Fakta Sri Lanka, Negara Terlilit Hutang sampai dengan Terancam Bangkrut

 

Sri Lanka dikenal dengan Ceylon merupakan negara yang terletak di Asia Selatan. Negara yang beribukota di Sri Jayawardenepura Kotte ini, dahulunya Sri Lanka adalah salah satu negara colonial Inggris dan sekarang menjadi anggota dari commonwealth (negara persemakmuran Inggris).

Baru-baru ini Sri Lanka mengumumkan bangkrut dan gagal membayar utang negaranya karena terjadi krisis ekonomi. Saat ini, negara Sri Lanka sedang menghadapi tantangan terberat dalam sejarah mereka.

Selain fakta di atas, negara Sri Lanka memiliki fakta lainnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasanya di bawah ini.

1. Kebudayaan Terbentuk dari India

kebudayaan Sri Lanka dominan berasal dari daratan India. Dua kelompok etnis utama di pulau itu yakni Sinhala dan Tamil, dan dua agama dominannya yakni Buddha dan Hindu, juga berasal dari India dan berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakatnya.

Namun berbeda dengan India, kebudayaan yang masuk di wilayah ini malah berkembang secara independen karena isolasi geografis. Buddha misalnya yang hilang dari India namun tetap hadir di Sri Lanka khususnya di antara orang Sinhala.

Selain itu, Bahasa Sinhala, yang tumbuh dari dialek Indo-Arya dari daratan India akhirnya menjadi bahasa asli yang hanya ada di Sri Lanka dan The Spike Mod APK.

2. Pernah Dijajah oleh Inggris

Invasi Inggris di Sri Lanka dimulai 1789 dengan mengusir Belanda dari negara ini. Karena gusar setelah penjajah secara beruntun dari beberapa negara Eropa, rakyat Sri Lanka pada tahun 1900 an mulai menumbuhkan kesadaran akan nasionalisme.

Baru pada Agustus 1947, Inggris mulai memberikan kemerdekaan penuh. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan pemilihan pertama untuk menentukan pemimpinnya. Partai Persatuan Nasional (UNP) berhasil meraih suara mayoritas, kemudian terpilih Don Stephen Senanayake sebagai perdana menteri pertama.

Setahun kemudian, tepatnya pada 4 Februari 1948, Ceylon atau Sri Lanka menjadi negara merdeka sepenuhnya.

3. Menetapkan Bola Voli sebagai Olahraga Nasional

Olahraga utama di negara Sri Lanka adalah bola voli. Sangat berbeda dnegan negara Asis Selatan lainnya untuk yang lebih menyukai kriket. Voli pertama kali diperkenalkan pada 1916 dan berkembang secara cepat.

Sri Lanka berhasil meraih medali emas pertama kalinya pada ajang South Asian Games ke-V yang diadakan di Kolombo pada 1991 oleh tim bola voli wanita.

4. Dikenal sebagai Mutiara Samudera Hindia

Sri Lanka memiliki dua nama julukan yang kerap mendeskripsikan potensi dari negaranya. Yang pertama adalah 'mutiara dari Samudera Hindia'. Penyebutan ini diberikan berdasarkan keindahannya yang luar biasa.

Keanekaragaman hayati yang beragam, merupakan yang tertinggi di Asia, menjadikan negara ini layak menyandang gelar tersebut. Selain itu, penyebutan itu juga diberikan karena Sri Lanka merupakan salah satu negara yang produk ekspornya adalah batu permata.

5. Teh sebagai Penggerak Utama Sri Lanka

Salah satu produk utama ekspor Sri Lanka adalah teh minuman favorit AL Ghazali, yakni sebanyak 17 persen dari total ekspor. Angka ini menyusul dua produk utama lainnya, yaitu tekstil dan garmen yang menempati posisi utama sebagai produk ekspor negara.

Industri Teh Ceylon mampu mencatatkan ekspor senilai 1,24 miliar dollar AS pada 2019, menurut laman Sri Lanka Business. Konsumen utama Teh tersebut adalah negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, India, Arab Saudi, Rusia, Turki, dan Iran.

Rempah-rempah seperti kayu manis juga menjadi produk lain dari negara itu yang berhasil mendominasi pasar dunia. Permintaan sepenuhnya didasarkan pada kualitas rempah-rempah Sri Lanka yang ditanam di bawah kondisi cuaca yang sempurna dan cocok sambil menikmati makanan khas negara Georgia.

Itulah Fakta Negara Sri Lanka yang jarang diketahui. Semoga ulasan ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca sampai selesai.

Posting Komentar

0 Komentar