Fakta Menarik Negara Paling Tidak Bahagia di Dunia, Afghanistan

Afghanistan adalah salah satu negara yang terletak di Asia Selatan. Ibukota negara ini adalah Kabul. Negara ini merupakan salah satu negara yang mengalami konflik berkepanjangan dari tahun 2001 hingga 2021 dan memiliki catatan sebagai salah satu negara termiskin di dunia.

Karena itu maka negara ini dijuluki sebagai negara paling tidak bahagia di dunia. Selain itu, Afghanistan juga menjadi salah satu negara yang paling tidak aman untuk dikunjungi di dunia.

Afghanistan mendapat predikat sebagai negara paling tidak bahagia di dunia, menurut World Happiness Report 2022. Negara di Asia Selatan itu berada di urutan terbawah dari 146 negara yang dipantau.

Negara ini memiliki keunikan dan fakta menarik yang terdapat di dalamnya. Berikut penjelasannya.

1. Negara Terpadat ke-37 di Dunia

Nama resmi negara ini adalah Republik Islam Afghanistan. Jumlah penduduk di negara ini hampir mencapai 40 juta jiwa membuat negara ini menjadi salah satu negara terpadat urutan ke-37 di dunia.

Kota Kabul adalah ibukota dan kota terbesar di Negara ini, sekitar 10 % populasi manusia di Negara ini tinggal di kota Kabul. Bahasa resmi Negara ini adalah Pashto dan Dari. 

2. Negara Terbesar ke-41 di Dunia

Selain dijuluki negara terpadat, Afghanistan merupakan negara terbesar urutan ke-41 di Dunia. Negara ini berbatasan lansung dengan enam negara yaitu, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan, Iran, Pakistan dan China.

Negara ini memiliki luas 652.860 km persegi (252.071 mil persegi), membuatnya menjadi salah satu negara terbesar di Dunia.

3. Tidak ada Gereja Umum di Afghanistan

Islam adalah agama resmi dari negara ini, sekitar 99,7 % penduduknya adalah Muslim. 80-89 % menganut Islam Sunni sedangkan 10-19 % menganut Islam Syiah.

Negara ini tidak memiliki gereja umum, satu-satunya bangunan gereja Kristen yang diakui  sebagai hukum di negara ini adalah Kapel Our Lady of Divine Providence. Letak gereja ini berada di Kedutaan Besar Italia di Kabul. Kapel Katolik ini pertama kali disahkan pada tahun 1933.

4. Lukisan Cat Minyak Tertua

Afghanistan merupakan rumah bagi lukisan dengan cat minyak tertua di dunia. Banyak  terdapat  lukisan-lukisan tua yang terdapat di dinding gua, yang diprediksi sudah ada sejak abad ke-7 Masehi.

Lukisan-lukisan ini menggambarkan Buddha dalam jubah berwarna merah terang dan mahluk-mahluk mitos yang terdapat di negara ini.

5. Penghasil Opium terbesar di Dunia

Pada tahun 2021, Afghanistan adalah salah satu pemasok lebih dari 90% opium di dunia. Pekerjaan utama di negara ini adalah pertanian Opium. Menurut PBB, pertanian Opium negara ini mempekerjakan 120.000 orang di Afghanistan dan menghasilkan sekitar USD$300-400 juta per tahun.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya