5 Fakta Negara Hongkong, Negara Terpadat di Dunia

 


Hong Kong adalah satu dari dua Daerah Administratif Khusus, yang merupakan bagian dari negara Republik Rakyat Cina satunya lagi Macau. Pada 1 Juli 1997, daerah itu secara resmi diserahkan oleh pemerintah Britania Raya kepada Republik Rakyat Cina.

Sebelum diserahkan pada 1997, Hong Kong adalah koloni Britania Raya. Di bawah kebijakan Satu Negara Dua Sistem ciptaan Deng Xiaoping, Hong Kong menikmati otonomi dari pemerintah RRC, seperti pada sistem hukum, mata uang, bea cukai, imigrasi, sampai peraturan jalan yang tetap berjalan di lajur kiri.

Urusan yang ditangani oleh Beijing adalah pertahanan nasional dan hubungan diplomatik. Otonomi itu berlaku di Hong Kong, minimal untuk 50 tahun, dihitung dari 1997.

Dalam Konvensi Peking 1860 setelah Perang Opium Kedua, Semenanjung Kowloon dan Stonecutter’s Island diserahkan kepada Britania Raya. Sedangkan New Territories, termasuk Pulau Lantau, disewakan pada Britania untuk 99 tahun sejak 1 Juli 1898, dan berakhir 30 Juni 1997.

Kini, Hong Kong menjadi satu-satunya kawasan di Asia Timur yang menggunakan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa utamanya. Berikut ini fakta-fakta menarik lain seputar Hong Kong.

Fakta Liar dan Gila Tentang Hong Kong

1. Termasuk Salah Satu Wilayah Terpadat di Dunia

Populasi masyarakat yang ada di Hong Kong pada tahun 2020 berada jumlah 7.491.098 penduduk. Fakta tersebut menjadikannya sebagai salah satu negara terpadat di dunia saat ini, dengan rata-rata 17.311 orang dalam satu mil persegi.

Setidaknya, kenyataan itu menempatkan Hong Kong menjadi negara terpadat kedua atau ketiga di dunia.

2. Terdapat 263 Pulau

Ternyata, Hong Kong terdiri dari banyak pulau, setidaknya terdapat 263 pulau yang ada di negara tersebut.

Beberapa di antaranya Pulau Hong Kong, Kowloon, Wilayah Baru, Lantau, Cheng Chau, Peng Chu, dan pulau kecil lainnya. Bahkan, pulau-pulau tersebut ada beberapa yang tidak memiliki penghuni dan tidak dapat dijangkau.

3. Makanan Dim Sum Menjadi Bagian Penting dari Budaya Hong Kong

Berikutnya, makanan dim sum yang sudah sering kita temui di Indonesia, ternyata merupakan makanan yang berasal dari China Selatan, termasuk Hong Kong.

Makanan dim sum ini ternyata memiliki arti “menyentuh hati” dan menjadi bagian penting dalam budaya lokal Hong Kong. Ketika mengunjungi Hong Kong, kita akan mendengar ucapan banyak orang yang mengajak untuk makan dim sum.

4. Kota dengan Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia

Terakhir, Hong Kong ternyata memiliki gedung tinggi yang banyak, ada sekitar 7.687 gedung tinggi di sana. Selain itu, setidaknya di Hong Kong terdapat 303 gedung pencakar langit yang luar biasa di dunia.

Salah satu gedung yang terkenal di dunia dari Hong Kong adalah gedung Victoria Harbour yang memberikan pemandangan yang mengesankan.

5. Kanton dan Inggris menjadi Bahasa Resmi

Di Hong Kong, ada dua bahasa yang menjadi bahasa resmi di antaranya bahasa Kanton dan Inggris. Kanton sebagai salah satu dialek China, paling sering dan umum digunakan di seluruh China Selatan termasuk Hong Kong.

Selain itu, setidaknya ada 46% penduduk Hong Kong yang menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi. Sehingga, hal tersebut membuat mayoritas masyarakat Hong Kong bilingual atau berbicara menggunakan dua bahasa.

Posting Komentar

0 Komentar