangsa Mongol yang dapat dibongkar pasang. Ketika di dalam Yurt akan terasa hangat karena dilapisi oleh bulu domba dan anyaman ilalang.

5. Pintu Neraka di Derweze


Derweze merupakan sebuah desa kecil di Turkmenistan yang berjarak sekitar 270 kilometer dari ibukota negara, Ashgabat. Dalam bahasa Turkmrn, Derweze bermakna gerbang. Di desa tersebut terdapat sebuah lokasi yang dikenal sebagai pintu neraka.

Akan tetapi, sebenarnya itu adalah karena adanya kesalahan proyeksi dari para insinyur Uni Soviet di tahun 1971. Mereka menggali lubang di lokasi tersebut untuk mencari lading gas baru.

Namun, karena mengira bahwa gas itu beracun, merekapun kemudian membakarnya. Hingga saat ini, api tersebut belum juga padam. Gas dari dalam Bumi terus bermunculan dan diperkirakan suhu dalam kawah tersebut mencapai 1.000 derajat Celcius.

Nah, itulah tadi beberapa destinasi wisata yang ada di Asia Tengah yang bisa menjadi rekomendasi untuk menjadi tempat berliburmu. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengunjunginya?

Posting Komentar

0 Komentar