Fakta Unik dan Menarik Negara Filipina

Filipina atau Republik Filipina adalah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia dan Malaysia. Filipina merupakan negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat—negara ini terdiri dari 7.107 pulau. Selama ribuan tahun, warga kepulauan Filipina telah mengembangkan sistem cocok tanam padi yang sangat maju, yang menyediakan makanan pokok bagi masyarakatnya.

Filipina adalah negara paling maju di Benua Asia setelah Perang Dunia II, namun kemudian mulai tertinggal di belakang negara-negara lain akibat pertumbuhan ekonomi yang lemah, penyitaan kekayaan yang dilakukan pemerintah, korupsi yang luas, dan pengaruh-pengaruh neokolonial.

Meski begitu, saat ini Filipina mengalami pertumbuhan ekonomi yang moderat, yang banyak disumbangkan dari pengiriman uang oleh pekerja-pekerja Filipina di luar negeri, dan sektor teknologi informasi yang tumbuh pesat.

Di antara negara-negara lain di Benua Asia, Filipina sering dianggap sebagai negara tempat pengaruh budaya Barat terasa sangat kuat. Berikut ini fakta-fakta lain seputar Filipina yang perlu diketahui.

1. Nama Filipina Berasal Dari Nama Raja Spanyol

Ketika penjajah Spanyol Lopes developers, pertama kali datang kewilayah Filipina, ia menamai Pulau itu untuk mengghormati pangeran Philip, dari asturias filipinas pangeran Philip akhirnya menjadi raja Philip yang kedua.

Dan masa pemerintahannya Spanyol mencapai masa kejayaan. Ketika orang amerika datang mereka menamainya menjadi Filippines dengan Philip sebagai padanan Bahasa Ingris untuk Philip.

2. Ada Sekitar 176 Bahasa Yang di Tuturkan di Filipina

Ada sekitar 176 bahasa yang dituturkan diFilipina, dengan lebih dari 7.000 pulau. Orang Filiina bertutur dengan banyak Bahasa, bahkan ada 176 bahasa yang pernah dicatat,

Mulai dari dialek regional hingga Bahasa suku, 171 diantaranya masih bertahan hingga sekarang. Bahasa resmi filipina adalah Filipino, yang berdasarkan pada tagalog dan Bahasa Inggris.

Bahasa lain yang digunakan di negara ini termasuk sebuano, Hiligaynon, ilocanon dan masih banyak lagi.

3. Elang Pemakan Adalah Burung Nasional

Elang pemakan moyet adalah burung nasional Filipina, adalah Filipina atau juga yang sering disebut elang pemakan moyet, adalah elang terbesar dari spesies elang yang ada.

Dan dinyatakan burung nasional Filipina pada tahun 1985. hewan ini termasuk burung yang terancam punah.

Saat ini hanya ada 18 sampai 500 ekor elang Filipina pembunuh burung ini bisa dikenakan denda besar dan hukuman penjara hingga 12 tahun.

4. Bruno Mars Memiliki Keturunan Filipina

Fakta selanjutnya, berasal dari penyanyi pop terkenal Bruno Mars, Bruno Mars memiliki darah Setegah Filipina setengah Federico.

Ia memiliki darah Filipina dari sang ibu, yaitu Bernandeth sanpendro yang merupakan, keturunan Filipina dan Hawai. Sedangkan darah Berthoriqoh berasal dari sang ayah, yaitu Peter Hernandez.

5. Negara Pengekspor Kelapa Terbesar di Dunia

Filipina merupakan negara eksportir kelapa terbesar di dunia, sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Filipina menjadi salah satu Negara, pengekspor kelapa terbesar di dunia, puncaknya pada bebeapa ahun terakhir, Filipina Berhasil menyalip Indonesia.

Sebagai negara pengekspor kelapa didunia, memproduksi dan mengekplor lebih banyak kelapa dari negara manapun. Mengirim sekitar 19,5 juta ton setia tahunnya

6. Salah Satu Kontestam Miss Universe Asal Filipina Pada Tahun 2018

Salah satu kontestam Miss Universe Pada Tahun 2018 lalu asal Filipina, ia terpilih sebagai pemenang kontestan kecantikan terpopuler dunia.

7. Perayaan Natal Terlama

Orang Filipina memiliki perayaan natal paling lama didunia yakni 4 bulan, mesin natal di Filifina dimulai September hingga desember.

Selama Empat bulan tersebut warga Filipina mengelar pawai, Pesta hingga konser music. Pawai natal memeriahkan ibukota manila dan wilayah sekitarnya lamu warna warni menghiasi jalan-jalan, juga dekorasi lainya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya