Kota Terbersih di Asia Tenggara

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota yang berhasil dalam kebersihan serta  pengelolaan lingkungan perkotaan. Terdapat dua kriteria indikator pokok dalam mendapatkan sebutan ini, antara lain:

  • Indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota
  • Indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik) yang meliputi institusi, manajemen dan daya tanggap.

Bukan hanya di Indonesia, ternyata Asia Tenggara juga mencatat dan merumuskan kota-kota terbersih di negara-negara di wilayahnya.

Berikut ini deretan kota terbersih di Asia Tenggara 2022, simak selengkapnya!

Melaka, Malaysia

Melaka atau Malacca adalah sebuah kota kecil yang terletak di negara Malaysia. Kota berpopulasi 950 ribu jiwa tersebut dinyatakan oleh UNESCO sebagai kota sejarah di Asia Tenggara.

Kota yang memiliki bangunan gereja Protestan tertua di Malaysia ini rupanya juga menyandang salah satu kota terbersih di Asia Tenggara.

Diberitakan dalam laman The Star, kota Melaka memang sudah disiapkan oleh pemerintah Malaysia sebagai kota wisata yang menampung banyak turis mancanegara.

Tak hanya wisata, Melaka juga dikenal sebagai salah satu kota dengan rumah sakit terbaik yang ada di Asia Tenggara.

Nan, Thailand

Thailand merupakan salah satu negara Asia yang sangat terkenal dengan kawasan wisatanya. Sebelum pandemik COVID-19, kawasan seperti Bangkok, Chiang Rai, Phuket, Chiang Mai, dan lain sebagainya adalah kawasan-kawasan wisata Thailand yang tak pernah sepi pengunjung.

Namun, ada sebuah kota kecil bernama Nan yang dinobatkan sebagai kota terbersih di Asia Tenggara. Menurut berita yang ditulis dalam laman Tourism Thailand, pada 2018 lalu kota Nan dianugerahi kehormatan sebagai kota wisata terbersih.

Puerto Princesa, Filipina

Kota kecil di Filipina bernama Puerto Princesa pernah menjadi kota paling bersih sebagai kawasan wisata mandiri, dicatat dalam laman The National News.

Bahkan, program pemerintah untuk menjadikan kawasan wisata ini sebagai wilayah "nol karbon" telah terwujud pada 2011 lalu, di mana kota berpopulasi 300 ribu jiwa itu dinobatkan sebagai kota dengan kualitas udara terbersih di Asia Tenggara.

Da Nang, Vietnam

Da Nang adalah kota modern yang terletak di Vietnam. Selain memikat hati banyak wisatawan asing, kota berpopulasi 1 juta jiwa ini juga telah menjadi salah satu kota terbersih di Asia Tenggara dan bahkan Asia secara umum.

Menurut berita yang dimuat dalam laman Bangkok Post, kota Da Nang telah lama menjadi kota yang paling nyaman dan layak untuk ditinggali. Bahkan, Da Nang juga merupakan kota yang sering mendapatkan penghargaan internasional di bidang pariwisata.

Semarang, Indonesia

Semarang telah mendapatkan penghargaan sebagai kota wisata terbersih di ASEAN oleh ASEAN Clean Tourist City Standard untuk periode 2020 - 2022. Tentu saja penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan Indonesia, terutama warga kota Semarang.

Selain bersih, banyak wisatawan asing yang kagum akan keanekaragaman budaya yang ada di kota berpenduduk sekitar 1,9 juta jiwa tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar