Makanan Khas Negara Vietnam yang Menggugah Selera

Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang menarik untuk dikunjungi. Sebab, negara ini dikenal dengan peristiwa bersejarah dan kebudayaan masyarakatnya yang sangat kuat.

Bercampurnya berbagai budaya di Negara Vietnam turut membuat kuliner negara ini sangat bervariasi. Lantas, apa saja makanan khas Vietnam yang menarik untuk dicoba? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Banh Cuon


Banh cuon terbuat dari tepung beras sebagai kulitnya yang diisi dengan daging serta sayuran. Makanan khas vietnam ini biasanya disajikan sebagai menu pembuka dan wajib dinikmati dengan kuah kecap yang dicampur dengan cabai.

2. Com Tam


Beras bermutu rendah yang sering disisihkan diolah menjadi sajian menggiurkan, yakni Com Tam. Com artinya ‘nasi’, sedangkan ‘tam’ merupakan beras patah. Kualitas beras yang dianggap rendah lantaran bentuknya yang pecah dalam proses penggilingan.

Seiring berjalannya, com tam tercatat sebagai tradisi kuliner Vietnam. Hidangan yang satu ini banyak dijumpai di Vietnam Selatan yang baisanya disajikan dengan beragam lauk dan sayuran, layaknya nasi campur di Indonesia.

3. Pho


Maknaan khas Vietnam lainnya yang tak kalah menarik adalah Pho, jenis mie yang disiram dengan kuah kaldu sapi bening. Kemudian diberi toping irisan daging sapi tipis ditambah dengan sensai aroma irisan jeruk nipis dan taburan daun ketumbar.

Makanan khas Vietnam ini berasal dari Hanoi dan menyebar ke selatan dan banyak dijajakan di restoran mewah di berbagai negara. Mie yang digunakan terbuat dari tepung beras yang disajikan bersama tauge.

Jika menggunakan irisan daging sapi mentah, siraman kuah panas membuat isirsan daging jadi sedikit matang. Perlu diketahui, Pho sudah ada sebelum masa penjajahan Perancis di Vietnam.

4. Goi Cuon


Goi cuon merupakan makanan khas Vietnam mirip lumpia dengan kulit transparan. Gulungan kerta atau banh trang yang terbuat dari tepung beras dan diisi dengan sayuran segar dan potongan daging atau makanan laut.

Sebagai pelengkap hidangan, biasanya disediakan saus ikan. Hubungan tradisional ini memiliki sebutan lain, seperti lumpia Vietnam, lumpia musim panas, atau lumpia salad. Goi Cuon menjadi hidangan pembuka yang sangat populer di restoran Vietnam.

5. Nom Hoa Chuoi


Makanan yang satu ini kerap disebut salad khas Vietnam. Bahan dasarnya adalah bunga pisang yang ditambahkan dengan potongan pepaya hijau, wortel, dan suwiran daging ayam. Selanjutnya disajikan dengan saus ikan dan taburan kacang.

Agar terlihat lebih menarik, nom hoa chuoi disajikan dengan menjadikan kulit jantung pisang sebagai pengganti piring saat penyajiannya.

Itulah tadi beberapa makanan khas Vietnam yang menggugah selera. Bagaimana, tertarik untuk mencoba hidangan tersebut?

Posting Komentar

0 Komentar