Fakta Menarik Negara Oman, Negara yang Paling Damai di Asia

 

Oman merupakan negara di Jazirah Arab dengan Ibu Kota bernama Muscat. Kesultanan Oman merupakan salah satu negara di bagian tenggara Semenanjung Arab. Negara tersebut berbatasan dengan Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Yaman. Sementara perairan di Oman membatasinya dengan Iran dan Pakistan.

Oman yg merupakan negara paling damai serta negara dengan tingkat toleransi yang cukup tinggi. Berikut beberapa fakta tentang  Negara Oman diantaranya adalah :

1. Sudah Menjadi Sebuah Negara Sejak 1650 M

Oman atau nama resminya Kesultanan Oman merupakan sebuah negara yang terkenal di dalam sejarah dunia,  Oman pernah menjadi kekuatan kawasan yang moderat, pernah memiliki kesultanan melintasi Selat Hormuz hingga ke Iran, dan wilayah yang kini disebut Pakistan.Negara Oman juga sudah memiliki pemerintahannya sendiri sejak tahun 1650. dan sudah 200 tahun menjalin hubungan militer serta politik dengan Britania Raya, dan Amerika Serikat,

2. Negara Yang Paling Maju dan Stabil

Oman adalah salah satu negara yang paling maju dan stabil di Dunia Arab.Oman merupakan negara yang menganut sistem perdagangan terbuka. Perdagangan luar negeri menjadi salah satu penopang utama perekonomian nasional, terutama bagi penerimaan negara dari hasil penjualan minyak bumi. Nilai kegiatan ekspor-impor barang mencapai 93% dari total PDB.

3. Tidak Ada Gelandangan Dan Pengemis

Semua masyarakat mendapat  perlakuan dengan sama adil oleh pemerintah.. di Oman tidak ada orang yang terlalu jauh perbedaan kesejahteraannya antara satu dengan yang lainnya, mungkin karena jumlah penduduknya yang sedikit yakni hanya sebesar 4,5 juta saja membuat seluruh lapisan masyarakat mendapatkan perhatian penuh oleh pemerintah.

4. Negara Yang Ramah Dan Paling Damai di Dunia

Tidak kalah dengan indonesia.. Oman juga dikenal dengan penduduknya yang ramah tamah, mereka tidak sungkan-sungkan untuk menyapa dan mengeluarkan seyum manisnya kepada turis asing yg melewat. Kebebasan beragama dipegang teguh tanpa ada diskriminasi antar penganut agama yg berbeda.. 60% Mayoritas penduduk oman menganut kepercayaan Islam Ibadi, 25 % Sunni dan Shia, 6.5% kristen, 5.5% hindu, dan sisanya agama yahudi dan buddha.

5. Tingkat Kriminalitas Terendah

Kejahatan atau tindakan kriminalitas jarang terjadi disini bahkan nyaris di angka tidak ada. Biro Keamanan Diplomatik Amerika Serikat menyebut kejahatan kekerasan Oman "sangat langka" dibandingkan dengan negara lain, dengan kejahatan paling umum adalah pencurian kecil-kecilan. Serangan teroris juga tidak pernah terjadi di Oman. GTI melaporkan bahwa Oman dan Qatar adalah dua negara di Timteng yang tidak pernah terjadi serangan teroris.

6. Bebas Pajak Pendapatan

Layaknya seperti negara kaya minyak lainnya di timur tengah.. Disini Tidak ada pajak penghasilan yang dipungut oleh pemerintah Oman. Warga Oman hanya diminta untuk membuat deduksi untuk kontribusi jaminan sosial. jadi kamu bisa menikmati gaji secara full tanpa di potong ini itu.

7. Salah Satu Mata Uang Terkuat Di Dunia

Oman adalah negara ke tiga yang memiliki mata uang paling kuat di dunia, Oman memiliki nilai mata uang sangat kuat terhadap dolar AS. Di sana 1 riyal Oman setara dengan US$ 2,6. Dengan kuatnya hubungan antar perusahaan di sana, sepertinya riyal Oman akan terus menguat terhadap dolar.

8. Pengangguran Mendapatkan Dana Bantuan

Ekonomi disini merata ke seluruh lapisan masyarakat. Jika ada penganggutan Pemerintah Oman akan membantu keuangan selama enam bulan kepada penganggur tersebut untuk mendapatkan pekerjaan. Pemerintah juga menerapkan Sistem Omanisasi, Jadi setiap perusahaan di haruskan mendahului pelamar pekerjaan dari warga asli oman daripada non-oman.

Posting Komentar

0 Komentar