Beberapa Fakta Unik dan Menarik Tentang Negara Iran

Iran atau Persia adalah negara Timur Tengah yang terletak di Asia Barat Daya. wlaupun negara ini telah dikenal sebagai Iran sejak zaman kuno, namun hingga tahun 1935 Iran masih disebut Persia di dunia Barat.

Iran berbatasan dengan Azerbaijan dan Armenia di barat laut, dan Laut Kaspia di utara, Turkmenistan di timur laut, Pakistan dan Afghanistan di timur, Turki dan Irak di barat, dan perairan Teluk Persia serta Teluk Oman di selatan.

Dari beberapatulisan sejarah, peradaban Iran yang pertama adalah Proto-Iran, lalu diikuti dengan peradaban Elam. Pada milenium kedua dan ketiga, Bangsa Arya hijrah ke Iran dan mendirikan kekaisaran pertama Iran, yaitu Kekaisaran Media (728-550 SM). Kekaisaran itu telah menjadi simbol pendiri bangsa dan juga kekaisaran Iran, yang disusul Kekaisaran Achaemenid (648–330 SM) yang didirikan oleh Cyrus Agung.

Cyrus Agung juga dikenal sebagai pemerintah pertama yang mewujudkan undang-undang mengenai hak-hak kemanusiaan, tertulis di artefak yang dikenal sebagai Silinder Cyrus. Ia juga adalah pemerintah pertama yang memakai gelar Agung dan juga Shah Iran.

Pada waktu itu, perbudakan dilarang di kawasan Kekaisaran Persia. Gagasan itu kemudian memberi dampak besar pada peradaban-peradaban manusia .

Kekaisaran Persia kemudian diperintah oleh Cambyses selama tujuh tahun (531-522 M), dan kemangkatannya disusul perebutan kekuasaan yang akhirnya menempatkan Darius Agung (522-486 M) sebagai raja.

Ibukota Persia pada zaman Darius I dipindahkan ke Susa, dan ia mulai membangun Persepolis. Sebuah terusan di antara Sungai Nil dan Laut Merah turut dibangun dan menjadikannya pelopor untuk pembangunan Terusan Suez. Sistem jalan juga turut diperbarui, dan sebuah jalan raya dibangun menghubungkan Susa dan Sardis. Jalan raya itu dikenal sebagai Jalan Kerajaan.

Di bawah pemerintahan Cyrus Agung dan Darius yang Agung, Kekaisaran Persia menjadi sebuah kekaisaran terbesar dan terkuat di dunia pada zamannya. Mereka juga kekaisaran besar pertama yang mengamalkan sikap toleransi dan menghormati budaya-budaya dan agama-agama lain di kawasan jajahannya. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Iran yang juga perlu kita tahu.

Iran adalah salah satu peradaban tertua di dunia, yang telah ada sejak tahun 4000 SM.

Dalam bahasa Persia, istilah “Iran” mempunyai arti “Tanah Aryan”.

Iran adalah negara terbesar ke-18 di dunia, dengan total luas 1.648.195 kilometer persegi. Lebih kecil sedikit dari Alaska.

Hampir separuh wilayah Iran beriklim gurun yang panas. Iran mendapat kurang dari 4 inci hujan setiap tahunnya.

Teluk Persia memegang 60 persen cadangan minyak dunia. Iran mempunyai cadangan minyak sebanyak 125 miliar barrel, atau 10 persen dari total cadangan minyak dunia. Iran menyedot hampir 4 juta barrel minyak setiap harinya.

Iran mengontrol 50 persen pasar telur ikan Laut Kaspia. Harga telur ikan bisa mencapai US$ 160 per ons.

Iran juga termasuk anggota pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dan Gerakan Non-Blok (GNB). Sistem politik di Iran berasaskan konstitusi yang disebut “Qanun-e Asasi” (Undang-undang Dasar).

Iran terbagi atas tiga puluh provinsi yang diperintah seorang gubernur.

Penduduk Iran pada tahun 2012 adalah 78.868.711, menjadikan Iran sebagai penduduk ke-18 terbanyak di dunia

Hanya ada satu sungai di Iran, yaitu Sungai Karun, yang bisa dilewati kapal boat, namun hanya untuk jarak yang pendek.

Itulah fakta unik dan menarik seputar negara Iran, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. semoga bermanfaat!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya