Mengenal Kepulauan Cocos, Pulau yang Banyak Ditempati Masyarakat Jawa

Kepulauan Cocos merupakan sebuah kepulauan di Asia Tenggara yang Pemerintahannya diatur oleh Australia.

Kepulauan Cocos (Keeling) pertama kali dilihat oleh Kapten William Keeling ketika dia sedang melayani Perusahaan Hindia Timur Britania.

Saat itu, kepulauan tersebut tidak berpenghuni dan Keeling maupun pelayar lainnya tidak berusaha untuk menempatinya hingga abad ke-19, tetapi Kapten Keeling dihormati sebagai penemu pertama dengan penganugerahan nama keluarganya sebagai bagian dari nama kepulauan tersebut.

Banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan pulau ini, penasaran kan? Berikut ini beberapa fakta menarik Kepulauan Cocos yang penting untuk diketahui, simak selengkapnya!

Mayoritas Penduduk dihuni oleh Masyarakat Jawa

Cocos Keeling Islands dibagi menjadi dua, yaitu West Island dan Home Island. Di Home Island, sebagian besar penduduknya Melayu campuran Jawa.

Sehingga bahasa yang banyak digunakan adalah bahasa Melayu. Kalau di West Island, kebanyakan dihuni oleh orang Barat dan berbicara dengan bahasa Inggris.

Letaknya dekat dengan Indonesia

Pulau ini letaknya di selatan Indonesia, lebih tepatnya di selatan Pulau Jawa, Samudera Hindia. Meski lokasinya dekat dengan Indonesia, pulau ini masih menjadi hak milik Australia. Untuk pergi ke pulau ini pun harus melewati Australia.

Pulau dengan Fasilitas Lengkap

Kepulauan ini merupakan pulau yang letaknya jauh dari Australia. Meskipun jauh, pulau ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang mumpuni seperti, fasilitas kesehatan, pendidikan, koneksi internet.

Kesenian dan Hiburan Sama Seperti dengan Indonesia

Di Cocos Keeling Islands, kamu masih bisa menyaksikan sinetron dan acara TV Indonesia. Bahkan lagu-lagu yang didengarkan juga lagu Indonesia. Karena dahulu pulau ini dihuni oleh budak-budak yang berasal dari Jawa, Sabah dan Serawak. Maka tidak heran kalau kamu akan menemui kesenian wayang kulit dan batik.

ATV dan Buggy merupakan Kendaraan Umum di Pulau Cocos

Kamu akan jarang sekali menemukan mobil umum di sini. Yang ada kamu akan menemukan banyak sekali ATV dan mobil Buggy sebagai kendaraan. Padahal, penggunaan kedua kendaraan ini sangat berbeda dibandingkan motor dan mobil di Indonesia.

Memiliki Pesona Indah Wisata Bawah Laut

Cocos Keeling Island memiliki Pantai yang mempesona dan air lautnya yang jernih, kamu bisa berenang dengan ikan hiu tanpa takut tergigit.

Selain itu juga, banyak ikan-ikan yang bisa kamu temui saat snorkeling. Kamu bahkan bisa memancing ikan-ikan tersebut dengan menggunakan spear gun. Hasil pancinganmu bisa langsung bakar di tepi pantai.

Perfect Sunset Setiap Sore

Di Cocos Keeling Islands, kamu akan mendapatkan perfect sunset setiap sore. Selain itu, pelangi juga selalu muncul dalam bentuk setengah lingkaran penuh. Pelanginya dari ujung ke ujung begitu indah!

Untuk pergi ke pulau ini, kamu bisa naik pesawat dari Bali ke Perth, baru bisa ke Cocos Keeling Islands. Penduduk pulau ini juga ramah-ramah, seperti layaknya saudara yang tak lama jumpa.

Posting Komentar

0 Komentar