5 Fakta Menarik Negara Vietnam yang Jarang Diketahui


Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan ibu kota Hanoi. Negara ini menjadi perbincangan hangat karena keberhasilannya dalam mengatasi kasus Covid-19 tanpa adanya kematian.

Negara yang mendapat sebutan lumbung padi Asia ini berbatasan langsung dengan Republik Rakyat Cina (RRC) di sebelah utara, Teluk Tonkin dan Laut Cina Selatan sebelah timur, laut Cina Selatan di sebelah selatan, Laos dan Kamboja di sebelah barat.

Negara Vietnam ternyata  pernah berada di bawah kekuasaan pemerintah China hampir 1000 tahun lamanya. Selain fakta tersebut, masih banyak fakta menarik lainnya seputar negara Vietnam yang harus kamu ketahui. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Wilayah Vietnam Pernah Terpecah Menjadi Dua Bagian

Tahun 1954, wilayah negara Vietnam pernah terpecah menjadi dua bagian. Daratan di sebelah utara yang termasuk kelompok Komunis dipimpin oleh Ho Chi Minh mendapat dukungan dari negara China, Uni Soviet dan Vietkong.

Sementara daratan di sebelah selatan yang termasuk demokratis mendapatkan dukungan dari negara Thailand, New Zealand, Korea Selatan, dan Laos.

Kedua kelompok ini kerap terlibat peperangan yang berakhir dengan kemenangan di pihak komunis. Setelahnya, wilayah Vietnam yang sempat terpecah dapat disatukan kembali.

2. Bentuk Daratannya Menyerupai Huruf S

Jika diperhatikan di peta, wilayah daratan negara Vietnam memang menyerupai huruf S. penduduk disana sangat bangga akan hal tersebut. Ketika berkunjung ke negara lain, mereka selalu menceritakannya pada orang asing yang mereka temui.

3. Orang Vietnam Tidak Mandi Saat Pagi Hari

Tahukah kamu bahwa ternyata hampir sebagian besar penduduk Vietnam memiliki kebiasaan tak mandi saat pagi hari. Mereka biasanya hanya mandi sehari sekali, yakni di sore hari.

4. Penduduknya Lebih Senang Mengendarai Sepeda Motor

Berbeda dengan negara lain, mayoritas penduduk Vietnam lebih suka mengendarai sepeda motor dubandingkan mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari mereka. Kebiasaan tersebut dilakukan bukan tanpa alasan.

Menurut masyarakat Vietnam, pajak yang dibebankan kepada para pemilik kendaraan roda empat sangat besar jika dibandingkan dengan pemilik sepeda motor.

5. Satu-satunya Negara di Dunia yang Penduduknya Suka Mengonsumsi Darah Binatang

Vietnma menjadi satu-satunya negara di dunia yang penduduknya suka mengonsumsi darah binatang atau yang dikenal dengan nama Tiet Canch. Umumnya darah yang disukai adalah yang berasal dari anjing, babi, bebek, dan udang.

Nah, itulah tadi lima fakta menarik seputar negara Vietnam yang jarang diketahui. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi negara ini?

Posting Komentar

0 Komentar