7 Fakta Unik dari Negara Jepang

 

Siapa yang tak tau Jepang? Negara satu ini adalah negara maju yang unik dan menarik. Negara yang merupakan surga jav bagi para javlovers. Jepang sendiri merupakan sebuah negara kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 6.852 pulau. Pulau-pulau utama di negara Jepang dari utara ke selatan adalah Pulau Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu.

Jepang memiliki luas wilayah sekitar 377.973 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 126 juta orang berdasarkan sensus penduduk tahun 2014. Ada beberapa fakta negara Jepang yang unik dan menarik dan bisa Anda ketahui lho. 

1. Makan yang Unik

Jepang adalah salah satu negara dengan tradisi makan yang unik. Mereka sangat mematuhi aturan tata krama saat sedang makan. Contohnya, ketika orang Jepang memakan mie menyeruput kuah makanan sampai terdengar bunyi “slurrp” merupakan bentuk pujian untuk menyampaikan bahwa makanan tersebut enak. Selain itu, orang Jepang akan makan dengan menggunakan mangkok dengan mendekatkannya ke mulut. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesopanan.

2. Budaya Disiplin yang Tinggi

Umumnya orang Jepang sangatlah menjunjung tinggi kedisplinan. Salah satu contohnya adalah budaya mengantri. Ketika berada di sebuah tempat pelayanan umum, orang Jepang akan mengantri dengan tertib. Bahkan, walaupun tanpa garis pembatas atau penjaga mereka tetap akan mematuhi ketertiban ini. Bagi mereka, melanggar antrian adalah sesuatu yang sangat memalukan. Nah, budaya mengantri inilah yang seharusnya kita contoh.

3. Banyak Vending Machine Otomatis

Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat peradaban teknologi yang tinggi. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya mesin penjualan otomatis yang tersedia di hampir semua sudut kota.

Bukan hanya makanan saja. Anda juga bisa menemukan berbagai hal lainnya di dalam mesin penjualan otomatis ini. Contohnya adalah komik , minuman, bahkan mainan.

4. Transportasi Publik yang Berkualitas

10 Fakta Negara Jepang nomor 4 adalah transportasi publik di negara Jepang yang berkualitas. Salah satu contohnya adalah kereta super cepat yang bisa dinaiki untuk mengelilingi Jepang. Kereta tersebut dinamakan Shinkasen.

Selain itu, transportasi publik di Jepang juga sangatlah tepat waktu. Jika pun terlambat, selisih waktunya mungkin hanya akan terpaut beberapa detik saja. Hal tersebut juga layak untuk kita contoh mengingat transportasi publik di Indonesia terkadang mengalami delay hingga berjam-jam atau juga angkutan umum seperti busnya yang tidak tepat waktu.

Di Jepang Anda juga bisa menggunakan kartu transportasi ketika ingin menaiki kendaraan umum. Hal tersebut tentunya akan mempermudah setiap transaksi karena Anda tak perlu membawa uang tunai.

5. Menjunjung Tinggi Budaya Bersih

Fakta selanjutnya dari negara Jepang adalah orang Jepang adalah orang yang menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Saat mereka pergi ke suatu tempat misalnya stadion untuk menonton pertandingan.

Mereka tak akan meninggalkan sampah yang berserakan. Mereka akan membawa sampahnya sampai menemukan tempat sampah terdekat. Hal ini membuat lingkungan di Jepang bersih dan jarang ada tumpukan sampah yang berserakan.

6. Cosplayer

Cosplayer adalah sebutan bagi orang yang melakukan cosplay. Cosplay sendiri terdiri dari gabungan kata “custome” dan “play” yang artinya menirukan visual dari sebuah tokoh dalam anime, manga atau video character yang terkenal.

Cosplay ini meliputi baju, tata rambut hingga tata rias. Intinya, dalam cosplay ini mereka akan membuat visual mereka mirip dengan tokoh kartun tersebut.

7. Adanya layanan kencan

Warga Jepang sendiri adalah orang yang memiliki etos kerja tinggi alias giat bekerja. Mereka akan sibuk pada kariernya hingga membuat pemerintah khawatir akan terjadinya penurunan populasi penduduk Jepang.

Selain itu, mayoritas penduduk Jepang juga sudah tua. Oleh karena itu, Pemerintah Jepang berinisiatif untuk menyediakan layanan kencan sehingga penduduknya bisa segera menemukan pasangan agar mereka segera menikah.

 

Posting Komentar

0 Komentar