Punya Gunung Tertinggi di Dunia, Berikut ini Fakta Menarik Nepal

Nepal adalah salah satu negara yang terletak di Asia Selatan. Ibu kota negara ini adalah Kathmandu dan merupakan salah satu negara yang tidak pernah terjajah di dunia.

Dengan luas 147.516 km2 negara ini memiliki gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest. Pegunungan ini berbatasan langsung dengan negara China dan India.

Selain itu karena luasnya, negara ini memiliki beragam wilayah yang sangat bervariasi, mulai dari pegunungan salju di utara, dan pegunungan tak bersalju dan dataran rendah.

Banyak sekali fakta menarik yang bisa dibahas dari Nepal, berikut ini beberapa fakta menarik negara Nepal yang perlu kamu ketahui.

1. Siddharta Gautama lahir di Nepal

Siddharta Gautama atau lebih dikenal dengan sebutan Sang Buddha lahir di Lumbini, sebuah desa yang berada di dataran Terai, Nepal Selatan pada 623 SM.

Terdapat bukti pusat ziarah di tempat tersebut dari abad ke-3 SM, dan mencakup sisa-sisa Tank Shakya yaitu sisa peggalian biara-biara buddhis yang berasal dari abad ke-2, dan sisa-sa kuil peringatan Buddist.

Meskipun sang Buddha lahir di negara ini, Hindu menjadi agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat Nepal. Sekitar 80,6% penduduk beragama Hindu, 10,7% Buddha, 4,2% Islam, dan 3,5% agama lain.

2. Punya Kalendernya Sendiri

Nepal memiliki kalender sendiri yaitu 57 tahun 8,5 bulan lebih dulu dari kalender Gregorian. Jadi, tahun 2021 sebenarnya adalah tahun 2078. Tahun Baru Nepal dirayakan pada pertengahan April.

3. Khatmandu dulunya merupakan sebuah Danau

Terdapat sebuah bukti Geologis yang menunjukkan bahwa sebuah danau besar menutupi lembah pada 2,8 juta-10 ribu tahun yang lalu.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa ibukota Nepal yang penuh warna tersebut dulunya merupakan sebuah danau. Danau tersebut mengering karena iklim regional yang semakin mengering.

4. Punya Gunung Tertinggi di Dunia

Nepal terkenal dengan pegunungannya yang tertutup salju. Delapan puncak membentuk sepuluh gunung tertinggi di dunia. Gunung-gunung ini disebut "Delapan-ribuan" karena mereka semua menjulang lebih dari 8.000 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini adalah gunung tertinggi dan terkenal di dunia dengan ketinggian 8.848 meter. Tujuh puncak lainnya adalah Kanchenjunga, Lhotse, Makalu, Cho Oyu, Dhaulagiri I, Manaslu, dan AnnapurnaI.

5. Satu-satunya Negara di Dunia yang Benderanya tidak Segi Empat

Bendera Nepal merupakan satu-satunya bendera tertua di dunia dan tidak segi empat. Bentuknya terdiri dari dua segitiga dengan segmen atas menggambarkan bulan dan bagian bawah menggambarkan matahari untuk mewakili agama besar Hindu dan Buddha.


Posting Komentar

0 Komentar