Daftar Negara Asia dengan Daya Beli Rendah

 


Ada beberapa negara di Asia yang masuk kategori berdaya beli rendah, termasuk Timor Leste yang pernah menjadi bagian Indonesia.

Hal ini diukur berdasarkan produk domestik bruto (PDB) atau gross domestic product (GDP) dan purchasing power parity (PPP) atau keseimbangan kemampuan berbelanja.

1. Yaman (Asia Barat)

Yaman menempati urutan pertama negara daya beli paling rendah di Asia. PDB PPP mereka hanya sebesar US$ 2.078. Bahkan, Yaman berada di urutan ke-13 negara beli paling rendah di dunia.

Negara yang dihuni 98 persen muslim ini bergantung pada minyak sebagai komoditas ekspor penyumbang PDB. Namun, perang dan kerusuhan sipil cukup mengganggu perekonomian mereka.

2. Timor Leste (Asia Tenggara)

Timor Leste sempat menjadi bagian dari Indonesia, dengan nama Timor Timur. Setelah melalui referendum pada 30 Oktober 1999, Timor Timur berpisah dengan Indonesia dan resmi menjadi negara Timor Leste pada 20 Mei 2002.

PDB PPP Timor Leste tercatat hanya US$ 3.339. Hampir 37 persen penduduk negara ini hidup di bawah garis kemiskinan internasional dan 50 persen penduduknya buta huruf.

3. Nepal (Asia Selatan)

Nepal adalah negara Asia Selatan yang mencatat PDB PPP US$ 4.578. Negara ini menghadapi tantangan akses sanitasi yang masih rendah, yakni hanya 45,8 persen dari jumlah penduduk.

Akses kesehatan juga masih timpang. Terjadi kepadatan dokter sekitar 0,6 dokter per 1.000 penduduk dengan 3 tempat tidur rumah sakit tersedia per 1.000 penduduk.

4. Tajikistan (Asia Tengah)

Tajikistan menjadi wakil pertama dari Asia Tengah di daftar ini. Perolehan PDB PPP negara ini ada di angka US$ 4.630.

Selain kemiskinan yang tinggi, Tajikistan menghadapi tantangan dalam sistem perawatan kesehatan. Angka kematian bayi juga cukup tinggi, 37 per 1.000.

5. Myanmar (Asia Tenggara)

Myanmar menjadi negara tetangga Indonesia kedua yang menempati daftar ini. Negara Asia Tenggara ini mencatat PDB PPP sebesar US$ 4.776.

Tercatat hanya ada 0,57 dokter dan 0,9 tempat tidur rumah sakit yang tersedia per 1.000 penduduk. Myanmar juga menghadapi penurunan angka kelahiran, menyusul banyak wanita yang belum menikah dan konsep kontrasepsi.

6. Kamboja (Asia Tenggara)

Negara Asia Tenggara lain yang masuk daftar ini adalah Kamboja. Tetangga Indonesia ini mencatat PDB PPP di angka US$ 5.493.

Konflik-konflik sosial turut menjadi penyebab kemiskinan Kamboja. Selain itu, kesulitan memproduksi dan mengelola bahan ekspor ikut memperparah kondisi Kamboja.

7. Kirgistan (Asia Tengah)

Kirgistan atau Republik Kirgistan adalah negara Asia Tengah dengan PDB PPP US$ 5.562.

Perekonomian Kirgistan sangat bergantung pada sektor pertanian. Kapas, tembakau, wol, dan daging adalah produk utama.

8. Pakistan (Asia Selatan)

Pakistan mencatat PDB PPP di angka US$ 6.470. Negara Asia Selatan menghadapi tantangan ekonomi karena perang dan konflik politik selama bertahun-tahun.

Kenaikan harga makanan, gas, dan minyak turut diperparah dengan status mereka sebagai importir teh terbesar di dunia.

Posting Komentar

0 Komentar