Bentuk Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara

Indonesia adalah salah satu negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Keberadaan Indonesia sangat diperhitungkan oleh beberapa negara tetangga dan yang lainnya.

Selain menjadi paru-paru dunia, Indonesia juga merupakan penghasil minyak atau CPO terbesar di Asia bahkan di Dunia. Hal ini lah yang menyebabkan negara Indonesia di perhitungkan.

Namun, dengan keberadaanya yang diperhitungkan di berbagai negara, tentu saja Indonesia masih memiliki kekurangan, terkhusus dalam bidang perekonomian.

Oleh sebab itu untuk menutupi segala bentuk kekurangan yang ada di Indonesia, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah tergabung dalam negara anggota ASEAN.

ASEAN

Association of Southeast Asian Nations atau biasa disebut dengan ASEAN, adalah sebuah organisasi  geo politik dan ekonomi  yang menyatukan negara-negara di Asia Tenggara.

Anggota negaranya diantara lain: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Dilansir dari Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk memberikan kesejahteraan pada warga Negara Asia Tenggara. 

ASEAN juga dibentuk untuk menjaga kedamaian antar Negara, rasa keamanan, stabilitas baik itu secara ekonomi maupun politik hingga kesejahteraan masyarakatnya.

Selain itu, tujuan ASEAN berdiri  juga meliputi kerja sama dari berbagai bidang. Dan di artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana bentuk dan contoh kerja sama ASEAN di bidang ekonomi.

Tujuan Kerjasama Asean di bidang ekonomi

Tujuan kerja sama di bidang ekonomi antar Negara ASEAN tidak lepas dari awal tujuan terbentuknya  ASEAN itu sendiri.

Dilihat secara luas, kerja sama ini dibentuk untuk mencapai harapan yang diinginkan oleh Negara ASEAN di berbagai bidang.

Namun kerjasama di bidang ekonomi sendiri tujuannya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lewat perdagangan, sosial budaya, pertanian serta industri.

Tujuan ini dilakukan berbagai anggota Negara ASEAN yang kemudian di terapkan lewat kerjasama antar anggota Negara.

Bentuk Kerjasama Indonesia dengan ASEAN

Sektor ekonomi di bidang pariwisata adalah salah satu yang di favoritkan bagi Indonesia. Alasannya, karena banyak penduduk di Indonesia sendiri yang menjadikan pariwisata sebagai pundi uang lewat hotel, restoran, villa dan sebagainya.

Dari data yang di kutip kemenpar.go.id menyatakan bahwa pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar di Indonesia.

Kekayaan alam dan budaya Indonesia sendiri menjadi daya tarik para turis asing untuk berkunjung ke Indonesia. Jadi tidak heran, jika pariwisata menjadi penyokong terbesar ekonomi negara Indonesia begitupun dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Sektor pariwisata sendiri juga bertujuan untuk membuka lapangan kerja untuk para penduduk Asia Tenggara atau ASEAN.

Kerja sama di dalam sektor pariwisata ini diharapkan menjadi perantara atau penghubung untuk memajukan ekonomi antar negara ASEAN dan juga melestarikan budaya lokal antar negara ASEAN.

 

Posting Komentar

0 Komentar