Fakta Negara Suriah, Negara dengan Ibukota Tertua di Dunia

 

Suriah atau biasa disebut Syria merupakan negara yang terletak di Asia Barat yang ibukotanya adalah Damaskus. Negara ini merupakan salah satu negara yang masih berkonflik hingga saat ini.

Dilansir dari Transparency International, Suriah mendapatkan  skor transparansi rendah di angka 13 dan menjadikan negara ini menjadi salah satu negara paling korup di Dunia.

Di sisi lain, Suriah menjadi salah satu negara yang memiliki sejarah tertua di dunia dan diakui oleh UNESCO. Banyak sekali fakta-fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang negara ini, simak selengkapnya.

Rumah bagi Perpustakaan Tertua di Dunia

Negara ini merupakan salah satu peradaban tertua di dunia. Dikatakan demikian karena telah ditemukan banyak kerangka dan tulang Neanderthal yang pernah hidup di wilayah negara ini sejak 700.000 tahun yang lalu.

Salah satu kota nya adalah kota Ebla yang merupakan pemukiman tertua yang digali dan diperkirakan telah ada sejak 3.000 SM. Di pemukiman ini juga banyak ditemukan sekitar 1.800 lempeng tanah liat yang menjadikannya sebagai perpustakaan tertua di dunia.

Damaskus, Ibu Kota Tertua di Dunia

Kota ini merupakan kota besar yang sejak lama telah dihuni oleh manusia. Damaskus didirikan sejak 3.000 SM dan termasuk sebagai salah satu warisan dunia UNESCO.

Kota ini memiliki 125 monumen dari berbagai periode sejarah seperti Masjid Agung Umayyah yang didirikan pada abad ke-8 dan menjadikannya salah satu masjid tertua di dunia.

Baja dari Damaskus

Selain menjadi salah satu kota tertua di dunia dengan beragam sejarahnya, Damaskus dikenal dengan pola ukiran baja yang membuatnya sangat menarik.

Kebanyakan baja ini digunakan untuk membuat senjata seperti pisau, pedan, kapak dan lain sebagainya yang pada zaman dahulu digunakan untuk berperang dan bekerja.

Sejarah Olimpiade yang Buruk

Negara ini memiliki sejarah Olimpiade yang buruk sampai saat ini dikarenakan kurangnya fasilitas, seringnya terjadi konflik, kurangnya perhatian pemerintah dengan para atlet dan sikap tidak mau tau.

Suriah hanya pernah memenangkan satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu di sepanjang sejarah Olimpiade. Hal ini membuat negara ini di cap memiliki sejarah Olimpiade yang buruk.

Shouting Valley tempat Suriah, Libanon, Yordania dan Israel bertemu

Shouting Valley merupak sebutan nama lembah yang berasal dari kebiasaan orang-orang atau anggota keluarga yang terpisah di empat negara tersebut.

Cara mereka berkomunikasi dengan keluarganya adalah dengan megafon yang dilanturkan dari seberang lembah ke seberang lainnya.

Sampai sekarang, lembah yang berada di dataran tinggi Golan masih menjadi rebutan antara negara Suriah dan Israel yang dimulai sejak 1973.

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang Negara Suriah yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin berkunjung kesana sekiranya untuk mengurungkan niat, karena masih dalam situasi konflik yang tidak berujung.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar