Fakta Unik Negara Armenia Yang Jarang Diketahui

 

Armenia bisa dibilang negara yang sangat jarang diketahui. Negara Armenia berhasil merdeka setelah runtuhnya Uni soviet tepatnya 23 September 1991, dimana Armenia berdarah di negara Eropa - Asia yang wilayah daratannya terjepit oleh negara lain.

Armenia adalah negara yang memiliki luas 29,7 ribu kilometer dengan beribukota bernama Yereven, yang merupakan kota tertua di dunia dengan masyarakat yang mayoritas beragama kristen.

Tetapi tidak banyak yang tahu, negara Armenia juga memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Negara kecil ini terletak di Pegunungan Kaukasus, serta diapit Laut Hitam dan Laut Kaspia.

Berikut ini fakta unik tentang Armenia, berikut 13 fakta Armenia yang tak banyak diketahui:

1. Armenia dulunya menjadi bagian dari Uni Soviet.

2. Pada September 1991, Armenia menyatakan kedaulatan dari Uni Soviet. Setelah itu pada Desember 1991, Uni Soviet resmi bubar dan pecah menjadi 15 negara, termasuk Armenia.

3. Aprikot merupakan buah nasional Armenia. Dalam nama ilmiah aprikot terdapat istilah "Armenia" yaitu Prunus Armeniaca dan Mala Armeniaca.

4. Buah delima merupakan simbol hidup penduduk Armenia. Secara tradisi, buah delima matang memilii 365 biji, sama dengan jumlah hari dalam setahun.

Buah delima muncul dalam seni, karpet, dan pola desain apapun di Armenia.

5. Ibu kota Armenia, Yerevan, merupakan salah satu kota tertua di dunia yang dibangun pada 782 Sebelum Masehi.

6. Penduduk Armenia menyebut diri mereka "Hay", negara mereka "Hayastan", dan bahasa meraka "Hayeren."

7. Gunung Arafat juga merupakan simbol nasional yang suci bagi penduduk Armenia. Meski puncaknya berada di Turki, namun Gunung Arafat lebih mudah dilihat dari Yerevan.

8. Kebanyakan bangunan di Armenia dibuat dari batuan basal dan tufa yang berwarna merah muda atau pink.Tak heran jika Yerevan disebut Kota Pink karena bangunannya menggunakan batu tufa.

9. Danau Sevan di Armenia menjadi salah satu danau di ketinggian dengan air jernih terluas di Eurasia.

10. The Wings of Tatev merupakan gondola terpanjang di dunia versi Guiness World Record. Gondola ini membawa penumpang dari Halidzor ke Biara Tatev sepanjang 5,7 km tanpa henti.

11. Armenia memiliki enam situs warisan dunia UNESCO.Di antaranya Biara Haghpat, Biara Sanahin, Katedral dan Gereja Echmiadzin, Situs Arkeologi Zvartnots, Biara Geghard, dan Lembah Azat.

12. Armenia memiliki total 359 spesies burung, yang 14 di antaranya jarang ditemukan di Armenia.

13. Olahraga yang banyak dimainkan di Armenia yaitu gulat, judo, sepak bola, catur, dan tinju.

Baru-baru ini negara Armenia sedang ramai diperbincangkan, setelah terjadi pertempuran antara negara itu dengan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh.

Posting Komentar

0 Komentar