Deretan Objek Wisata Indonesia yang Diakui UNESCO


Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang dikenal dengan keindahan alam, budaya, dan sejarah. Salah satu organisasi yang didirikan PBB yakni UNESCO, menetapkan beberapa wilayah di Indonesia sebagai warisan dunia yang melambangkan ketiga signifikansi tersebut.

Situs Warisan Dunia (World Heritage Center) yang diakui UNESCO menunjukkan bahwa keindahan alam, budaya,  hingga benda-benda, mencerminkan sejarah serta umat manusia. Situs-situs ini patut dilestarikan karena merupakan warisan penting untuk  generasi selanjutnya.

Lantas, apa saja destinasi wisata di Indonesia yang diakui UNESCO? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Candi Borobudur


UNESCO mengakui Candi Borobudur sebagai situs warisan dunia pada 1991 lalu. Merupaka candi terbesar di dunia, Candi Borobudur terdiri atas 1.460 relief dan 504 stupa yang dibangun pada tahun 800 M dimasa Dinasti Syailendra

Kompleks candi tersebut memiliki mahkota kubah dan merupakan seni luar biasa yang memberikan pengaruh besar. Uniknya, desain bangunan Candi Borobudur berbentuk bunga teratai, yakni bunga yang disucikan umat Buddha.

2. Candi Prambanan


Candi Prambanan yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta ini diresmikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 1991 lalu. Candi ini menampilkan kemegahan budaya klasik Indonesia sekaligus sebagai kompleks keagamaan luar biasa pada abad ke-10.

Bangunannya mengikuti arsitektur Agama Hindu, yang menampilkan Dewa Siwa sebagai candi utama dengan ketinggian mencapai 47 meter. Akibat gempa yang terjadi di Yogyakarta pada 2006 silam, bangunan candi Prambanan mengalami kerusakan parah sehingga harus direnovasi beberapa kali.

3. Taman Nasional Ujung Kulon


Taman Nasional Ujung Kulon adalah Kawasan Taman Nasional yang terletak di Pulau Jawa bagian barat. Lokasinya berada tepat di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

UNESCO menetapkan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai salah satu situs warisan dunia pada 1 Februari 1992. Kawasan seluas 122.956 hektar ini menjadi rumah bagi Badak Jawa yang sangat populer, namun saat ini telah terancam punah.

Selain sebagai taman nasional, kawasan konservasi ini juga menjadi lokasi wisata alam yang sangat luas dan menarik untuk dijelajahi. Kondisi alamnya yang masih terjaga membuat para pengunjung dapat menikmati keindahan vegetasi yang tumbuh bebas dan melihat satwa-satwa liar hidup dengan bebas.

4. Taman Nasional Lorentz


Taman Nasional Lorentz terletak di bagian Tengah-Selatan Papua yang membentang sekitar 2,4 juta hektar atau sekitar 25.056 kilometer persegi. Dengan luas tersebut, TN Lorentz ditetapkan menjadi taman nasional paling luas di Asia Tenggara.

Menurut situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, saking luasnya, TN Lorentz masuk ke dalam area 10 Kabupaten di Provinsi Papua yaitu Kabupaten Mimika, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Puncak, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Ndua, dan Kabupaten Asmat.

Satu dasawarsa kemudian, TN Lorentz kemudian diakui secara resmi dengan ditetapkannya Monumen Alam Lorentz pada masa Hindia Belanda.  Kemudian tahun 1978, pemerintah Indonesia menetapkan TN Lorentz sebagai Cagar Alam (Strict Nature Reserve).

5. Hutan Hujan Tropis Indonesia


Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera atau Tropical Rainforest Heritage of Sumatra merupakan kawasan yang terdiri dari tiga taman nasional, yakni Kerinci Seblat ,Gunung Leuser, dan Bukit Barisan Selatan.

Kawasan yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2004 ini merupakan salah satu kawasan konservasi terbesar di Asia Tenggara. Disana, kamu bisa menikmati suasana alam yang sejuk dan segar sambil ditemani alunan lagu Semata Karenamu, Bertahan Terluka, dan masih banyak lagu hits lainnya.

Itulah tadi lima destinasi wisata di Indonesia yang diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia. Lokasi wisata ini juga telah dikunjungi sejumlah aktris ternama seperti Elina Joerg, Naomi Zaskia, dan Cinta Laura loh. Nah, kamu sudah mengunjungi yang mana nih?

Posting Komentar

0 Komentar