Beberapa Fakta Unik Negara Indonesia

Indonesia atau bisa disebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, selain itu Indonesia memiliki nama alternatif yaitu Nusantara. Negara ini terletak di Asia Tenggara. Secara lebih spesifiknya, Indonesia terletak di antara garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Oseania, bahkan Indonesia juga terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra 

Indonesia memiliki semboyan nasional, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki arti “berbeda-beda, tetapi tetap satu”. Semboyan ini menggambarkan keragaman sosial budaya yang membentuk negara kesatuan. Selain padat penduduk  dan luas wilayah, Indonesia merupakan 

Beberapa fakta unik keragaman dan kekayaan alam di Indonesia :

1. Memiliki Hutan Bakau Terbesar di Dunia

Hutan bakau dikenal juga dengan nama hutan mangrove merupakan hutan yang tumbuh di perairan payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Ekosistem ini dapat mengurangi abrasi tanah yang disebabkan oleh air laut.

2. Negara dengan Suku Bangsa Terbanyak di Dunia

Sebagai negara kepulauan yang memiliki penduduk dari Sabang sampai Merauke dan memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Terhitung Indonesia memiliki lebih dari 740 suku bangsa di Indonesia,  270 di antaranya diketahui hanya ada di Pulau Papua. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara dengan bahasa daerah terbanyak, dengan 583 dari 67 bahasa utama yang digunakan oleh berbagai suku bangsa di Indonesia.

3. Sebagai Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Kalian mungkin sudah sering mendengar fakta bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Namun apakah kalian tahu bahwa Indonesia bukan hanya negara kepulauan terbesar di dunia, tetapi beberapa pulau di Indonesia juga merupakan salah satu dari enam pulau terbesar di dunia.

4. Peraih Thomas Cup Terbanyak

Indonesia menjadi negara dengan piala Thomas terbanyak sejak diselenggarakan pada tahun 1949, kemudian disusul oleh China dan Malaysia. Tim Piala Thomas Indonesia  membawa kembali total 13 piala untuk pertama kalinya pada tahun 1958 dan terakhir pada tahun 2002.

5. Terdapat Patung Jendral Soedirman di Kementerian Pertahanan Jepang

Patung Jenderal Sudirman setinggi 4 meter ini merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang dipamerkan di Jepang. Hal ini tentu merupakan suatu kehormatan dan keistimewaan  bagi Indonesia.

Patung ini diresmikan pada 14 Januari 2011, patung ini merupakan hadiah dari Kementerian Pertahanan RI kepada Kementerian Pertahanan Jepang. Setelah diselidiki, patung itu didirikan untuk menghormati Jenderal Soedirman, seorang tokoh penting dalam sejarah Indonesia dan Jepang.

6. Presiden RI Ke-3 Pemegang 46 Hak Paten Aeronautika di Dunia

Presiden ketiga Republik Indonesia adalah Bacharuddin Jusuf Habiebie atau biasa dikenal dengan B. J. Habiebie, tentunya ia merupakan ilmuwan terpercaya di industri penerbangan.

Ia telah berhasil terdaftar sebagai pemilik 46 hak paten di bidang Aeronautika atau penerbangan. Aeronautika adalah penelitian, desain, dan studi manufaktur mesin atau teknologi penerbangan untuk mengoperasikan pesawat terbang dan rudal.

7. Letusan Gunung Api Terbesar Terjadi di Indonesia

Indonesia pernah menjadi tempat dari letusan gunung terbesar di dunia. Letusan gunung yang terjadi adalah Gunung Tambora yang meletus pada 10 April 1815 dan tercatat sebagai letusan terbesar dan paling dramatis di dunia.

8. Negara Penghasil Rempah-Rempah

Indonesia terkenal dengan negara kaya akan rempah-rempah, yang merupakan bahan baku yang tak ternilai harganya. Dengan berbagai rempah-rempah yang ada, Indonesia terkenal dengan masakan khasnya yang bervariasi dari satu daerah ke daerah lainnya. Keanekaragaman masakan Indonesia yang didukung oleh sumber daya alam yang melimpah menjadikan negeri ini kaya akan hidangan daging, ikan, dan sayuran.

9. Memiliki Hewan Purba Yang Masih Tersisa

Hal yang paling  istimewa dari Indonesia adalah memiliki kekayaan alam yang tak terbatas, tidak hanya pada spesies tumbuhan, tetapi juga pada satwa liar yang sangat langka, yaitu komodo. Komodo merupakan hewan purba terakhir di Indonesia yang  hanya dikembangbiakkan di Pulau Komodo atau Nusa Tenggara Timur.

Demikianlah artikel mengenai fakta unik tentang negara Indonesia. Tentunya dengan adanya berbagai fakta unik ini kita dapat semakin mengenal negara kita sendiri dan juga bangga dengan kekayaan alam serta keragaman budaya yang ada di Indonesia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya