Makanan Khas Malaysia yang Populer Dikalangan Wisatawan

Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia yang tergolong dalam wilayah Asia Tenggara. Pendudunya terdiri dari tiga etnis utama, yaitu Melayu, india, dan China. Keragaman tersebut membuat negeri Jiran ini memiliki gaya kuliner yang beragam.

Hampir semua jenis makanan khas Malaysia merupakan hasil perpaduan antara etnis Melaayu, india, China. Selain itu, gaya kulinernya juga dipengaruhi oleh etnis lainnya seperti Thailand dan Arab.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Malaysia yang populer dan wajib kamu cobaa jika sedang berlibur kesana. Simak selengkapnya di bawah ini yuk!

1. Ayam Percik


Ayam percik merupakan kuliner dengan bahan dasar ayam yang diolah menggunakaan berbagai jenis rempah. Terdapat dua jenis olahan ayam percik di Malaysia yang dibedakan berdasarkan tempatnya, yakni Kelantan dan Trengganu.

Perbedaannya terletak pada jenis ayamnya, dimana ayam percik Kelantan menggunakan saos dan bumbu dari caampuran santan dan sejumlah rempah-rempah, sementaraa ayam percik Trengganu dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga terasa lebih pedas.

Kuliner yang satu ini memiliki nama unik lantaran diolah dengan cara merendam ke dalam bumbu dan kemudian dipanggang hingga sedikit angus. Saat dipanggang, ayam juga diberi bumbu tambahaan dengan cara dipercik. Hal itulah yang mendasari nama dari olahan makanan khas Malaysia yang satu ini.

2. Ayam Pongteh


Kuliner yang satu ini dapat kamu jumpai di Malaysia dan Singapura. Ayam pongteh memiliki tammpilan yang mirip dengan semur ayam dan biasa dihidangkan dengan potongan jamur siratake dan kentang.

Ayam pongteh sebenarnya menggunakaan daging non-halal, namun di Malaysia menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya. Sajian khas negeri Jiran ini memiliki cita rasa yang khas karena dicampur dengan tauco saat dimasak.

3. Ayam Laksa Penang


Malaysia juga memiliki menu makanan laksa yang disebut dengan ayam laksa Penang. Menu makanan yang satu ini terdiri dari mie atau bihun yang disiram dengan kuah kental asam pedas, kemudian ditaburi dengan topping ikan makarel segar, nanas, selada, cabai, dan mentimun.

Ayam laksa Penang merupakan kombinasi dari masakan China dan Melayu. Makanan ini memiliki cita rasa pedas yang segar yang tentunya sangat lezat. Bagi kamu penggemar olahan makanan pedas, tentu tak boleh melewatkan kuliner yang satu ini.

4. Palak Paneer


Makanan khas Malaysia yang wajib kamu coba selanjutnya ialah palak paneer. Hidangan yang satu ini juga banyaka dijajakan oleh pedagang-pedagang kuliner india. Palak paner merupakan kuah yang berwarna hijau, karena diolah dari bayam segar dan diberi tambahaan keju kambing.

Kuliner yang satu ini umumnya disantap bersama roti khas India, seperti bhaturas dan chapatis. Walaupun tampilannya mungkin sedikit terlihat aneh, namun rasanya dijamin membuatmu ketagihan.

5. Char Kway Teow


Mirip dengan kuliner yang ada di Indonesia, malaysia memiliki jenis olaha makanan yang mirip kwetiau bernama char kway teow. Makanan yang satu ini merupakan kwetiau goreng ala Malaysia yang juga terkenal hingga ke Singapura.

Mie yang digoreng bersama dengan bahan pelengkap, seperti telur, kerang, daging, sosis, kucai, tauge, dan bakso ikan. Jika diperhatikan, bumbu yang digunakan juga tak jauh beda dengan kwetiau di Indonesia bukan?

Itulah tadi beberapa jenis makanan khas Malaysia yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana. Dari semua yang telah disebutkan, mana nih yang sudah pernah kamu coba? Negara tetangga Indonesia ini juga kerap dikunjungi oleh Ricky Cuaca dan Cinta Laura loh!

Posting Komentar

0 Komentar