Inovasi dan Teknologi Jepang Sebagai Negara Maju, Lebih Visioner dari Negara Lain di Dunia

 

Jepang atau sering disebut dengan negeri Sakura, dikenal sebagai salah satu negara maju di Dunia. Negara ini kerap sekali membuat seluruh dunia terkejut akibat inovasi-inovasi teknologi yang mereka ciptakan.

Jepang kerap menghadirkan teknologi terbari dan tidak terduga. Jika sudah pernah berkunjung, kamu mungkin tidak lagi terkejut dengan teknologi buatan Jepang yang akan membuat kehidupanmu lebih praktis.

Tapi, buat kamu yang belum pernah mengunjungi Jepang, berikut ini teknologi dan inovasi menarik yang ada di Jepang. Simak selengkapnya!

Robot Pelayan Kafe

Inovasi visioner pertama bagi difabel adalah kehadiran Robot Dawn Cafe. Mereka memanfaatkan robot untuk melayani pengunjung. Robot-robot ini dikendalikan oleh pekerja difabel dari jarak jauh.

Teknologi ini telah membuka peluang lebih luas lagi bagi difabel untuk dapat bekerja dan bersosialisasi.

Toilet

Perpaduan antara toilet dan wastafel akan kamu lihat saat berada di kamar mandi. Air bekas cuci tangan akan digunakan untuk menyiram toilet. Dengan teknologi ini, tentunya akan membuat kita lebih hemat air.

Kamar Mandi Umum

Di Jepang tersedia banyak toilet umum yang bisa kamu gunakan. Meski terlihat transparan, kamar mandi ini akan langsung berubah buram jika ada orang di dalamnya.

Tempat duduk Bayi di Toilet

Meski terlihat sepele, ini akan memudahkan para ibu yang harus membawa anaknya ke dalam kamar mandi. Orangtua tidak lagi khawatir tentang anaknya, karena sudah tersedia kursi khusus anak-anak.

Scan Piring

Pelayan di Jepang tidak perlu lagi mengingat pesanan para pengunjung yang akan membayar. Pelayan cukup melakukan scanning pada piring yang sudah digunakan. Hasil scan akan menunjukkan jumlah total yang harus dibayarkan.

Stiker Pengemudi

Tidak banyak, namun lansia di Jepang masih suka menyetir mobilnya sendiri. Bagi pengemudi di atas 75 tahun akan mendapatkan stiker khusus. Ini sangat bermanfaat, sehingga pengemudi lain mengetahui bahwa mobil tersebut sedang dikendarai oleh lansia.

Sepatu untuk Ruangan Indoor

Bagi pelajar Jepang, mengganti sepatu setiap akan masuk sekolah merupakan hal biasa. Mereka akan menggunakan sepatu khusus indoor  yang sudah disediakan di rak sepatu. Orang jepang juga menaruh sandal khusus di kamar mandi.

Loker Payung

Sedang berlibur di Jepang lalu tiba-tiba hujan? Setiap tempat di Jepang akan menyediakan loker khusus payung. Kamu bisa menaruh payung kamu dengan aman tanpa takut kehilangan. Dilengkapi dengan kode pengaman, pastinya payung kamu tidak akan tertukar dengan yang lain.

Kafe Robot

Di kafe ini, mulai dari racikan kopi sampai kopi siap diminum, dijalankan oleh robot bernama Sawyer. Robot ini mampu menggiling biji kopi, mengisi saringan dan menuangkan air panas ke atas secangkir kertas, hingga lima porsi sekaligus.

Sawyer akan menyapa tiap pengunjung yang datang,"Maukah kau minum kopi nikmat?".


Lapisan Antibakteri

Kemajuan teknologi di Jepang tidak perlu diragukan lagi. Jepang memiliki lapisan antibakteri pada pegangan, tombol lift dan mesin penjual otomatis. Lapisan ini berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dan virus pada permukaan benda yang dilapisinya.


Mesin Kasir Otomatis

Beberapa toko di Jepang tidak lagi memerlukan pegawai untuk menjaga kasir. Pelanggan cukup meletakkan barang belanjaan di kasir yang telah disediakan.

Secara otomatis seluruh barang akan terhitung. Kamu tidak perlu khawatir, akan selalu ada panduan pada mesin kasir.

 

Posting Komentar

0 Komentar