5 Kota Terkotor di Asia, Temasuk Indonesia

Kota atau negara bersih yang bebas polusi, lingkungan hijau dan segar merupaka impian setiap orang untuk ditinggali. Bahkan banyak orang-orang dari luar negara lain yang merencanakan kunjungan ke sebuah kota yang indah dan bersih yang nyaman untuk ditinggali.

Berbicara dengan tempat atau kota yang bersih pasti terdapat juga sebuah kota atau negara yang bisa dikatakan sebagai negara terkotor.

Kali ini kita fokus membahas negara yang memiliki kota-kota terkotor di Asia. Dilansir dari Forbes ada kota-kota di negara Asia yang dikategorikan sebagai kota terkotor.

Dikatakan sebagai kota terkotor bisa karena polusi, penumpukan sampah dan lain sebagainya. Berikut ini deretan kota terkotor di Asia yang perlu kamu ketahui:

Dhaka, Bangladesh

Berdasarkan laporan UNICEFF,  permukiman kumuh di ibu kota Bangladesh kurang memiliki akses terhadap air bersih, sanitasi, dan pengelolaan limbah.

Drainase perkotaaan tertutup sampah sehingga menambah kesan kotor. Polusi udara yang cukup parah dan dipicu oleh indusri-industri di Dhaka juga menambah nilai kotor kota.

Kota Dhaka adalah ibukota negara Bangladesh memiliki tempat-tempat menarik seperti Kuil Dakeshwari, Istana Bara Katra, Hoseni Dalan, Benteng Lal Bagh dan Jatiyo Sangshad Bhaban (gedung parlemen Bangladesh).

Mumbai, India

Permasalah kota Mumbai adalah warganya yang berjumlah sekitar 19 juta orang tidak mendapatkan air bersih dan tidak adanya tempat pembuangan sampah.

Kota ini semakin kotor karena polusi udara yang disebabkan oleh asap knalpot kendaraan, debu konstruksi, dan emisi industri.

Menurut Times of India, Polusi akibat emisi industri dilaporkan telah menyebabkan kematian warga yang berusia 30 tahun sebanyak lebih dari 80.000 orang.

New Delhi, India

Tak hanya Mumbai, di India masih ada kota terkotor yaitu kota New Delhi. Di ibukota India yang ramai akan penduduknya yang berjumlah 17 juta orang, akan mudah menemukan tempat buang air kecil yang kotot serta berbau.

Selain itu, tumpukan sampah ada di setiap sudut jalanan kota. Polusi udara di kota New Delhi juga menyumbang kota ini menjadi kotor.

Emisi gas buang knalpot kendaraan, pembakaran lahan pertanian, dan kembang api setiap ada perayaan menjadi penyumbang polusi udara di New Delhi.

Menurut laporan Times of India, kondisi ini tidak mengherankan jika salah satu partai di India mengusulkan untuk mengadakan gerakan menyapu jalanan di malam hari dan mengenalkan rencana pengelolaan zero-waste management.

Xingtai, Tiongkok

Kota Xingtai berada sekitar 400 kilometer ke arah selatan kota Beijing dan masuk di propinsi Hebei. Kota yang disaat musim panas bisa mencapai suhu 40'C ini dinobatkan oleh koran resmi China Daily online sebagai negara paling tercemar karena tingginya partikulat di udara.

Xingtai, sebuah kota dengan 7,1 juta orang, menghasilkan polusi dari produksi batubara dan menjadi menyumbang terbesar perekonomian di Tiongkok.

Kota-kota lain di sekitar provinsi Hebei pun juga terkena imbas polusi dan masuk dalam urutan teratas dalam kota-kota yang tercemar di Tiongkok.

Kalimantan, Indonesia

Dalam laporan Forbes yang mengutip laporan dari Worstpolluted.org, tidak menyebutkan kota mana yang tercemar di Kalimantan.

Laporan ini hanya menyebutkan kota-kota di semua provinsi di Kalimantan. Serangkaian penelitian menunjukkan adanya polusi parah yang mempengaruhi setidaknya 225.000 orang.

Imbas dari kebakaran hutan di sisi barat pulau Kalimantan membuat polusi udara. Kabut hasil pembakaran membahayakan bagi kesehatan organ pernafasan.

Tidak hanya karena kebakaran hutan, aktivitas tambang di Kalimantan turut andil dalam polusi di Kalimantan. Penggunaan merkuri di kalangan penambang skala kecil untuk mengekstrak emas telah menyebabkan pencemaran udara yang meluas.

Menurut penelitian LSM Pure Earth, setidaknya ada 43.000 orang Kalimantan yang hidupnya bergantung pada kegiatan pertambangan emas akan terpapar merkuri.

Posting Komentar

0 Komentar