Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Irak

 


Irak adalah sebuah negara yang terletak di Timur Tengah. Ibukota Irak adalah Baghdad. Irak adalah salah satu negara yang memiliki peradaban tertua di dunia. Negara ini memiliki beragam budaya dan keunikan yang terdapat didalamnya. 

1. Irak Berbatasan Langsung dengan 6 Negara

Republik Irak adalah salah satu negara yang terletak di Timur Tengah. Irak berbagi perbatasan internasional dengan enam negara. Turki berbatasan dengan Irak di utara, Iran di timur, Kuwait di tenggara, Arab Saudi di selatan, Yordania di barat daya, dan Suriah di barat. Ibukota Iran adalah Baghdad. Kota ini juga merupakan kota terbesar di Irak. Populasi Irak pada 2022 hampir 41 juta jiwa. Bahasa resmi Irak adalah bahasa Arab dan Kurdi.

2. Irak adalah Rumah bagi Peradaban Tertua di Dunia

Dua sungai besar yang mengalir melalui Irak adalah Sungai Tigris dan Sungai Efrat. Sungai-sungai ini membuat tanah Irak sangat subur. Kota zaman dahulu yang terletak di dekat sungai Tigris dan Efrat adalah wilayah yang dikenal sebagai Mesopotamia. Wilayah bersejarah ini dianggap sebagai peradaban tertua di dunia dan berasal dari sekitar 3300 SM hingga 750 SM.

3. Irak Memperoleh Kemerdekaan Pada Tahun 1932

Pada pertengahan abad ke-7 M, para penakluk Muslim Mesopotamia mendirikan Islam di Irak. Kekaisaran Ottoman kemudian memerintah wilayah itu dari tahun 1534–1704 M, dan kemudian memerintah lagi dari tahun 1831-1920. Dinasti Mamluk Irak memerintah dari tahun 1704 hingga 1831. Inggris merebut Irak dari Turki Utsmaniyah selama Perang Dunia I dan memerintah negara tersebut dari tahun 1920 hingga 1932. Pada tanggal 3 Oktober 1932, Irak memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

4. Bendera Irak Menunjukkan Kalimat Takbir

Bendera Irak menampilkan tiga garis merah, putih, dan hitam yang sama. Tiga warna tersebut berasal dari bendera Gerakan Pembebasan Arab. Setiap warna mewakili era yang berbeda dalam sejarah orang-orang Arab. Hitam menelusuri akarnya ke masa kenabian dan diambil dari panji Nabi Muhammad dan Khulafaur Rasyidin.

Warna merah berasal dari bendera gerakan Khawarij (656–661 M).  Warna putih melambangkan Kekhalifahan Umayyah (661–750 M). Warna hijau berasal dari kekhalifahan Fatimiyah (abad ke-10-12) dan hijau juga memiliki sejumlah asosiasi tradisional dalam Islam. Di tengah bendera Irak ada kalimat Takbir berwarna hijau. Takbir adalah sebutan untuk ungkapan bahasa Arab "Allahuakbar" yang berarti “Allah Maha Besar”.

Demikianlah 4 fakta menarik terkait Negara Irak. Negara ini memiliki banyak fakta menarik, diantaranya yaitu 5 situs Warisan Dunia berdasarkan UNESCO. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengetahui tentang Negara Irak.

Posting Komentar

0 Komentar